PENDAMPINGAN UNTUK MENGENALI DAN MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI PADA GENERASI ALPHA MELALUI PENDEKATAN TALENTS MAPPING
DOI:
https://doi.org/10.34127/japlj.v4i2.1403Keywords:
Potensi Diri, Talents Mapping, Generasi AlphaAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pendampingan untuk Mengenali dan Mengembangkan Potensi Diri pada Generasi Aplha Melalui Pendekatan Talents Mapping di SMP Puri Arta, Karawang bertujuan membantu siswa dalam mengenali dan mengembangkan potensi mereka secara optimal. Generasi Alpha, yang tumbuh di era digital, memiliki karakteristik unik yang membutuhkan pendekatan pendidikan berbasis data dan personalisasi. Melalui metode Talents Mapping, program ini memberikan asesmen yang sistematis untuk mengidentifikasi bakat serta minat siswa, sehingga dapat diarahkan dengan lebih tepat. Kegiatan ini melibatkan berbagai sesi pendampingan, asesmen individu, serta diskusi kelompok yang dipandu oleh fasilitator berpengalaman. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai kekuatan dan kelemahan diri mereka, serta meningkatnya motivasi untuk mengembangkan potensi secara maksimal. Selain itu, keterlibatan guru dan orang tua dalam proses ini turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan siswa. Dengan adanya program ini, diharapkan pendekatan Talents Mapping dapat menjadi salah satu strategi efektif dalam sistem pendidikan untuk membantu siswa menggali dan mengoptimalkan potensi mereka
References
Afniola, Salwa, Ruslana Ruslana, and Wiwit Artika. “Intelegensi Dan Bakat Pada Prestasi Siswa.” Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan 6, no. 1 (2020): 1–10. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v6i1.844
Anggraini, Indah Ayu, Wahyuni Desti Utami, and Salsa Bila Rahma. “Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini Di SD Adiwiyata.” Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 161–69. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570.
Bangun, Sabaruddin Yunis. “Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik.” Jurnal Prestasi 2, no. 4 (2019): 29. https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913.
Halawati, Firda. “HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA.” Fakultas Ilmu Keislaman 2, no. 2 (2021): 87
Iman, K. (2015). Pengembangan bakat dan minta siswa. Insania, 20(2), 263-274.
Magdalena, I., Fatharani, J., Oktavia, S. A., & Amini, Q. (2020). Peran guru dalam mengembangkan bakat minat siswa. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(1), 61-69.
Marthalita, P., Kismanto, A, & Kusrini, D. E. (2007). Pengukuran bakat berdasarkan faktor-faktor yang membentuk bakat pada pekerja dengan menggunakan structrual equation model. Presentasi (tidak diterbitkan). https://docplayer.info/401886-Asalusul-strength-approach.html
Meyer, K. (2020). Talents, abilities and educational justice. Educational Philosophy and Theory, 1-11. https://doi.org/10.1080/00131857.2020. 174269
Purnama, C. Y., & Ernawati, L. (2021). Pemetaan peta bakat pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unjani berdasarkan 34 peta bakat Gallup. Jurnal Psikologi, 14(1), 113-124 doi: https://doi.org/10.35760/psi.2021.v14i1.3469
Silvia, Ani, and Fanina Adji. “Talent Mapping: Menuju Jenjang Pendidikan Yang Lebih Tinggi.” Jurnal Inovasi Sosial & Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2018): 139–44. https://doi.org/10.22236/syukur.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.