PENINGKATAN PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UKM DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.34127/japlj.v1i1.481Abstract
Strategi pemasaran digital saat ini telah banyak digunakan hampir di semua perusahaan, alasannnya adalah agar lebih cepat, mudah dan luas dalam menjangkau konsumen. Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dengan menggunakan media digital dan jaringan internel seperti website, blog, media social (Instagram, Whatsapp, facebokk, dll). Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan UKM yang menggunakan digital marketing, padahal UKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UKM untuk dapat lebih berkembang di masa pandemi seperti saat ini, khususnya untuk publisitas produk dan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode online, metode caramah/pemberian materi dan metode diskusi. Hasil dari kegiatan ini adalah memberikan beberapa solusi agar mampu mempertahankan keberlangsungan usaha yaitu memanfaatkan kebijakan new normal, meningkatkan pengetahuan digital marketing dan meningkatkan pengetahuan mengenai pemanfaatan media social Whatsapp business sebagai media promosi penjualan. Kesimpulan dari kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UKM dalam memberikan saran-saran terutama mengenai strategi pemasaran digital marketing di masa pandemic Covid-19.
Kata kunci : UKM, digital marketing, COVID-19
References
Antonius Purwanto, (2020), Ujian UMKM menahan korona, ketangguhan UMKM di Indonesia kembali di uji saat menghadapi dampak penyebaran virus korona Covid-19, diunduh dari laman https://kompas.id/baca/riset/2020/03/31/ujian-umkm-menahan-korona/, 31 Maret 2020 08:08 WIB
Hermansah, (2020), Simak strategi bertahan bagi UKM hadapi krisis akibat Covid-19, Minggu, 12 Apr 2020 10:50 WIB
Stelzner, M.A. (2012). Social Media Marketing Industry Report. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business.
Stockdale, Ahmed, & Scheepers. (2012). Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Inforamtion System Electronic Library
Website
https://katadata.co.id/katadatainsightscenter diunduh tanggal 20 Desember 2020
https://data.jakarta.go.id/dataset/daftar-sentra-industri-kecil-dan-menengah. Diunduh 27 Juni 2019