KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS UNTUK MAHASISWA ADINISTRASI BISNIS INTERNASIONAL
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara: (1) persepsi siswa tentang kompetensi guru dan keterampilan berbahasa Inggris, (2) korelasi antara perilaku mengambil risiko dan keterampilan berbahasa Inggris, (3) korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi guru, perilaku mengambil risiko dan keterampilan berbahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di Politeknik LP3I Jakarta Cabang Bekasi dengan sampel tiga puluh lima siswa. Kesimpulan dari penelitian: (1) ada hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dan keterampilan berbahasa Inggris dengan ry1 = 0,998 dan persamaan regresi: Ŷ = 14,058 + 0,1205 X1; (2) ada korelasi positif antara perilaku pengambilan risiko dan keterampilan berbahasa Inggris dengan ry2 = 0,998 dan persamaan regresi: Ŷ = 17,125 + 0,080 X2; dan (3) korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi guru, perilaku mengambil risiko dan keterampilan berbahasa Inggris dengan ry12 = 0,998 dan persamaan regresi: Ŷ = 20,89 + 0,158X1 + 0,099X2.
Kata kunci: keterampilan berbahasa Inggris, kompetensi guru, perilaku mengambil risiko
References
Andrews, Stephen, Teacher Language Awareness, UK: Cambridge University Press, 2007.
Atkinson, Rita L. and Friends, Pengantar Psikologi, Batam: Interaksara, 2008
Avery, Peter and Susan Ehrlich, Teaching American English Pronunciation New York: Oxford University Press, 1992 .
Baharuddin.H, Teori Belajar & Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Brown, H.Douglas , Language Assessment , New York : Longman, 2004 Teaching by Princilpe , New York: Longman, 2001.
Bruno, Frank J, Kamus Istilah Kunci Psikologi, Yogyakarta: Kanisius, 1989
Corsini, Raymond J., The Dictionary of Psychology, New York: Brunner - Routledge, 1985.
Cruickshank, R. Donald R., Deborah Bainer Jenkins and Kim K. Metcalf, The Act of Teaching, New York: Mc Graww Hill, 2006.
Fahturrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, .Strategi Belajar MengajarBandung: Refika Aditama, 2007
Feldman, Robert S., Elements of Psychology, USA: McGraw-Hill, Inc, 1992
Irwanto, dkk, Psikologi Umum, Jakarta: Prenhallindo. 2002.
Hedge, Tricia, Teaching and Learning in the Language Clasroom, UK: Oxford University Press, 2000
Jung, John, Understanding Human Motivation, New York : Macmillan Publising, Co, 1978
Kern, Richard, Literacy and Language Teaching, New York: Oxford University Press, 2001.
Luoma, Sari, Assessing Speaking, UK : Cambridge University Press, 2004.
Luria, Harriet, Deborah M. Seymour, Trudy Smoke, Language and Linguistics n Context, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher, 2006
McKay, Matthew and Patrick Fanning, Self-Esteem, California: New Harbinger Publication,Inc, 2000
Mohan, Bernard, Constant Leung and Chris Davison, English as a Second Language in The Mainstream, England: Pearson Education, 2001
Nunan, David, Second Language Teaching & Learning, Boston: Heinle & Heinle, 1999.
Pavlina, Steve, Intelligent Risk Taking, Pavlina LLC, www.StevePavlina.com 2009
Pintrich, Paul R. and Dale H. Schunk, Motivation in Education, New Jersey: Prentice-Hall, Inc, 1996
Richard, Jack C.and Willy A. Renandya, Methodology in Language Teaching UK: Cambridge University
Santrock, W. John, Psychology, USA: McGraw-Hill Companies, Inc, 2003.
Shaleh, Abdul Rahman & Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar, Jakarta: Kencana. 2004
Snelbecker, Glenn E., Learning Theory, Instructional Theory and Psychoeducational Design, New York: Mc Graw-Hill, 1974.
Syafaruddin, Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching, 2005 .
Victoria, Fromkin, Robert Rodman, Nina Hyams, An Introduction to Language, USA: Thomson Wadsworth, 2007.
Widiastuti Sri dan Nur Rohmah Muktiani. (2010). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Pembelajaran Sepakbola MelaluiKucing Tikus Pada Siswa Kelas 4 SD Glagahombo 2 Tempel. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 7 Nomor 1. Hlm. 47-59.