PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN SISWA SMK BINA INSANI AL – BAROKAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa SMK Bina Insani Al - Barokah, untuk mengetahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan siswa SMK Bina Insani Al - Barokah, untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan siswa SMK Bina Insani Al- Barokah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Adapun pendekatan yang digunakan metode kuantitatif asosiatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan melihat hubungan antarvariabel atau pengaruh satu variabel dengan variabel lainnya. Populasinya adalah siswa kelas 1-3 SMK Bina Insani Al-Barokah. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik proportional random sampling, dengan jumlah sampel 52 responden.Kualitas pelayanan dan Fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kepuasan Siswa.Hasil uji analisis deskriptif pada variabel X1 responden rata-rata menjawab sebesar 2.98, pada variabel X2 responden rata-rata menjawab sebesar 2,92, dan pada variabel Y responden rata-rata menjawab sebesar 3.11. Pada persamaan regresi nilai R2 atau R square yaitu sebesar 66.3%, sedangkan sisanya sebesar 33.7% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti. Kuallitas pelayanan perlu diperhatikan kembali dalam memberikan pelayanan yang sesuai terhadap para siswa/siswi baik pelayanan di dalam kelas ataupun diluar kelas, para staff pengajar dan staff administrasi hendaknya diberikan pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuannya dalam memberikan pelayanan, pihak sekolah harus memperhatikan terkait sarana dan prasarana serta kondisinya sebelum sarana dan prasana tersebut tidak layak pakai, dan melakukan kegiatan pengontrolan terhadap kondisi sarana dan prasarana yang sudah ada sejak lama.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Siswa
References
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh.Badan penerbit. Universitas Diponogoro:Semarang
Philips Kotler dan Gery Amstrong .2012.Manajemen Pemasaran, Edisi
Ketigabelas jilid 1 Jakarta Erlangga.
Philips Kotler.2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas jilid 1
Santoso, Singgih 2011. Sructural Equation Modeling (SEM) Konsep dan Aplikasi dengan Amos18. PT.Elex Media Komputido. Kompas Gramedia:
Jakarta
Santoso, Slamet. 2011, ”Dinamika kelompok”. Penerbit bumi aksara,
Jakarta.
Sugiyono, 2014. ”Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”
Penerbit CV.Alphabeta, Bandung.