ANALISIS PENGARUH LOKASI DAN PELAYANAN PEGADAIAN SYARIAH TERHADAP MINAT NASABAH PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH (PERSERO) CABANG CIKARANG

Authors

  • Muntasir Muntasir Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrakt.v2i2.206

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana pengaruh lokasi terhadap minat nasabah, 2) mengetahui pengaruh pelayanan pegadaian syariah terhadap minat nasabah, 3) mengetahui cara pegadaian syariah dalam memperkenalkan produknya kepada nasabah.Penelitian ini dilaksanakan di PT. Pegadaian Syariah (Persero) Cabang Cikarang dan merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Pegadaian Syariah (Persero) Cabang Cikarang, dan data penelitian ini berupa data primer yang bersumber dari kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi pegadaian memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan jasa pegadaian syariah, penanganan keluhan yang ditangani oleh pegawai pegadaian syariah sangat baik menurut nasabah.,

 

Kata Kunci: lokasi, pelayanan, minat nasabah

References

Abdul Ghafur Anshori, Gadai Syariah Di Indonesia Konsep, Implementasi Dan Institusionalisasi, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Gadjah Mada University Press, Yogyakarta 2006 hal 89

Bank Muamalat institute, Perbankan Syariah Perspektif Praktisi. (Jakarta;1999) hal.126.

Budi W. Soetjipto, Sahala Harahap, dll, HR Excelllence 2007 Kisah Sukses para Kampiun SDM, (Jakarta: Salemba Empat, 2008), hal.168.

Chuziamah T. Yanggo dan Hafiz Anshari, Problematika Hukum Islam Kontemporer, Edisi 3, LSIK, Jakarta: 1997. hal. 60

Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan, edisi 2, cetakan 2, Lembaga Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta: 2001, hal. 501-502

Data didapatkan dari wawancara dengan kepala cabang Pegadaian Syariah Cabang Cikarang, yaitu Bapak Wahidin, Bekasi, Maret, 2014.

Dwi Priyatno, 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17, (Yogyakarta: ANDI, 2008), hal.172.

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran Andi Ofsert Yogyakarta 2000 hal: 41- 43

Heri Sudarsono, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, (Yoyakara;Adipura,2003), Cet Ke-1, hal 157.

Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi 6, Cetakan 6. Pt Raja Grafindo Persada, Jakarta: 2002, hal.246.

Manulang, Manajemen Personalia ,Ghalia Indonesia Medan 1991 hal: 41

Muhammad Syafi'i Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Cetakan 1, Kerjasama Gema Insani Press dengan Tazkia Institute, GIP, Jakarta: 2001. hal. 128.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian, (Bandung, Alfabeta, 2007), hal.61.

Rambat lupoiadi, Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktek , Salemba Empat, Jakarta 2001 hal: 61-62

Sasli Rais, Pegadaian Syariah: Konsep dan Sistem Operasional cetakan pertama, UI-Press, Jakarta 2005 hal 135

Shanto, J.William , Prinsip - Prinsip Pemasaran Erlangga, Jakarta 1996 hal: 165

Sriyadi, Bisnis Manajemen Perusahaan Modern Ikip Press , Semarang 1991 hal: 60

Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta, Rineka Cipta, 1998), hal.117.

Downloads

Published

2018-04-03

Issue

Section

JURNAL LENTERA AKUNTANSI