Pengaruh Good Corporate Social Responsibilit (CSR), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Nilai Perusahaan (Study Empiris Perusahaan yang Tercatat di LQ45 Periode 2016-2018)

Authors

  • Fera Lufhidarani Pranita Politeknik LP3i Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrakt.v6i2.542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE)  dan  Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Nilai Perusahaan,pada perusahaan yang tercatat di LQ45 periode 2016-2018. Metode pendekatan Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara variable terhadap Nilai Perusahaan,pada perusahaan yang tercatat di LQ45 periode 2016-2018. Sampel dalam penelitian ini diambil melalui kriteria purposive sampling sehingga didapatakan sebanyah 28 Perusahaan yang memenuhi kriteria dari 45 perusahaan yang tercatat di LQ45 pada periode 2016-2018. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa secara parsial CSR berpengaruh negative terhadap Nilai Perusahaan, Perusahaan dengan pengungkapan CSR yang tinggi akan berakibat pada tingginya beban yang harus dikeluarkan perusahaan untuk melakukan kegiatan CSR tersebut, sehingga akan berdampak pada berkurangnya laba yang diperoleh perusahaan dan akan berdampak pada penurunan nilai perusahaan. ROA (Return on Asset) yang diperoleh perusahaan akan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dimana semakin tinggi keuntungandari asset perusahaan akan mempengaruhi pula laba yang diperoleh perusahaan begitu pula dengan ROE rasio rentabilitas modal sendiri yang tinggi menandakan tingginya keberhasilan pucuk pimpinan perusahaan dalam mengemban misi dari pemiliknya. serta  DER dimana Konsep leverage ini penting bagi investor dalam membuat pertimbangan penilaian saham. Para investor umumnya cenderung menghindari risiko. Risiko yang timbul dalam penggunaan financial leverage disebut dengan financial risk yaitu risiko tambahan yang dibebankan kepada pemegang saham sebagai hasil penggunaan utang oleh perusahaan. Semakin tinggi leverage, semakin besar risiko keuangannya dan sebaliknya.

References

Abd’rachim. 2008. Manajeme Keuangan.Nobel Edumedia: Jakarta Academic Publishing Service): Yogyakarta.

BPS. 2018. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2018.

Brigham, E.F. dan Gapenski, LouisC., 1996. “Intermediate finance management” (5 Th ed.). Harbor Drive: The Dryden Press

Brigham, Eugenie F., 1992. “Fundamental of Financial Mangement”, The Dryden Press International Edition, Sixth Edition

Fama, E.F. 1980. Agency problems and the theory of the firm. Journal of political economy 88 (2): 289-307

Gatot Putra Dewa, Fachrurrozie, Nanik Sri (2014). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Luas Pengungkapan CSR Sebagai Variabel Moderasi. AAJ 3(1) (2014)

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi 5). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi 6). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusti Ayu Made Ervina Rosiana, Gede Juliarsa, Maria M. Ratna Sari (2013). Pengaruh Pengungkapan Csr Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.3, 723-738

Horne, James C. Van dan Wachowicz JR., John M. 2005. Financial Manajemen: Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan Buku 1. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

http://www.idx.co.id

I Nyoman Agus Suwardika, I Ketut Mustanda(2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 3, 1248-1277

Kusumadilaga, Rimba. 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Semarang: UNDIP

Lais Khafa, Herry Laksito (2015). Pengaruh Csr, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Keputusan Investasi Pada Kinerja Keuangan Perusahaan Dan Nilai Perusahaan. ISSN (Online): 2337-3806, 4, 4,

Listiyorini, Eko. 2007. Menghitung Kerugian Bencana Lumpur Lapindo. https://www.antaranews.com/berita/60003/menghitung-kerugian-bencanalumpur-lapindo. Diakses 27 Desember 2017

Mule, R. K., Mukras, M. S., & Nzioka, O. M. (2015). Corporate Size, Profitability and Market Value: an Econometric Panel Analysis of Listed Firms in Kenya. European Scientific Journal, 11(13), 376–396

Mukhtaruddin, Relasari, & Felmania, M. (2014). Good Corporate Governance Mechanism , Corporate Social Responsibility Disclosure on Firm Value : Empirical Study on Listed Company in Indonesia Stock Exchange. International Journal of Finance & Accounting Studies, 2(1), 1–10.

https://doi.org/10.7575/aiac.ijfas.v.2n.1p.1

Naresh K. Malhotra, Marketing Research: An Applied Orientation (4th ed). Prentice Hall. 2004. P 87

Nguyen, B. T. N., Tran, H. T. T., Le, O. H., Nguyen, P. T., Trinh, T. H., & Le, V. (2015). Association between Corporate Social Responsibility Disclosures and Firm Value – Empirical Evidence from Vietnam. International Journal of Accounting and Financial Reporting, 5(1), 212–228.

Panca Wahyuningsih, Dra. Maduretno Widowati (2016). Analisis Roa Dan Roe Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderating. Jurnal STIE SEMARANG VOL 8. 3, ISSN : 2085-5656

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-04-11

Issue

Section

JURNAL LENTERA AKUNTANSI