FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG MAHASISWA DI BANK SYARIAH (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura)

Authors

  • Yuyun Yuniarti Layn Universitas Pattimura
  • Afida Firya Kasben Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrakt.v8i1.825

Abstract

Factors that encourage millennials to be interested in saving at Islamic banks are education or knowledge, social environment, and level of religiosity. Knowledge is a foundation that fortifies individuals with different knowledge; only some have the same knowledge about Islamic banks. Therefore, this study aims to analyze the factors that influence students' interest in saving at Islamic banks, using qualitative and quantitative research methods, with the sampling technique being purposive sampling. The results showed that Islamic banking knowledge, social environment, and religiosity significantly affected students' interest in saving at Islamic banks.

Keywords: Islamic Bank, Social Environment, Interest In Saving, Knowledge, Level Of Religiosity

References

Agli, J. P. 2021. Dinamika Peran Generasi Milenial dalam Memanjukan Bank Syariah di Masa Sekaran Retrieved from Retizen Republika:https://retizen.republika.co.id/posts/11407/dinamika-peran-generasimilenial-dalam-memajukan-bank-syariah-di-masa-sekarang

Ajzen, I. 1991. The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. 50 (2): 179 211

Andi Mappiare. 1997. Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Nasional, hal. 62

Anton M. Moeliono dkk. 1999. “Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka” hal. 22

Aromasari. 1991. Hubungan Antara Sikap terhadap Tabungan Berhadiah dengan Minat Menabung Mahasiswa pada Bank di Beberapa Universitas di Yogyakarta. Yogayakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada,

Azwar, Saifuddin. 2003. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Badudu JS dan Zain. 1994. “Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan” hal.139

Cummins, M. M., Haskell, J. H., & Jenkins, S. J. 2009. Financial Attitudes And Spanding Habits Of University Fresmen. Journal of

Danang Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: Refika Aditama. hal 87-90

Damayanti, S. 2017. Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah untuk Menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang x. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 17–34.

Donsu, J, D, T. 2017. Psikologi Keperawatan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press. Cetakan I.

Fajar Mujaddid, Pandu Tezar Adi Nugroho. 2019. Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Lingkungan dan Religiusitas terhadap Minat Pelajar SMK prodi Perbankan Syariah dalam Menabung di Bank Syariah

Fifin Zuriatul Casvi. 2019. Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan Sosial, dan Lokasi Bank Syariah terhadap Minat Menabung Santri di Bank Syariah (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Mangkang Kulon, Tugu, Semarang).

Ghozi, Saiful, dan Aris Sunindyo. 2015. Statistik Deskriptif untuk Ekonomi. Yogyakarta: Deepublish.

Hasanah, N. A. 2021. Pengetahuan Masyarakat tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi pada Masyarakat Desa Pagar Puding Kecamatan Tebo Ulu)

Himmah, N. F. 2017. Pengaruh Pengetahuan Tentang Bank Syariah, Kelompok Referensi dan Edukasi Masyarakat, Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Jawa Timur. Universitas Negeri Surabaya.

Indah Fajarwati Mulyaningtyas, Yoyok Soesatyo, Norida Canda Sakti. 2020. Pengaruh Pengetahuan tentang Bank Syariah dan Literasi Keuangan terhadap Minat Menabung Siswa di Bank Syariah

Indonesia, C. 2021. OJK : Milenial Kunci Genjot Pertumbuhan Ekonomi Syariah. Retrieved from Google+.

Jalaluddin. 2010. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kinanti, F. dan Baridwan, Z. 2013 “Analisis Determinan Sistem Informasi E-ticketing : Pendekatan Extended Theory Of Planned Behaviour”. Minor thesis. Malang, Universitas Brawijaya

Kurniawan. 2010. Belajar Mudah SPSS untuk Pemula. Yogyakarta: Mediakom.

Khoirun Nisa. 2018. Analisis Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Tingkat Religiusitas Mahasiswa terhadap Minat Menabung di Bank Syariah.

Lujja, S., Omar Mohammad, M., & Hassan, R. 2016. Modelling public behavioral intention to adopt Islamic banking in Uganda: The theory of reasoned action. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 9(4), 583–600. https://doi.org/10.1108/IMEFM-08-2015-0092

Miarti dan Mudzakar. 2021. Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Syariah Terhadap Manajemen Transaksi Keuangan Pada Bank Umum Syariah: Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Tbk Periode 2017-2019

Muchson, M. 2017. Statistik Deskriptif. Jakarta: Guepedia.

Muhammad Richo Rianto, Tutiek Yoganingsih. 2020. Pengaruh Religiusitas, Pengaruh Sosial dan Dukungan Pemerintah terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Mandiri-Bekasi.

Nur’aini Ika Ramadhani,Jeni Susyanti, M. Khoirul ABS. 2019. Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menabung di Bank Syariah di Kota Malang ( Studi Kasus pada Mahasiswa Banyuwangi di Kota Malang).

Oemar, H. 2001. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Oemar Hamalik. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Santi Wahyuningsih. 2021. Pengaruh Tingkat Religiusitas, Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pendapatan terhadap Minat Menabung di Bank Syariah pada Masyarakat Kelurahan Simpang IV Sipin.

Sari,Yunita dkk. 2012. Reliiusitas Pada Hijabers Community Bandung. Prosding Semninar Nasional Penelitian dan PKM : Sosial,Ekomoni dan Humaniora

Sutan Remy Sjahdeini. 2007.“Perbankan Islam, Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti, cet ke-3”hal.1 Economics and Economic Education Research, 10(1), 3–20.

Sutoto, D. 2004. Dimensi Tingkat Kompetensi. Artikel. (Http://Www.Petra.Ac.Id/- Pulsit/Journals/Dir.Php).

Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Suwarsih, Aqidah Asri. 2017. “Identifikasi Potensi Nasabah Baru Bank Syariah Ditinjau Dari Customer Switching Intention.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 3, No. 2, Juli-Des 2017, 169-190

Wahyono, T. 2010. Analisis Regresi dengan Ms. Excel 2007 dan SPSS 17. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Widuri. 2021. “Mahasiswa Milenial & Karakter yang Harus Diketahui Pihak Perguruan Tinggi”. Retrieved from STISIP WIDURI: https://widuri.ac.id/mahasiswa-milenial-karakter-yang-harus- diketahui-pihak-perguruan-tinggi/

Downloads

Published

2023-05-10

Issue

Section

JURNAL LENTERA AKUNTANSI