PENGARUH ATRIBUT PRODUK, SWITCHING COST, KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Pengguna Vivo Pada Masyarakat Di Surakarta)

Authors

  • Alfina Riani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Ari Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrakt.v8i1.830

Abstract

This study aims to see the Effect of Product Attributes, Switching Costs, and Consumer Satisfaction on Customer Loyalty.  The data was collected through the distribution of an online questionnaire to vivo users in Surakarta and which will be a sample of 96 respondents. The data obtained will be processed using several tests, such as data instrument test, classical assumption test, multiple regression analysis, t-test, f test, and coefficient of determination processed using the SPSS application. The results of the study proved that the variables of Product Attributes, Switching Cost, and Consumer Satisfaction had a positive and significant effect on Customer Loyalty.

Keywords: Product Attributes, Switching Cost, Consumer Satisfaction, Customer Loyalty.

References

Alma, B. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Amstrong, P. K. (2017). Dasar-Dasar Pemasaran. ke-9 Jilid 2 ed.

Chandra, F. T. (2016). Service, Quality & Satisfaction.Yogyakarta: Andi.Keller, P. K. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga., Jilid 1 dan 13.

Gartner, 2016, Gartner Says Worldwide Smartphone Sales Grew 3.9 Percent in First Quarter of 2016, (Online), (http://www.gartner.com/newsr oom/id/3323017, diakses pada 12 November 2016).

Gita Oktaviani (2019). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jasa PT. Gita Rifa Express (Studi Kasus Pengiriman Barang Daerah Batusangkar). Jurnal UIR.

Henggrawan, A. A. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Diskon, Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada P.T. Ramayana Lestari SentosaTBK. Denpasar. Jurnal Manajemen Perusahaan, Vol 1. No. 1.

Iis Sofiati, Nurul Qomariah, H. H. (2018). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol 8. No.

Kotler, Phillip & Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management: 15 Edition, Prentice Hall, Pearson Hall, Pearson Education, Inc, New Jersey.

Kusumadewi, R. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan TerhadapLoyalitas Konsumen Ynag Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(3), 1430-1456.

L Setiawati, A. S. (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Kesadaran Merek dan Kepuasaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Ella Skin Care di Cabang Gentan. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 2022, Vol 21.(Issue 1).

Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Pemasaran JasaBerbasis Kompetensi.Jakarta: Salemba Empat.

N.P.S Supertini, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kuepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Jurnal E Bisma., Vol 1. No1.

Oktaviani, G. (2019). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jasa PT. Gita Rifa Express (Studi Kasus Pengiriman Barang Daerah Batusangkar). Jurnal UIR.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.Regata.

Putra, A. S. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Smartphone Lenovo di DIY). Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

R Oktaviani, A. L. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Produk Jims Honey. Jurnal Ilmiah Aset, Vol 24.(Issue 1).

SH Fitriana, A. S. (2022). Pengaruh Perceived Service Quality, Perceived Value, Customer Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Pengguna Jasa Grabfood di Solo Raya. Jurnal Ilmiah Edunomika, Vol 6.(Issue 2).

Sopiah, E. d. (2017). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian.Yogyakarta: Andi.

Sucihati, S. (2022), Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Asuransi Ramayana Serang. Jurnal Manajemen Perusahaan. Vol 1. No. 1. Sumber : https://webcache.googleusercontent.com. (n.d.). Sumber : Https://Webcache.Googleusercontent.Com.

Downloads

Published

2023-05-10

Issue

Section

JURNAL LENTERA AKUNTANSI