REPOSISI PERAN DAN FUNGSI STRATEGIS PUBLIC RELATIONS DALAM ORGANISASI PENDIDIKAN
Abstract
Public relations adalah fungsi khas manajemen yang mendukung pembinaan dan membangun upaya saling menguntungkan melalui komunikasi agar diperoleh pengertian, penerimaan dan kerjasama yang baik antara organisasi dengan publiknya. Walaupun perkembangan Public relations saat ini lebih baik, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa beragamnya persepsi tentang Public relations, telah membawa Public relations (khususnya Indonesia) menuju arah yang keliru dan belum memperoleh apresiasi yang layak. Public relations di perguruan tinggi juga sadar bahwa mereka harus selalu berusaha untuk menjaga citra dari perguruan tinggi yang mereka wakili. Melalui pembentukan citra ini pada akhirnya akan menghasilkan sikap, pendapat, tanggapan atau perilaku tertentu terhadap perguruan tinggi.
Dari hasil penelitian “Kajian Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah“ yang dilakukan pada tahun 2007” tindakan dari seorang public relations perguruan tinggi swasta dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu: Kelompok pertama merupakan Perguruan tinggi yang lebih meningkatkan pada
pelayanan kepada mahasiswa dengan target audience-nya melalui penyebaran“word of mouth/gethuk tular“. Kelompok kedua merupakan Perguruan tinggi yang lebih menekankan pada program-program yang ditawarkan untuk meningkatkan citra dari perguruan tinggi tersebut. Kelompok ketiga adalah Perguruan tinggi yang menekankan pada kerjasama dengan media.
Uraian di atas terlihat peran Public relations dalam meningkatkan citra perguruan tinggi dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, penekanannya adalah dengan melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan kesan positif masyarakat terhadap perguruan tinggi tersebut. Sedangkan perguruan tinggi yang lain mempunyai tujuan membangun hubungan dengan pihak eksternal bukan untuk meningkatkan citra melainkan hanya untuk meningkatkan intake mahasiswanya. Tulisan ini akan menguraikan konsep dasar Public relations, membahas peran dan fungsi strategis public relations dalam organisasi khususnya organisasi pendidikan dan bagaimana mereposisi peran dan fungsi Public relations dapat mengaktualisasikan dirinya sebagai bagian dari koalisi dominan dalam organisasi.
Kata kunci : Reposisi, Public relations
References
Basikin, O., & Aronof, C. 1997. Public Relations:The Professionand the Practice. Edisi Keempat, Madison,WI: Brown &Benchmark.Cutlip, S.M.,Center,A.H. Broom, G.M. 1994.
Dowling, Graham, 2001, Creating Corporate Reputations : Identity, Image, and Performance, Oxford University Pers, New York. Fombrun, Reputation : Realizing value from the Corporate Image, Harvard Business School Press, Boston.
Effective Public Relations. Edisi keenam. New Jersey: Prentice Hall.
Elizabeth Goenawan Ananto. 2004. ”Public Relations, Sebagai Koalisi Yang Dominan, Mungkinkah?”, makalah pada Konvensi PerPublic Relations di Yogyakarta. Grunig, J.E. 1992.
Excellence in Public Relations andCommunication Management. New Jersey, Lawrence Erlbaum Associate, Inc.I Gusti Ngurah Putra. 1999.Manajemen Hubungan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit UAJ.
Farouk, Umar. Dialogue Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Public “Peran Public Relations di Perguruan Tinggi Negeri dalam Era Badan Hukum Penelitian Tinggi”
Grunning, James E. & Todd Hunt, Managing Public Relations, Harcourt Brace Jovanovich Publishers, Orlando.
Haris, Amin. 2012. Strategi Program Humas dalam Pencitraan Perguruan Tinggi
Hifni, Alifahmi. 2005. Sinergi Integrasi Iklan, Komunikasi, Public Relations, Pemasaran dan Promosi, Bandung: Mizan Media Utama
Hoeta Soehoet, Ali M, Pengantar Ilmu Komunikasi, Yayasan kampus Tercinta-IISIP Jakarta, Jakarta.
Howard, Steven, 1999, Corporate Image Management: A Marketing Discipline for the 21 st Century, Reed Educational and Proffessional Publishing Ltd Woburn, MA.
Jefkins, Frank. 1996. Public Relations (terjemahan). Jakarta: penerbit Erlangga
Lina Sinatra Wijaya dan Rini Darmastuti yang berjudul “Kajian Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah“ yang dilakukan pada tahun 2007
Ries Al & Ries Laura. 2003. The Fall of Advertising & The Rise of PR, Jakarta: PT. Gramedia
Rosady Ruslan. 2005. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Rosady Ruslan.1999. Manajemen Public Relations dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soleh Soemirat & Elvinardo Ardianto. 2003. Dasar-Dasar Public Relations, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sulistyaningtyas, Ike Devi. Jurnal Umum Komunikasi, Vol.4 No.2. Desember 2007
Widodo Muktiyo. 2002. “PR Perguruan Tinggi“ – Berita Kagama, No. 14 XXVI / April
Wisaksono Noeradi. 1994.” Menuju Pendidikan Yang Market Oriented”, makalah pada Konvensi PerPublic Relations di Yogyakarta.