EFEKTIFITAS PROSES PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
Proses pembelajaran dalam pendidikan belum sepenuhnya berhasil secara efektif. Penggunaan Media pembelajaran juga belum dikolabosarikan secara optimal. Hal ini, antara lain disebabkan kurangnya ketrampilan yang dimiliki oleh pendidik disamping mahalnya biaya dalam penyediaan dan pemanfaatan media pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pemanfaatan media pembelajaran oleh pendidik dalam proses pembelajaran, (2) mengetahui bagaimana efektifitas proses pembelajaran dengan pemanfaatan media pembelajaran. Sedangkan tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran (2) untuk mendeskripsikan efektifitas proses pembelajaran dengan pemanfaatan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan kajian pustaka, berdasarkan teori-teori, yang berkaitan dengan pembahasan dan dideskripsikan secara jelas. Pembahasan berkaitan dengan teori pembelajaran, media pembelajaran dan keefektifan pemanfaatan media pembelajaran. Dimana tujuan pembelajaran menurut Bloom dapat dipilah menjadi tujuan yang bersifat kognitif, psikomotor dan afektif. Media pembelajaran menurut Gagne merupakan komponen sumber belajar di lingkungan peserta didik yang dapat merangsangnya untuk belajar. Proses pembelajaran akan efektif dengan pemanfaatan media pembelajaran.
Kata kunci : Proses Pembelajaran, Media Pembelajaran, dan proses pembelajaran efektif.
References
AET. 1994. The Definition of Educational Terminology, Terjemahan Yusufhadi Miarso dkk, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Anonim, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, Jakarta Sinar Grafika
Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran, Gajah Grafindo Persada
Bloom, Benyamin S. 1981, Taxonomi of Educational Objectives, New York: Longman
Degeng, I Nyoman Sudana. 1993. Buku Pegangan Teknologi Pendidikan, Jakarta: PAU-UT
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Gagne, Robert & Briggs J. 1979. Principles Of Instructional Design, New York: Holt, Rinehart, and Witson
Gagne, Robert M. 1989. The Conditions of learning and Theory of instruction Fourth Edition (Munandir & Handy Kartawinata) Buku Petunjuk Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran, PAU- PPAI UT
Yusufhadi Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Prenada Media
--------------------------
Referensi lain :
http://edu-articles.com/berbagai-jenis-media-pembelajaran/Edu-articles.com – Situs Pendidikan Indonesia
http://www.scribd.com/doc/22186682/Beberapa-Pengertian-Efektif-Dan-Efisien (diunduh 28 Desember 2011)
http://hernawan01.wordpress.com/2008/11/07/epektifitas-media-pembelajaran/ (diunduh 28 Desember 2011)