EFEKTIFITAS KOMUNIKASI PENJUALAN PETUGAS PEMASARAN (PRESENTER) POLITEKNIK LP3I JAKARTA KAMPUS METROPOLIS TANGERANG T.A 2014-2015
Abstract
Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan manajerial yang dilakukan organisasi dalam usahanya untuk mencapai tujuan profit, growth dan survive. Banyak strategi yang dirumuskan Politeknik LP3I Jakarta Kampus Metropolis Tangerang dalam memasarkan produknya, salah satunya adalah anggaran pemasaran yang tersedia tetap dengan prinsip efisiensi dan efektif, gesekan sesama kampus Politeknik LP3I Jakarta yang juga berada di Tangerang, untuk saling berkoordinasi dan bersinergi, dan kompetitor Perolehan mahasiswa/i baru merupakan indikator paling bermakna, dan sumber utama perolehan omset dan laba. Menurut data selama tiga tahun ajaran 2012, 2013 dan 2014 terjadi fluktuatif, bahkan cenderung terjadi penurunan di kampus Metropolis. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui efektifitas komunikasi penjualan penerapan penyampaian pesan verbal dan non verbal para petugas pemasaran Politeknik LP3I Jakarta Kampus Metropolis Tangerang T.A 2014-2015. (2) memprediksi efektifitas komunikasi penjualan dalam penyampaian pesan verbal dan non verbal para petugas pemasaran Politeknik LP3I Jakarta Kampus Metropolis Tangerang.T.A 2014-2015 dampaknya pada perolehan mahasiswa baru T.A 2015 – 2016. Philip Kotler dalam “Manajemen Pemasaran” Jilid 2 (2003 : 247). Bauran komunikasi pemasaran terdiri atas lima cara komunikasi utama : Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat dan Pemberitaan; Penjualan Pribadi, Pemasaran langsung, dan Interaktif. Penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan deskriptif, surve, melalui penyebaran kuesioner. Operasional variabel yang di ujikan dalam kuesioner adalah efektifitas komunikasi penjualan. Teknik pengumpulan data sekunder dan data primer, dengan teknik sampling yang digunakan adalah teknik sensus mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis tingkat I sebanyak 25 orang.
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran
References
Assauri, Sofyan, 2010, Manajemen Pemasaran, PT.Raja Grapindo Persada, Jakarta.
Bertens.K, 2000, Pengantar Etika Bisnis, Kanisius,Yogyakarta.
Daryanto, 2011, Manajemen Pemasaran, , PT.Sarana Tutoriol Nurani Sejahtera, Bandung.
Gunawan Adisaputro, 2010, Manajemen Pemasaran, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran 1, Indeks, Jakarta,.
……………… 2005, Manajemen Pemasaran 2, Indeks, Jakarta,.
Lamb,hair,Mc Daniel, Pemasaran 2, Salemba Empat, Jakarta, 2005,
Santoso, Edi dan Mite Setianingsi, 2010, Teori Komunikasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandi, 2007, Manajemen Pemasaran, Andi, Yogyakarta.