KESESUAIAN PENEMPATAN KERJA YANG DILAKUKAN POLITEKNIK LP3I JAKARTA KAMPUS BEKASI TERHADAP PARA MAHASISWA JURUSAN PUBLIC RELATIONS
Abstract
Penempatan karyawan yang sesuai dengan keahlian dan pengetahuan merupakan hal yang sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan perusahaan, salah satunya adalah meningkatkan kinerja karyawan. Bagi pekerja/karyawan bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan merupakan hal yang diinginkan oleh setiap orang. Karena dari beberapa penelitian diperoleh hasil bahwa kesesuaian pendidikan dengan bidang pekerjaan yang digeluti akan sangat mempengaruhi motivasi dan prestasi kerja seseorang. Dalam penelitian ini permasalahan yang penulis kaji adalah bagaimana tingkat kesesuaian penempatan kerja yang dilakukan Politeknik LP3I Jakarta Kampus Bekasi terhadap para mahasiswa jurusan Public Relations. Penelitian ini, merupakan penelitian yang bersumber dari library research atau studi pustaka. Pembahasan yang dibahas dalam penelitian ini adalah upaya-upaya yang dilakukan dalam melaksanakan penempatan kerja, proses penempatan kerja, mengetahui apakah penempatan kerja yang diberikan kepada para mahasiswa jurusan public relations telah sesuai dengan latar belakang pendidikan Public Relations. Penempatan kerja menurut Malayu Hasibuan (2008; 32) adalah tindak lanjut dari seleksi, yaitu menempatkan calon karyawan pada pekerjaan yang dibutuhkan dan sekaligus mendelegasikan kewenangan kepada orang tersebut. Frank Jefkins (2003;10), mendefinisikan public relations adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.
Kata kunci : Penempatan Kerja, Public Relations
References
Hariandja, Marihot T. E. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Grasindo, Jakarta
Hasibuan, Malayu S. P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE Yogyakarta
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations, edisi ke 5, disempurnakan oleh Daniel Yadin, Erlangga, Jakarta
Rumanti, Maria Assumpta. 2002. Dasar-dasar Public Relations, Grasindo, Jakarta
Ruslan, Rosady. 2008. Public Relations dan Media Komunikasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, edisi 2, Bumi Aksara, Jakarta