MANFAAT KOMUNIKASI PENDIDIKAN UNTUK PROBLEM SOLVING DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI INTRAPERSONAL DAN PSIKOANALISA
Abstract
Metodologi dari tulisan ini adalah kualitatif studi kasus dengan teknik observasi keterlibatan si peneliti dalam pekerjaan sehari-hari (participant observer technique). Inti dari tulisan ini ingin menjawab opini sebagian masyarakat yang menyatakan pendidikan atau lulusan pendidikan tinggi tidak memberikan keahlian ilmu dan keahlian. Kenyataan dalam bekerja selalu terdapat problem dan perusahaan untuk berkembang membutuhkan problem solver yang handal. Setiap problem dapat diatasi dengan pendekatan dan solusi yang berbeda antara lulusan SMP, SMA/SMK dengan lulusan Perguruan Tinggi. Problem solver yang handal tentunya harus didasari intelektual yang baik, untuk itu perusahaan tidak hanya membutuhkan capital pendanaan tetapi sangat membutuhkan sumber daya manusia yang intelek dalam hal ini Intelectual Capital perusahaan hanya didapatkan dari perguruan tinggi.
Kata Kunci : Komunikasi, Pendidikan, Problem Solving, Perspektif, Interpersonal dan Psikoanalisa
References
Gaarder, Jostein, Dunia Sophie, Mizan Pustaka, Jakarta, 1991
Rakhmat, Jalaludin, Psikologi Komunikasi, Rosdakarya, Bandung, 2015
Tubs, Stewart dan Sylvia Moss, Human Communications Jilid 1, Rosdakarya, Bandung, 2015
Winkel, W.S, Psikologi Pengajaran, Gramedia, Jakarta, 2014