HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2010 FIS-UNY

Authors

  • Nanik Alfiyah POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v4i2.100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FIS-UNY.

Penelitian ini adalah penelitian jenis Ex Post Facto. Responden penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FIS-UNY berjumlah 86 mahasiswa yang seluruhnya diambil sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data kemandirian belajar dan lingkungan belajar dilakukan dengan menggunakan metode angket, sedangkan data prestasi belajar mahasiswa diperoleh dari data sekunder yaitu nilai IPK semester 3. Uji coba instrumen dilaksanakan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2009 FIS-UNY berjumlah 30 mahasiswa. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment  dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa digunakan analisis korelasi Product Moment. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mahasiswa digunakan analisis korelasi ganda dengan tingkat signifikansi hasil analisis sebesar 5%.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan positif antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FIS-UNY yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi rx1y sebesar 0,653 dan rtabel  0,213 (rx1y > rtabel 5%). 2)Terdapat hubungan positif antara Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FIS-UNY yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi rx2y sebesar 0,586 dan rtabel  0,213 (rx1y > rtabel 5%). 3) Terdapat hubungan positif antara Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran angkatan 2010 FIS-UNY yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda ( sebesar 0,726 dan  Fhitung sebesar 46,279.

Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar.

References

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati.(1990). Ilmu Pendidikan. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Haris Mudjiman. 2007. Belajar Mandiri (Self Motivated Learning). Surakarta : UNS Press.

Hutabarat. (1988). Cara Belajar. Jakarta : Gunung Mulia.

Martinis Yamin. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.

Nana Sudjana. (2006). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tabrani Rusyan,dkk. (2003). Pendidikan Budi Perkerti. Jakarta : PT Intimedia Nusantara.

Umar Tirtaraharja dan La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2017-08-11

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS