ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RESIKO BISNIS PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i3.1071Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis faktor yang mempengaruhi resiko bisnis pada usaha mikro kecil dan menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Analisis resiko adalah proses penilaian terhadap resiko yang telah terindentifikasi, dalam rangka mengantisipasi kemungkinan munculnya dampak negatif terhadap suatu bisnis/ usaha. Analisis resiko bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengukur resiko berencana, memisahkan resiko- resiko besar yang akan terjadi. Resiko merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia, apalagi dalam dunia bisnis tentu tidak sepenuhnya dapat dihindari, tetapi dapat diantisipasi dan di cegah terlebih dahulu dengan menggunakan strategi- strategi yang ada. Resiko juga merupakan kemungkinan terjadinya kerugian yang tidak diduga atau tidak diinginkan. Maka, analisis terhadap resiko sangat penting dalam dunia bisnis karena tujuannya yang dapat memperkecil terjadinya resiko dan meminimalisir kerugian dalam suatu bisnis. Kata kunci : Resiko Bisnis, UMKMReferences
Anita, L. (2022). Strategi Perkembangan Peran Akuntansi, Kualitas Pelayanan Dan Penerapan Manajemen Resiko Bagi Umkm. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(4), 122–129.
Dokman, M. S. (2023). Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 5(2), 893–904.
Hadayanti, D. (2022). Analisis Swot Dalam Penentuan Risiko Bisnis Pada Umkm Kedai Kopi. Cemerlang : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(1), 42–49. Http://Www.Prin.Or.Id/Index.Php/Cemerlang/Article/View/844%0ahttp://Www.Prin.Or.Id/Index.Php/Cemerlang/Article/Download/844/909
Hendry Setiawan, & Nasar Buntu Laulita. (2023). Perancangan Dan Penerapan Sistem Manajemen Resiko Pada Umkm Menantea Mitra Dua. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 3(2), 1860–1866.
Mianto, T., Prasetiyo, D., & Utomo, H. (2023). Pengaruh Ekonomi Digital Platform Digital Dan Pemasaran Digital Terhadap Tingkat Pendapatan Umkm Go Online Di Kota Kediri. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 23(1), 129–145. Https://Doi.Org/10.30596/Ekonomikawan.V23i1.12094
Putri, T. F., Safitri, D., Tazkia, P., Amada, S. N., Amanda, X., & Shintia, Y. (2023). Pengaruh Penerapan Manajemen Risiko Bisnis Dalam Small Business Development. Mulia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7.
Sabri, M. F., Anthony, M., Wijekoon, R., Suhaimi, S. S. A., Abdul Rahim, H., Magli, A. S., & Isa, M. P. M. (2021). The Influence Of Financial Knowledge, Financial Socialization, Financial Behaviour, And Financial Strain On Young Adults’ Financial Well-Being. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 11(12). Https://Doi.Org/10.6007/Ijarbss/V11-I12/11799
Suindari, N. M., & Juniariani, N. M. R. (2020). Pengelolaan Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Strategi Pemasaran Dalam Mengukur Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm). Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 148–154. Https://Doi.Org/10.22225/Kr.11.2.1423.148-154
Wajdi, M. F., Syamsudin, A. A. S., & Isa, M. (2012). Manajemen Risiko Bisnis Umkm Di Kota Surakarta. Benefit Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 116–126.
Zahra, A., Munthe, I. H. N., Miranda, Rozi, Y. F., & Nurbaiti. (2022). Peluang Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Pemasaran Ekonomi Digital Di Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (Jikem), 2(1), 1272–1281. Https://Ummaspul.E-Journal.Id/Jkm/Article/View/5225/2260
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab