KONDISI MANAJEMEN RISIKO BISNIS PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i3.1072Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kondisi Manajemen Risiko Bisnis Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. Peneliti memutuskan untuk menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian adalah Dari hasil observasi yang sudah dilakukan pada lima UMKM yang penulis temui di sekitar Tawangmangu, maka dapat disimpulkan bahwa setiap usaha / bisnis akan selalu ada risiko usaha yang dapat terjadi baik itu risiko internal maupun risiko eksternal. Dengan demikian, risiko yang paling banyak terjadi adalah factor eksternal seperti pandemic Covid-19 yang sudah terjadi kurang lebih 3 tahun. Hal tersebut memengaruhi berbagai factor internal usaha seperti penerapan strategi bisnis yang harus dapat diatur sedemikian rupa. Oleh sebab itu diperlukan manajemen risiko bisnis bagi setiap usaha yang ada sehingga dapat mengurangi dampak negative maupun mitigasi risiko usaha. Kata kunci : Manajemen, Risiko Bisnis, Usaha Mikro KecilReferences
As Sajjad, M. B., Kalista, S. D., Zidan, M., & Christian, J. (2020). Analisis Manajemen Risiko Bisnis. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 18(1), 51. https://doi.org/10.19184/jauj.v18i1.18123
Berliana, M., Sajjad, A., Salsabila, U. J., Kalista, D., Jember, U., Zidan, M., & Christian, J. (2020). ANALISIS MANAJEMEN RISIKO BISNIS (Studi pada Cuanki Asoy Jember) BUSINESS RISK MANAGEMENT ANALYSIS (Study at Cuanki Asoy Jember). In Jurnal Akuntansi Universitas Jember (Vol. 18, Issue 1).
Ekonomi, F., Islam, B., Islam, U., Sayyid, N., Rahmatullah, A., Sujadi, T. J. M., Emiliani, F., Rizqiana, S., Suhandito, R., Muchibbah, N. N., Nurmahfidhoh, R., Alhada, M., Habib, F., Jurusan, M., Bisnis, M., Uin, S., Tulungagung, A. R., Fakultas, D., Dan, E., & Sayyid, U. (2021). SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |, 83(1), 2808–7089. https://doi.org/10.21274
Luh, N., Wiagustini, P., & Pertamawati, N. P. (2015). Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan Universitas Udayana, 9(2), 112–122.
Mianto, T., Prasetiyo, D., & Utomo, H. (2023). Pengaruh Ekonomi Digital Platform Digital dan Pemasaran Digital Terhadap Tingkat Pendapatan UMKM Go Online di Kota Kediri. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 23(1), 129–145. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v23i1.12094
Nita Septiani, N. P., & Suaryana, I. G. N. A. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Risiko Bisnis dan Likuiditas pada Struktur Modal. E-Jurnal Akuntansi, 22, 1682. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v22.i03.p02
Prasetya, B. T., & Asandimitra, N. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Growthopportunity, Likuiditas, Struktur Aset, Resiko Bisnis Dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sub-Sektor Barang Konsumsi. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(4).
Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumen Pengguna Platform Digital Payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 107–126.
SA’ADAH, L., Soedarman, M., & Natalia, E. P. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, Dan Pajak Terhadap Struktur Modal. Measurement Jurnal Akuntansi, 16(1), 23–29. https://doi.org/10.33373/mja.v16i1.4057
Sari, S. Y., Ramadhani, D., & Yulia, Y. (2021). Pengaruh Risiko Bisnis, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ekobistek, 4(5), 10–19. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v8i2.45
Situmorang, D. M., Hapsari, V. R., & Marpaung, O. (2021). Analisis Penggunaan Sistem Keuangan Desa Di Daerah 3T. Jurnal Manajemen Retail Indonesia, 2(2), 97–106. https://doi.org/10.33050/jmari.v2i2.1654
Zahra, A., Munthe, I. H. N., Miranda, Rozi, Y. F., & Nurbaiti. (2022). Peluang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pemasaran Ekonomi digital Di Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1272–1281. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/5225/2260
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab