KONDISI MANAJEMEN RISIKO BISNIS PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH

Authors

  • Geri Suherman Universitas Nurul Hasanah

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i3.1072

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kondisi Manajemen Risiko Bisnis Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. Peneliti memutuskan untuk menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian adalah Dari hasil observasi yang sudah dilakukan pada lima UMKM yang penulis temui di sekitar Tawangmangu, maka dapat disimpulkan bahwa setiap usaha / bisnis akan selalu ada risiko usaha yang dapat terjadi baik itu risiko internal maupun risiko eksternal. Dengan demikian, risiko yang paling banyak terjadi adalah factor eksternal seperti pandemic Covid-19 yang sudah terjadi kurang lebih 3 tahun. Hal tersebut memengaruhi berbagai factor internal usaha seperti penerapan strategi bisnis yang harus dapat diatur sedemikian rupa. Oleh sebab itu diperlukan manajemen risiko bisnis bagi setiap usaha yang ada sehingga dapat mengurangi dampak negative maupun mitigasi risiko usaha. Kata kunci : Manajemen, Risiko Bisnis, Usaha Mikro Kecil

References

As Sajjad, M. B., Kalista, S. D., Zidan, M., & Christian, J. (2020). Analisis Manajemen Risiko Bisnis. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 18(1), 51. https://doi.org/10.19184/jauj.v18i1.18123

Berliana, M., Sajjad, A., Salsabila, U. J., Kalista, D., Jember, U., Zidan, M., & Christian, J. (2020). ANALISIS MANAJEMEN RISIKO BISNIS (Studi pada Cuanki Asoy Jember) BUSINESS RISK MANAGEMENT ANALYSIS (Study at Cuanki Asoy Jember). In Jurnal Akuntansi Universitas Jember (Vol. 18, Issue 1).

Ekonomi, F., Islam, B., Islam, U., Sayyid, N., Rahmatullah, A., Sujadi, T. J. M., Emiliani, F., Rizqiana, S., Suhandito, R., Muchibbah, N. N., Nurmahfidhoh, R., Alhada, M., Habib, F., Jurusan, M., Bisnis, M., Uin, S., Tulungagung, A. R., Fakultas, D., Dan, E., & Sayyid, U. (2021). SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis Islam ANALISIS PEMBERDAYAAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 Karya ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |, 83(1), 2808–7089. https://doi.org/10.21274

Luh, N., Wiagustini, P., & Pertamawati, N. P. (2015). Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan Universitas Udayana, 9(2), 112–122.

Mianto, T., Prasetiyo, D., & Utomo, H. (2023). Pengaruh Ekonomi Digital Platform Digital dan Pemasaran Digital Terhadap Tingkat Pendapatan UMKM Go Online di Kota Kediri. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 23(1), 129–145. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v23i1.12094

Nita Septiani, N. P., & Suaryana, I. G. N. A. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aset, Risiko Bisnis dan Likuiditas pada Struktur Modal. E-Jurnal Akuntansi, 22, 1682. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v22.i03.p02

Prasetya, B. T., & Asandimitra, N. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Growthopportunity, Likuiditas, Struktur Aset, Resiko Bisnis Dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sub-Sektor Barang Konsumsi. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(4).

Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumen Pengguna Platform Digital Payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 107–126.

SA’ADAH, L., Soedarman, M., & Natalia, E. P. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, Dan Pajak Terhadap Struktur Modal. Measurement Jurnal Akuntansi, 16(1), 23–29. https://doi.org/10.33373/mja.v16i1.4057

Sari, S. Y., Ramadhani, D., & Yulia, Y. (2021). Pengaruh Risiko Bisnis, Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ekobistek, 4(5), 10–19. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v8i2.45

Situmorang, D. M., Hapsari, V. R., & Marpaung, O. (2021). Analisis Penggunaan Sistem Keuangan Desa Di Daerah 3T. Jurnal Manajemen Retail Indonesia, 2(2), 97–106. https://doi.org/10.33050/jmari.v2i2.1654

Zahra, A., Munthe, I. H. N., Miranda, Rozi, Y. F., & Nurbaiti. (2022). Peluang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Pemasaran Ekonomi digital Di Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1272–1281. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/5225/2260

Downloads

Published

2023-09-11