PENGARUH KUALITAS, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1076Abstract
The aim of this research is to determine the influence of quality, price and promotion on consumer purchasing decisions at Mustika Collection Toko Pasar Kemis, especially Nibras Clothing. The method used in this research is a quantitative method. The population of this research was 100 consumers and the research technique used simple random sampling of 80 consumers. The method used in this research uses calculations, multiple regression, descriptive statistics and hypothesis testing. The results of research on the influence of quality, price and promotion on purchasing decisions show quite good results. The results of the regression analysis of quality, price and promotion have a positive influence on purchasing decisions. The hypothesis shows that quality has a positive influence on purchasing decisions, while price and promotion have a negative influence on purchasing decisions. Keywords: Quality; Price; Promotion; Buying decision.References
Afnina, & Yulia hastuti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Afnina Yulia Hastuti. 9.
Agung Tri Putranto, & Aris Qiyanto. (2020). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Transaksi E-Pulsa. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2), 1–11.
Ahnaf, M. F., & Lestari, W. D. (2024). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Online Di Aplikasi Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 13(1), 80. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i1.970
Anwar, M. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 12(3), 808. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i3.935
Ariella, R. I. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221. https://doi.org/https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/index
Astari, I. Y. (2019). Pengaruh DIsplay, Harga, Promosi, Pelayanan, dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian Toko Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri. Ekuivalensi, 5(1). https://doi.org/https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/view/223
Batubara, Z. (2018). Penetapan Harga Jual Beli dalam Akad Murabahah pada Bank Syariah.
Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(2), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02
Damayanti, D., & Saputro, E. P. (2023). Pengaruh Kualitas, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi Janji Jiwa Di Purwodadi. Jurnal Lentera Bisnis, 12(2), 508. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i2.775
Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). The Studi Empiris tentang Perilaku Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan Ditinjau dari Variabel Harga dan Kesadaran Merek. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 179. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.434
Daya, J. S., Rosa, T., & Tamba, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk “The Sandals” dari PT. Razer Brothers. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(1), 86–98. https://doi.org/10.52643/jam.v12i1.2112
Dwi, Y., & Pardi, P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Toko Ellyn. Jurnal Ekonomi Manajemen, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.37058/jem.v8i1.3463
Fetrizen, & Aziz, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AICOS Produksi PT. Bumi Sarimas Indonesia. OSF Preprints, 1, 1–9.
Freekley Steyfli Maramis, Jantje L Sepang, A. S. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1658–1667. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20411
Hadi, S., Ramadhanti, I., Wahyudi, A. T., Saripudin, S., & Taryo, T. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada PD Subur Makmur Semesta Furniture di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(4), 540. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i4.25285
Hanurdin, A. S., Arifin, M., & Qomariyah, S. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi UMKM Pia Fenty Jombang). Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis, 4(1), 73–89. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/margin.v4i1.891
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146. https://doi.org/https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/art
Hasna Nadiya, F., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). http://prosiding.unimus.ac.id
Hasyim, U. (2022). Model Minat Penggunaan Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan : Promosi Cashback dan E-Service Quality. 3(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Imron. (2019a). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang.
Imron, I. (2019b). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Indriany, Y., Sintesa, N., & Darmawan, D. (2023). Analisis Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Online Travel Agent (Traveloka, Tiket.Com, Agoda, Dan Pegi-Pegi). Jurnal Lentera Bisnis, 12(2), 431. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i2.659
Krestiawan Wibowo Santoso, S., Djoko Waluyo, H., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin di Semarang Studi Kasus pada Pengguna Permen Tolak Angin di Kelurahan Tembalang Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jiab.2014.4378
Laura Lahindah, Merisa, & Rianty Agustina Siahaan. (2018). The Influence Of Product Innovation and Service Quality to Buying Decision and the Impact to Repeat Buying at Progo Road Bandung.
Lestari, W. S., & Yusuf, A. (2019). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Steak Jongkok Karawang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 94–101. https://doi.org/10.37058/jem.v5i2.964
Lukito, W. A., & Fahmi, A. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. www.websindo.com,
Maharani, A. (2022). The Relationship Between Halal Labeling and Product Design on Consumer Purchase Interest (Marketing Management Literature Review). 1(2). https://doi.org/10.38035/ijam.v1i2
Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung) (Vol. 4, Issue 2).
Mohammad Ramadani. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Handpone. IQTISHA Dequity, 1(2), 1–11.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199.
Polla, F. C., Mananeke, L., & Rita N taroreh. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224
Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. In Analisis Pengaruh…… 3068 Jurnal EMBA (Vol. 6, Issue 4).
Pradana, D., & Hudayah, S. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. KINERJA, 14(1), 16–23.
Pratiwi, W. R. (2020). The Practice of Digital Learning (D-Learning) in the Study from Home (SFH) Policy: Teachers’ Perceptions. Journal of Southwest Jiaotong University, 55(4). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.55.4.17
Prihartono, R. M. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1), 106–113. https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1573
Prof Dr Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd, Ed.; ke-1). Alfabeta, cv.
Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526
Putranto, A. T., & Qiyanto, A. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Transaksi E-Pulsa (Studi Kasus Di Indomaret Sudirman Tangerang). Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(2), 172.
Rachman Putra, A. (2021). Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Berdasarkan Ekuitas Merek (Vol. 4, Issue 2).
Rizqullah, I., Manajemen, A. J., & Bisnis, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 3, Issue 2).
Rohmatul Ummat, & Kristina Anindita Hayuningtias. (2022). Pengaruh kualitas Produk, Brand Ammbasador dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 1–13.
Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., Mukuan, D. D. S., Studi, P., & Bisnis, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan. In Productivity (Vol. 2, Issue 3).
Roswita Meme, & Rafael Octavianus Byre. (2020). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi oleh Minat Beli Konsumen Roxy Swalayan Ende.
Rumaidlany, D., Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mc Donald’s Di Palmerah Jakarta Barat. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 102. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.567
Saptaria, L. (2022). Pengaruh Kualitas, Desain, Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Mebel UMKM Kabupaten Kediri. Journal of Finance and Business Digital, 1(3), 183–202. https://doi.org/10.55927/jfbd.v1i3.1331
Sembiring, M. J., Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2022). The Impacts of Product Quality, Promotion, Brand Association, Purchase Decisions on Japanese Motorcycles. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(2), 214. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2022.v16.i02.p03
Senggetang, V., Mandey, S. L., Moniharapon, S., & Lokasi…, P. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perumahan. Jurnal EMBA, 7(1), 881–890.
Shafira, D. T., Nasution, H. P., & Haro, J. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee ( Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Medan ). 525–532. https://doi.org/https://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/view/642
Sitanggang, D. H., & Damiyana, D. (2022). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Pesan Makanan OnLine. Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.528
Sri Wulandari. (2014). Analisis Keputusan Pembelian Terhadap Kualitas Produk, Merek, Harga Pada UD. Havinda Motor Di Landasan Ulin. https://doi.org/http://repository.uniska-bjm.ac.id/728/
Togelang, R., & Susila, I. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 13(1), 125. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i1.1007
Wiguna, M. A., & Padmantyo, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 12(2), 379. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i2.766
Wijaya, D. oka purnama. (2022). Pengaruh Desain Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (survei pada konsumen toko busana muslim toko Rizar Collection). Competitive, 17(1), 19–27. https://doi.org/10.36618/competitive.v17i1.1927
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab