PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BITTERSWEET BY NAJLA DENGAN KEPUASAN KOSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1097Abstract
The research was conducted by measuring the influence that product price and quality have on purchasing decisions by paying attention to consumer satisfaction as a mediating variable. Furthermore, bittersweet by Najla was chosen as the research object because of its popularity. Through the purposive sampling method, measurements using quantitative methods were obtained by distributing questionnaires to consumers of Bittersweet Najla who are 15 years old, as well as people who like sweet foods, so a total of 175 respondents were obtained. The findings show that customer satisfaction and price and product quality influence purchasing decisions, not only a direct influence but also a mediating influence on consumer satisfaction which also has a significant impact on the relationship between price and product quality on purchasing decisions. Key words: Price, Product Quality, Purchasing Decisions, Consumer SatisfactionReferences
Agustina, N., Fauzi, & Inggang Perwangsa Nuralam. (2018). Pengaruh kepuasan pelanggan, biaya beralih, dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis.
Apriyanti, B., & Widagdo, H. (2023). Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Toko Obat Hasan Palembang 2022-2023.
Asti, E. G., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekomabis.
Bafadhal, A. S. (2020). Pemasaran Pariwisata Pendekatan Perilaku WIisatawan. . Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. JAMANE, 1(1).
Bancin, J. B. (2021). Citra Merek dan Word of Mouth (Peranannya Dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina). Jakad Media Publishing.
Brahmanto, N. (2011). Penggunaan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Pada Materi Pokok Struktur Sel. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. EQUILIBRIUM, 17(02).
Cahyani, F. G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Hargaterhadap Kepuasan Konsumen. 5(3).
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). JMPIS.
Darmawan, K. G. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen. Universitas Pendidikan Ganesha.
Daryanto, L. H., & Hasiholan, L. B. (2019). The influence of marketing mix on the decision to purchase martabak “Setiabudi” Pak Man Semarang. Journal of Management.
Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jurnal Ekobis.
Ely. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Ekonomi Dan Bisnis.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWS, 7(1).
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian.
Fadila, C. T., Farlian, T., & Ramly, A. (2020). The influence of Halal Label, Product Quality, and Price on Purchasing Decisions. Journal of Finance and Islamic Banking.
Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Display Layout, Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. JER.
Fristiana, D. A., Prihatini, A. E., & Listyorini, S. (2012). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Ilmu Administrasi Bisnis.
Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. STIA MI.
Hamidi, D. Z., & Prakoso, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Variabel Intervening Kepuasan Konsumen. EKONOMAK.
Heryanto, I. (2015). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan. Ekonomi, Bisnis Dan Entreprenuership.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Istiqamah, M., Tirtayasa, S., & Pasaribu, H. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal AKMAMI.
Laila, E. J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik QTA Ponorogo. Pendidikan Tata Niaga.
Malau, H. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Alfabeta.
Manggala, H., & Adirinekso, G. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi. JIM, 19(1).
Maryati, & Khoiri, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. EQIEN- JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 11(1).
Nurmansyah. (2018). Pengantar Manajemen Pemasaran : Konsep – Teori & Penelitian. UNILAK Press.
Paludi, S., & Nurchorimah, S. (2021). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian sebagai intervening. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis.
Philip, K., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia. PT. Indeks.
Ramadanti, D. T. (2021). Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Obat Bundo Basamo. Universitas Islam Riau.
Rezky, T. S., Djamhur, H., & Devi, F. A. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. JRMSI, 3(1).
Sudirman, A., Efendi, & Harini, S. (2019). Kontribusi harga dan kepercayaan konsumen untuk membentuk kepuasan pengguna transportasi berbasis aplikasi.
Suhaily, L., & Darmoyo, S. (2017). Effect Of Product Quality,Perceived Priceand Brand Image On Purchase Decision Mediated By Customer Trust (Study On Japanese Brandelectronic Product). E-JM.
Suryoko, A., & Nurseto. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Penumpang KA Kaligung Mas di Stasiun Poncol Semarang). Social and Politic.
Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Basumedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab