PENGARUH KUALITAS KONTEN TIK TOK TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA CUSTOMER QUEENSHA

Authors

  • Rahmi Rosita Politeknik LP3I Jakarta
  • Evalina Darlin Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1129

Keywords:

Persepsi, Customer Engagement, Kualitas Konten

Abstract

Fenomena perkembangan jaman yang begitu cepat, semakin cepat pula platform media baru bermunculan. Hal ini berpengaruh terhadap perubahan pola perilaku masyarakatdalam mengkonsumsi infomasi. Demikian halnya dengan Tik Tok sebagai media yang mendominasi tahun 2023. Berallihnya minat beli konsumen dari platform berbasis e-commerce ke pembelian melalui aplikasi TikTok sebagai platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh konten tik tok terhadap tingkat customer engagement. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah  pengikut akun Tik Tok Queensha Shop kepada 100 orang responden. Pengambilan data dilakukan  dengan instrument penelitian menggunakan teknik random sampling dan kuesioner angket serta menggunakan uji instrumen metode analisis data menggugunakan teknik uji parsial atau Uji-t dan uji koefisien determinasi, dengan menggunakan dua variable  yaitu customer engagement dan kualitas konten Tik Tok. Berdasarkan hasil output SPSS dari hasil Uji-t, menumjukkan bahwa variable kualitas konten Tik tok berpengaruh terhadap customer engagement menunjukkan nilai signifikansi < dari 0.05 dengan T-hitung lebih besar dari T-tabel. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan angka R Square sebesar 0,34 atau 34%. Artinya persentase sumbangan pengaruh aplikasi tik tok dan iklan terhadap minat beli sebesar 34%, dan sisanya 66% dipengaruhi oleh variable diluar model regresi ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan persepsi audiens yang disebabkan oleh kualitas konten.  Konten digital dapat digunakan sebagai media promosi yang sangat baik dalam mempromosikan sebuah produk.

Author Biography

Rahmi Rosita, Politeknik LP3I Jakarta

Administrasi Bisnis

References

Anwar, Khairul. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Latex Concentrate Dan Skim Pada PT. Mardec Nusa Riau Kecamatan Tapung Hulu Kampar. SKRIPSI: Universitas Syarif Kasim. Riau

Andryanto, (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Presepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli di Toko Online (Studi Empiris yang Dilakukan Pada OLX.co.id di Yogyakarta). Skripsi Sarjana Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Ashari, R. M. H., & Sitorus, O. F. (2023). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement Kopi Kenangan. Jurnal EMT KITA, 7(1), 38-46.

Azwar, Saifuddin. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Edisi 4. Pustaka Belajar. Yogyakarta

Angelo N. Gabriel (2018) Consumers Opinions About K-Citymarkets Paper and Online Advertisments, Bachelors Thesis International Business.

Ajzen (2015). Consumer Attitudes and Behavior: The Theory Of Planned Behavior Apllied To Food Consumption Decisions, Rivista di Economia Agraria, Anno LXX, 2, 112-138.

Businessqueensland, (2016,). Types of Advertising. Retrieved from Business Qld:https://www.business.qld.gov.au/running-business/marketing sales/marketing-promotion/advertising/types

Chandra, C. N., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement (Studi Pada Akun Instagram LazadaID). Prologia, 5(1), 191-197.

Dewi. H. Septi. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjung Pinang, Jurnal Dimensi, Vol.8, No. 1: 54-70. Tanjung Pinang.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM/SPSS Versi 23, Universitas Diponegoro. Semarang.

Hanif, Hasnan. (2018). Landasan Syariah Dalam Etika Periklanan. Jurnal Bidang Kajian Islam. Vol.4, No.1

Hikmah, A. N., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh customer engagement dan e-service quality terhadap online repurchase intention dengan customer satisfaction sebagai variable intervening pada marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(1), 89-100.

Hu Yingjia. (2020). Research On The Comemercial Value Of TikTok In China, Academic Journal of Business & Management, Vol. 2, Issue 7: 57-6

Ida j. Kristin, Camilla G. Sverberg (2017). Influencer Marketing and Purchase Intentions, Norwegian School of Economics.

Irene, L. (2019). Analisa Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Retention Dengan Brand Attitude dan Customer Engagement Sebagai Variabel Perantara Pada Pengguna Rokok Wimsilak di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 6(2), 10

Kotler Philip dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Edisi Pertama. Penerbit Prentice Hall, Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, Kaller. (2009). Marketing Management, Penerbit Person Prentice Hall, London.

Lisawati, Premita. (2016). Efektifitas Pada Jejaring Sosial Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) Dengan Menggunakan Metode, Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 21 No.3.

Limandono, J. A. (2017). Pengaruh Content Marketing Dan Event MarketingTerhadap Customer Engagement Dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11.

Maria, I., Wijaya, V., & Keni, K. (2021). Pengaruh Information Quality dan Service Quality Terhadap Perceived Value dan Konsekuensinya Terhadap Customer Engagement Behavior Intention (Studi pada social commerce Instagram). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 321-334.

Martini, N. K. A., Wulandari, N. L. A. A., Premayani, N. W. W., & Purwaningrat, P.A. (2022). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Retention dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(3), 905-911.

Marini, R. (2019). Pengaruh Media Sosial Tik Tok terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smpn 1 Gunung sugih Kab. Lampung Tengah (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung. Lampung.

Ma Yulu, Hu Yue. (2021). Bussiness Model Innovation and Experimentation In Transforming Ekonomies: ByteDance and TikTok, Management and Organization Review: 17:2.

Mumtaz Zayyan Sayafika & Saino (2021) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Promosi Dan Trend Glow Up Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Manajemen, Vol.13 (2) 2021.

Nasrullah Dr. Rulli, M.S. (2018). Riset Khalayak Digital: Persepektif Khalayak Media Dan Realitas Virtual Di Media Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 271. http://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2018.17.2.9

Nila K. Dewi, Dkk. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand Body Lotion Di Kota Padang (Studi Kasus Di Pt. Unilever Cabang Padang),” Jurnal Mana- jemen dan kewirausahaan, Vol.3, No.2, ISSN. 2086-5031

Saputra Randi (2018). Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Merek Honda. Vol. 5.

Sanjaya, L. (2020). Analisis Pengaruh Content Marketing Pada Customer Value dan Customer Engagement Serta Dampaknya Terhadap Repeat Purchase Pada PegiPegi di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 12.

Saragih, Hoga dan Ramadhany, Rizky, (2012). JURNAL. Pengaruh Intensi Pelanggan Dalam Berbelanja Online Kembali Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (FJB) Kaskus. Universitas Bakrie. Jakarta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatfi Kualitatif dan R&B. Penerbit: ALFABETA, Bandung

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Penerbit ALFABETA, Bandung

Umar Husein. (2005). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Customer Engagement dan Loyalitas Merek Pada Akun Instagram Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185-198

Wibowo, Karimah (2012). Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux (Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall), Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol.3, No. 1.

Widodo. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Surakarta: LPP UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS. Solo

Wibowo, Karimah (2012). Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux (Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall), Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol.3, No. 1.

Downloads

Published

2024-05-15