EFEKTIVITAS MEDIA FINGERPRINT TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN KARYAWAN PADA YAYASAN AL-FATH BEKASI

Authors

  • Irwan Budi Tarwanto Universitas Presiden

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1145

Keywords:

Efektivitas, Media Fingerprint, Disiplin

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan media fingerprint terhadap peningkatan disiplin  karyawan  pada  sebuah  instansi, dengan tujuan memberikan peningkatan produktivitas karyawan terhadap instansi yang berawal dari kedisiplinan atas kehadiran karyawan di tempat kerja sehingga membantu instansi agar terus berkembang. Penulisan Laporan penelitian ini disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran dan informasi yang jelas mengenai efektivitas media fingerprint terhadap peningkatan disiplin karyawan pada Yayasan Al-Fath Bekasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu dengan studi pustaka, studi lapangan yang terdiri dari wawancara, pengamatan (observasi) dan teknik dokumentasi. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa penerapan fingerprint di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Cikarang sudah cukup efektif dan berguna untuk memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya kepada pimpinan yang berhubungan dengan kedisiplinan karyawan.

References

Annas, Aswar. 2017. Interaksi Pengambilan Keputusan dan Evaluasi

Kebijakan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

AR, M. Fikri. 2018. Sejarah Media: Transformasi, Pemanfaatan, dan

Tantangan. Malang: UB Press.

Faida, Eka Wilda. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ergonomi

Unit Kerja Rekam Medis. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Hadi, Bay, dan Heri Satria Setiawan. 2019. Aplikasi Absensi Dosen Dengan Java dan Smartphone Sebagai Barcode Reader. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Malawat, Muh Saleh. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta: Deepublish.

Martono, Ricky Virona. 2019. Analisis Produktivitas dan Efisiensi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nani, Anong, dan Andy Arya Maulana Wijaya. 2020. “Efektivitas Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Pegawai di Kantor Kecamatan Sorawolio Kota Baubau” dalam JSIP: Jurnal Studi Ilmu Pemerintahan Volume 1 No. 1 (hlm 9). Baubau: Universitas Muhammadiyah Buton.

Oktafiana, Windy, Slamet Bambang Riono, Muhammad Syaifulloh, dan Ari Kristiana. 2020. “Pengaruh Efektivitas Penerapan Absensi Finger Print di Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Brebes” dalam JECMA: Journal Economics and Management Volume 1 No. 1 (hlm 5-6). Brebes: Universitas Muhadi Setiabudi Brebes.

Rachmawati, Rina Wijayanti, dan Era Dewi Kartika. 2019. Media Mobile Learning pada Matematika Berbasis Pendidikan Karakter dalam Menunjang Revitalisasi SMK. Malang: Media Nusa Creative.

Rahmati, Ita, Lailatus Sa’adah, dan Devi Aprilia. 2020. Faktor Kompensasi, Motivasi dan Disiplin Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang). Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Downloads

Published

2024-05-15