IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 PADA LP3I COLLEGE JAKARTA

Authors

  • Wiwiet Prihatmaji POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v3i1.115

Abstract

Upaya meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan menjadi agenda utama bagi LP3I College Jakarta dalam menghadapi tantangan globalisasi. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 telah digunakan oleh LP3I College sebagai sarana perbaikan proses dalam peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan di Lembaga.  Dengan diterapkannya Sistem Manajemen Mutu di LP3I College, diharapakan Lembaga akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik atau berkualitas, dapat meningkatkan kompentesi, dan mendapatkan pengakuan international sebagai institusi yang berkomitmen terhadap mutu. Kendalan yang dihadapi oleh LP3I College dalam implementasi ISO 9001 berupa Motivasi Karyawan dan Teknis Implementasi disetiap direktorat dan bagian.  Peningkatan Motivasi Karyawan dilakukan dengan menjaga komitmen terhadap mutu, sharing dan sosialisasi ISO 9001 disetiap rapat BOD, rapat Executive dan rapat Karyawan. Kendala Teknis Implementasi diatasi denangan sosialisasi yang gencar, evaluasi training, simulasi ISO 9001, dan bimbingan langsung dari Wakil Manajemen.

References

Johny Todd, Kaplan University Press, Houston, 2011, Philosophical Dimensions of Quality

Joseph M. Juran, “Juran’s Quality Handbook 5th Edition”, Mc Graw Hill, New York, 1998

Sallis, Edward, Total Quality Management in Education 3rd Edition, Kogan Page Ltd,London, 2002

Johny Todd, Kaplan University Press, Houston, 2011, Philosophical Dimensions of Quality

Panduan Audit Sistem Manajemen Mutu BSN, versi Indonesia terjemahan dari QMS (Quality Management System) ISO 9001:2008 berbahasa Inggris

www.iso.org download:

ISO Central Secretariat, Swiss, 2012, Quality Management Principles

ISO Central Secretariat, Swiss, 2008, “The ISO Survey 2007”

ISO Central Secretariat, Swiss, 2009, Selection and uses of teh ISO 9000 family of standards

ISO Central Secretariat, Swiss, 2008, Quality Management Systems – Requirements ISO 9001:2008

ISO Central Secretariat, Swiss, 2009, Today’s state of the art global solution for CEO’s

Downloads

Published

2017-08-11

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS