PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN CITRA MERK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE MEREK APPLE

Authors

  • Aldino Jacky Royani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wiyadi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1170

Keywords:

Product Quality, Price, Promotion, Brand Image, Purchasing Decisions

Abstract

This study aims to analyze the effect of product quality, price, promotion and brand image on purchasing decisions for Apple brand mobile phone products. This study uses a quantitative approach with a survey method. The research sample was 100 respondents using purposive sampling method with the following criteria: (1) Consumers and users of apple brand smarphone, (2) Aged 18-35, (3) People residing in Solo Raya. The data analysis used is instrument test, classical assumption test, multiple linear regression test, hypothesis test, and determination coefficient test. The results showed that product quality, price, promotion, and brand image partially had a significant positive effect on purchasing decisions.

References

Abdullah, T., Nanda, T., & Ayuningtyas, D. (2020). Perilaku Generasi Muda Terhadap Penggunaan Ponsel Pintar. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.56806/jh.v1i1.6

Adwimurti, Y., & Sumarhadi. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74–90. https://doi.org/10.32509/jmb.v3i1.3070

Ahmad, N., Gabriella D. A, P., & Zalicha, S. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Iphone Apple Yang dilakukan Oleh Orang Yang Tinggal Di Di Jabodetabek. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 25–33.

Arifin, Z., & Vanessa, I. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis., 51(1), 44–48.

Capriati, A. L., & Waluyo, H. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 922–928. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29918

Cartwright, S., Liu, H., & Davies, I. A. (2022). Influencer marketing within business-to-business organisations. Industrial Marketing Management, 106(June), 338–350. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2022.09.007

Della Irona, V., Triyani, M., Fakultas, M., & Management, M. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen: kualitas produk, harga dan promosi (literature review smm). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 174–185.

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 143–144.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Greg, J., Massie, J. D. D., & Sepang, J. L. (2014). Pengaruh Motivasi, Presepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio Dikota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1463–1472.

Isa, M., Mardalis, A., & Mangifera, L. (2018). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan dan Minuman di Warung Hik. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(1), 44–51. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v20i1.6590

Keller, L. K., & Swaminathan, V. (2019). Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management.

Kotler, & Amstrong. (2019). Principles of Marketing. Pearson, 1–21.

Maria, M., & Anshori, M. Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 6(1), 50–51. https://doi.org/10.20473/jmtt.v6i1.2654

Munir, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Melstore Lampung. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(8), 1353–1362. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i8.177

Mustofa, A. N., & Wiyadi. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 136–147. https://doi.org/10.32534/jv.v18i1.3875

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.

Nizar Ganim, S., Nobelson, & Pusporini. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Olahraga Reebok. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 496–510. http://repository.ubb.ac.id/4721/

Paludi, S., & Nurchorimah, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 426. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.750

Setyowati, E., & Wiyadi. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 102–112. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4507

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2016). Service , Quality & Satisfaction. January 2016, 4–5.

Vadly Azhar Lubis, M. (2021). Analisis Minat Nasabah pada Penggunaan Aplikasi BSI Mobile dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Bank BSI KCP Rantauprapat. Skripsi, 1(1), 1–165.

Wahyudior, R., & Othman, L. (2023). Jurnal Mantik Promotion of the MyBluebird application and price will interest consumers in using mybluebird transportation facilities . 7(2).

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.81

Downloads

Published

2024-05-15