PENGARUH KINERJA DOSEN DAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA PADA POLITEKNIK LP3I JAKARTA KAMPUS SUMBER ARTA

Authors

  • Dyah Irawaty POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v2i1.119

Abstract

Salah satu sumber daya yang memiliki posisi vital dalam mempengaruhi loyalitas mahasiswa pada sebuah lembaga pendidikan adalah dosen. Dosen adalah seseorang yang berdasarkan pendidikan dan keahliannya diangkat oleh penyelenggara perguruan tinggi dengan tugas utama mengajar. Dosen memiliki otoritas tinggi dalam proses akademik, bahkan lebih tinggi dari profesi serupa di lembaga pendidikan dibawahnya.

Dosen memiliki posisi strategis dalam menentukan kualitas lulusan maupun kualitas kelembagaan secara umum. Dosen, berbeda dengan tenaga kependidikan pada lembaga pendidikan dasar dan menengah, pada pendidikan tinggi, dosen memiliki kewenangan atau otoritas yang lebih dominan dalam proses "mengolah" peserta didik. Hampir tidak ada pengendalian yang cukup berarti dalam mekanisme kelembagan untuk menditeksi atau mengkritisi "performa" dosen dalam proses pembelajaran, maka sehubungan dengan itu adanya anggapan kualitas lulusan dipengaruhi oleh kualitas dosen. Selain itu, dosen juga menjadi parameter penting dalam proses pengendalian kelembagaan pendidikan tinggi. Jenjang kepangkatan dan pendidikan dosen dijadikan pedoman pokok, disamping rasio kelulusan, dalam mekanisme akreditasi.

Dengan demikian memikirkan upaya peningkatan kinerja dosen harus menjadi prioritas bagi setiap pengelola pendidikan tinggi. Walaupun ukuran kualitas kinerja dosen itu bersifat relatif, akan tetapi pada dasarnya kualitas tenaga pengajar di perguruan tinggi dapat dilihat dari produktivitas pelaksanaan tri darma, yakni: pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Hasilnya menunjukkan bahwa beberapa dosen kinerjanya kurang  dalam perencanan, pelaksanan PBM (Proses Belajar Mengajar) maupun evaluasi. Misalnya, ada sebagian dosen dalam proses pembelajaran tidak sesuai dengan satuan acara perkuliahan (SAP), kadang tidak tepat waktu sehingga mengajar tidak sesuai dengan jumlah waktu dan materi yang harus dicapai. Selain itu ada beberapa dosen yang masih menggunakan strategi mengajar yang monoton Berdasarkan hal tersebut, perguruan tinggi harus melakukan pengawasan kinerja dosen secara ketat dan kontinyu.

Keyword : Dosen, Kinerja, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Mahasiswa

References

Aaker, D. l997. Managing Brand Equity. New York: The Free Press McMillan Inc

Aritonang Lerbin R. 2005. Kepuasan pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Assauri Sofjan. 2012. Strategic Markrting (Sustaining Lifetime Costumer Value). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta,

Fuad, Christine H, & Nurlela. 2001. Pengantar Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Fery Moniagara. 2010. Pengaruh persepsi atribut produk terhadap keputusan pembelian simpati Studi pada konsumen simpati di citra seluler. Artikel penelitian.

Gregory & Wiechmann. 1993. Marketing Corporate Image; The Company as Your Number One Product, NTC Bussiness Books. Licoln word, Illinois USA.

Haryadi Adi. 2005. Kiat membuat promosi penjualan secara efektif dan terncana. Jakarta: PT elex media komputindo

Irawan Handi. 2007. Smarter marketing moves. Jakarta: PT elek media komputindo

Jefkins, Frank dan Yadin. 2003. Public Relations. -Edisi Revisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Keller, Kevin Line. 1987. “Memory Factor in Advertising: The Effect of Advertising Retrieval Cues on Brand Evaluations”. Journal of Costumer Research, 14 (December), hal. 316-333.

_________________.1993. Conceptualizing, Measuring, and Managing Costumer‐ Based Brand Equity , Journal of Marketing Sutisna. (2001), Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Cetakan I.

Kopertis. Sebaran perguruan tinggi berdasarkan bentuk dan wilayah. Melalui www.kopertis3.or.id. (20/0913)

Kotler, Philip, 2000. Strategi Pemasaran Untuk Organisasi Nirlaba. Edisis ketiga. Gajah Mada Universitas Press.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Limakrisna Nandan & Hary Susilo Wilhelmus. 2012. Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Bisnis). Jakarta: Mitra Wacana Media

Lupyoadi Rambat & A. Hamdani. Manajemen pemasaran jasa. 2006. Jakarta: Salemba Empat

Mashadi. 2010. Pengaruh motivasi, persepsi, sikap dan pembelajaran konsumen terhadap keputusan pembelian minuman kemasan merek “teh botol sosro" di kawasan depok. Artikel penelitian

M.Fuad, Christine H, & Nurlela. 2001. Pengantar Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Mita Kusumawardani Sindy. 2010. Pengaruh brand image (Citra Merek) terhadap keputusan pembelian laptop merek Axioo (Studi pada pemilik laptop merek Axioo di kedai kopi hotspot AB3 Dinoyo Malang). Artikel penelitian.

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Neuman, W. Lawrence. 2006. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches – 6th Edition. Boston: Pearson Education

Oliver, Richard L., 1997, Satisfaction: A. Behavioral Perspective on The Consumer, McGraw-Hill: New York

Peter dan Olson, 1996. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. D. Sihombing (penerjemah). Consumen Behavior. Jakarta: Gelora Aksara Pratama

Polat Onur. 2010. Competitive Strategy: Technique For Analyyzing Industries and Competitors. New York: Mc Milan Publising Co, Inc.

Rangkuti Freddy. 2008. The power of brands. Jakarta: gramedia pustaka utama

Santoso Teguh. 2011. Marketing Strategic (Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing). Jakarta Selatan: ORYZA

Saputra Hendra. 2008. Analisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian teh celup sariwangi oleh konsumen rumah tangga di kota medan. Artikel penelitian

Simamora Bilson. 2008. Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: PT gramedia pustaka utama

Stanton, W.J, 1996. Prinsip Pemasaran. Jilid I, Edisi Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunyoto Danang. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS

Susanto A.B & Himawan Wijarnako. 2004. Power branding (membangun merek unggul dan organisasi pendukungnya). Bandung: quantum bisnis & manajemen (QBM)

Tjiptono Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. CV. Andi Offset. Yogyakarta

Wijaya David. Pemasaran Jasa Pendidikan (Mengapa Sekolah Memerlukan Marketing?). Jakarta Selatan: Salemba Empat

Downloads

Published

2017-08-15

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS