PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN CITRA INSTITUSI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KULIAH MAHASISWA DI POLITEKNIK LP3I JAKARTA KAMPUS JAKARTA UTARA

Authors

  • Muhammad Hasan Lubis POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v2i1.123

Abstract

Dengan banyaknya perguruan tinggi yang ada, maka pertimbangan pengambilan keputusan untuk kuliah semakin banyak. Proses pengambilan keputusan dalam memilih perguruan tinggi termasuk dalam pengambilan keputusan yang luas karena terjadi untuk kepentingan khusus bagi konsumen atau untuk pengambilan keputusan yang membutuhkan tingkat keterlibatan yang tinggi misalnya pembelian produk–produk mahal, mengandung nilai prestis, dan dipergukanakan untuk waktu yang lama.

Jenis pengambilan keputusan oleh para konsumen tersebut menjadi celah atau sebuah sumber persaingan bisnis. Persaingan bisnis tersebut menuntut perguruan tinggi harus mampu bersikap dan bertindak cepat & tepat dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang bergerak sangat dinamis dan penuh dengan ketidakpastian.Perguruan tinggi dituntut bersaing secara kompetitif dalam hal menciptakan dan mempertahankan konsumen atau pun menumbuhkan minat beli atau minat mahasiswa untuk kuliah di perguruan tingginya.

Minat pembelian ini menciptakan suatu motivasi yang terus terekam dalam benak calon mahasiswa dan menjadi suatu keinginan yang sangat kuat sehingga pada akhirnya ketika orang tersebut harus memenuhi kebutuhannya akan mewujudkan apa yang ada didalam benaknya itu.

Sikap (attitudes) dan perilaku (behavior) yang merupakan tahap proses informasi. Keyakinan menunjukkan pengetahuan kognitif yang dimiliki konsumen dengan mengaitkan atribut, manfaat dan obyek (dengan mengevaluasi informasi), sementara itu sikap mengacu kepada perasaan atau respon efektifnya.

Strategi pemasaran bisa disebut dengan serangkaian upaya yang ditempuh dalam rangka mencapai tujuan tertentu.Strategi pemasaran yang digunakan merupakan hal yang berhubungan dengan paradigma konsumen. Untuk mencapai hal itu, para pemasar harus menerapkan konsep pemasaran modern karena merupakan hal itu ujung tombak keberhasilan pemasaran

Keyword : Strategi Pemasaran, Citra Institusi, Keputusan dan Mahasiswa

References

Aaker, D. l997. Managing Brand Equity. New York: The Free Press McMillan Inc

Aritonang Lerbin R. 2005. Kepuasan pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Assauri Sofjan. 2012. Strategic Markrting (Sustaining Lifetime Costumer Value). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta,

Fuad, Christine H, & Nurlela. 2001. Pengantar Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Fery Moniagara. 2010. Pengaruh persepsi atribut produk terhadap keputusan pembelian simpati Studi pada konsumen simpati di citra seluler. Artikel penelitian.

Gregory & Wiechmann. 1993. Marketing Corporate Image; The Company as Your Number One Product, NTC Bussiness Books. Licoln word, Illinois USA.

Haryadi Adi. 2005. Kiat membuat promosi penjualan secara efektif dan terncana. Jakarta: PT elex media komputindo

Irawan Handi. 2007. Smarter marketing moves. Jakarta: PT elek media komputindo

Jefkins, Frank dan Yadin. 2003. Public Relations. -Edisi Revisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Keller, Kevin Line. 1987. “Memory Factor in Advertising: The Effect of Advertising Retrieval Cues on Brand Evaluations”. Journal of Costumer Research, 14 (December), hal. 316-333.

_________________.1993. Conceptualizing, Measuring, and Managing Costumer‐ Based Brand Equity , Journal of Marketing Sutisna. (2001), Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Cetakan I.

Kopertis. Sebaran perguruan tinggi berdasarkan bentuk dan wilayah. Melalui www.kopertis3.or.id. (20/0913)

Kotler, Philip, 2000. Strategi Pemasaran Untuk Organisasi Nirlaba. Edisis ketiga. Gajah Mada Universitas Press.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Limakrisna Nandan & Hary Susilo Wilhelmus. 2012. Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Bisnis). Jakarta: Mitra Wacana Media

Lupyoadi Rambat & A. Hamdani. Manajemen pemasaran jasa. 2006. Jakarta: Salemba Empat

Mashadi. 2010. Pengaruh motivasi, persepsi, sikap dan pembelajaran konsumen terhadap keputusan pembelian minuman kemasan merek “teh botol sosro" di kawasan depok. Artikel penelitian

M.Fuad, Christine H, & Nurlela. 2001. Pengantar Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Mita Kusumawardani Sindy. 2010. Pengaruh brand image (Citra Merek) terhadap keputusan pembelian laptop merek Axioo (Studi pada pemilik laptop merek Axioo di kedai kopi hotspot AB3 Dinoyo Malang). Artikel penelitian.

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Neuman, W. Lawrence. 2006. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches – 6th Edition. Boston: Pearson Education

Oliver, Richard L., 1997, Satisfaction: A. Behavioral Perspective on The Consumer, McGraw-Hill: New York

Peter dan Olson, 1996. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. D. Sihombing (penerjemah). Consumen Behavior. Jakarta: Gelora Aksara Pratama

Polat Onur. 2010. Competitive Strategy: Technique For Analyyzing Industries and Competitors. New York: Mc Milan Publising Co, Inc.

Rangkuti Freddy. 2008. The power of brands. Jakarta: gramedia pustaka utama

Santoso Teguh. 2011. Marketing Strategic (Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing). Jakarta Selatan: ORYZA

Saputra Hendra. 2008. Analisis pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian teh celup sariwangi oleh konsumen rumah tangga di kota medan. Artikel penelitian

Simamora Bilson. 2008. Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: PT gramedia pustaka utama

Stanton, W.J, 1996. Prinsip Pemasaran. Jilid I, Edisi Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunyoto Danang. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS

Susanto A.B & Himawan Wijarnako. 2004. Power branding (membangun merek unggul dan organisasi pendukungnya). Bandung: quantum bisnis & manajemen (QBM)

Tjiptono Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. CV. Andi Offset. Yogyakarta

Wijaya David. Pemasaran Jasa Pendidikan (Mengapa Sekolah Memerlukan Marketing?). Jakarta Selatan: Salemba Empat

Downloads

Published

2017-08-15

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS