PENGARUH VARIABEL PREDIKTOR DAMPAK PENGGUNAAN IT KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS : PT. DELAMI BRANDS)
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v2i1.124Abstract
Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang sedemikian rupa pesat serta potensi pemanfaatan secara luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Dengan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi akan meningkatkan efisiensi, efektifitas serta kualitas informasi.
Penelitian ini dikembangkan untuk mengetahui hubungan yang ditimbulkan dari penggunaan variabel prediktor, yang meliputi ekspektasi kinerja (performance expectance), ekspektasi usaha (effort expectance), pengaruh sosial (social influence), dan kondisi pendukung (faciliating condition), terhadap dampak penggunaan informasi yang meliputi minat pemanfaatan teknologi sistem informasi dan penerimaan penggunaan sistem informasi, kemudian bagaimana hubungan yang ditimbulkan dari dampak penggunaan teknologi informasi terhadap kualitas informasi serta dampaknya terhadap kepuasan pelanggan.
Dari hasil penelitian yang dikembangkan didapatkan hasil bahwa korelasi variabel prediktor, dampak penggunaan IT (Information Technology) dan kualitas informasi bersifat signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Namun rasanya masih diperlukan kembali penelitian yang lebih matang dan jauh, sehingga hasil yang dapat diberikan menjadi lebih baik dan akurat, sehingga bisa bermanfaat proses pencapaian kepuasan pelanggan.
Keyword :Teknologi Komunikasi, Kualitas Informasi, Ekspektasi Kinerja dan Kepuasan Pelanggan.
References
Christy MK Cheung, Matthew K O Lee, 2005, Research Framework For Consumer Satisfaction With Internet Shopping
Fahmi Natigor Nasution, 2004, Penggunaan Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku (Behavioral Aspect)
Fred D Davis, 1991, User Acceptance Of Information Technology, System Characteristic, User Perception And Behavioural Impact
Rachel Mccalla, Jean Noel Ezingeard And Kevin Money, Henly Management College, UK, 2003, A Behavioural Approach To Crmsystem Evaluation
Sri Nawangsari, Rantih Mayang, Eri Prasetyo, 2008, Analisis Diskriptif Kepuasan Masyarakat Pengguna Terhadap Layanan Situs Web X.
Toto Sugiharto, Susy Suhendra, Budi Hermana Adang Suhendra, 2007, Model Adopsi E Business Oleh Pengusaha Kecil : Metode Pengukuran Dengan Webstatic Dan Selfreported
Viswanath Venkatesh, 2000, Determinants Of Perceived Ease Of Use : Integrating Control, Intrinsic Motivation, And Emotion Into Technology Acceptance Model
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab