PENGARUH INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PT ASURANSI PRUDENTIAL SYARIAH KOTA MEDAN

Authors

  • Armando Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurwani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Imsar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i1.1357

Keywords:

Product Innovation, Market Orientation, Marketing Performance

Abstract

The aim of this research is to determine the influence of product innovation and market orientation variables on improving the marketing performance of PT. Prudential Sharia Insurance Medan Branch. The type of research used by the author is quantitative descriptive. The results of this research are that the product innovation variable on increasing marketing performance shows that the calculated t is greater than the t table. This can be interpreted as saying that product innovation has an effect on marketing performance, and so H1 is accepted. This can mean that there is a significant influence between product innovation and marketing performance. The market orientation variable on marketing performance shows that t is greater than t. Table H2 is accepted. This can be interpreted as market orientation influencing marketing performance. Based on table 5, the calculated F value is greater than table F, so H4 is accepted. It can be concluded that the independent variables, namely product innovation and market orientation, simultaneously influence the dependent variable, namely marketing performance.

References

Anwar, S, Metodologi Penelitian Bisnis. (2012). Jakarta: Salemba Empat.

Agustinam, S.(2020). Manajemen Pemasaran : Manajemen Pemasaran Modern (jakarta: © UBPressn).

Banjirul, A., Marliyah., Rahmi, S. (2024). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Warung Kopi (Studi Kasus Warung Kopi Di Jalan Letda Sujono). Maslahah: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah.

Chairman, L. J., Yuliana., Arwin. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Kepuasan Pelaanggan Di The Wrappers, Medan. Universitas Bina Insan Lubuklinggau.

Cynthia, V. D., Hendra, N. T. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal EMBAVol.2 No.3

Davis Gordon B.(1994). Management System Information, TP. Midas Surya Grafindo, Jakarta. Dkk, Donnelly. (1994). Organisasi Perilaku Struktur Proses. (Jakarta:Erlangga).

Hasan., Nurul, I. (2014). Pengantar Asuransi Syariah. Jakarta : Gaung Persada Press Group.

Iha, H. H. (2015). Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan,Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM)Vol 13 No 4.

Fandi, T .(2008). Strategi Pemasaran, Yogyakarta, Penerbit CV., Andi Offset.

Farida, H., Nur, A. B. R. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Pada Kalangan Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT).

Hamidar, P., Mustafa, K.R., Muhammad, I.H. (2024). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan Penggunaan, dan Kemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) Terhadap Penggunaan Ewallet (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara). MENAWAN: Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi.

Kennedy, Dkk. (2006). Marketing Communication Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. (2001). Manajemen Pemasaran Global, (Edisi Bahasa Indonesia, Prenhalindo, Jakarta).

Kotler dan Amstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa Oleh Damos Sihombing (Jakarta: Erlangga).

Kotler, Philip; Armstrong, Garry.(2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Laila, K. N., Suharto., Marhafian, S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Lookme.Coo Bandar Lampung. SNPPM (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

Maryam, B., Purnama, R.S., Sri, A.S., Rima, R. S., Vega, L. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah

Maulina, M., Hapzi. A., Fransiskus, D. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). JIMPIS. Jurnal Manajemen Pendidikan Ilmu Sosial.

Muhammad, F. I. L., Nuri, A., Khairina, T. (2023). Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cafe Pascho Pematang Siantar. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi).

Nailul, M., Tuti, A., Atika. (2023). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Bella Square Di Kalangan Mahasiswa FEBI UINSU. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis.

Muh, N. R. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Syariah, Bandung : Alfabeta.

Nurul, H., Nurbaiti., Nuri, A. (2023). Inovasi Digitalisasi Promosi Produk Usaha Masyarakat Berbasis Website Di Medan Denai (PT. Medania Raya Sejahtera). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI).

Putri, R., Nurbaiti, N., Juliana, N. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa UINSU Dalam Menentukan Produk Perawatan Wajah (Skincare). Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen.

Rahmani, N,A, B. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D.

Rizky, K. S. S., Nur, A.B.R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Adidas Pada Mahasiswa FEBI UINSU. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama.

Salim, A. (1998). Asuransi dan Manajemen Risiko. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Samsul, A. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Sentra Industri Kue Dan Roti di Desa Bugo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.

Sanusi, A. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Soemitra, A.( 2009). Bank dan lembaga keuangan Syariah cet ke 8, Jakarta: Wal Asri Publishing.

Sri, H., Endang, S., Marwah, E. P. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk Terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis & Manajemen.

Sula, Muhammad, S. (2004). Asuransi Syariah (Life and General) Konsep dan sistemoperasional. Jakarta : Gema Insani Press.

Tri, I.F.R., Rahmi, S., Atika. (2023). Model Program Studi Asuransi Syariah FEBI UINSU Medan Dalam Melakukan Pelampauan Indikator Kinerja Utama. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.

Downloads

Published

2025-01-15