DETERMINAN FAKTOR PENINGKATAN PENJUALAN INDUSTRI KREATIF DI JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i1.1381Keywords:
Distribution Channels, Brand Awareness, Promotion, Sales Promotion, Upselling, Customer Relationship, Customer Loyalty, Sales, Creative Industry, East JavaAbstract
Industri kreatif merupakan sektor penting dalam perekonomian Indonesia, berkontribusi sekitar Rp 1.280 triliun atau 6,54% terhadap PDB Nasional. Subsektor kuliner dan fashion menjadi penyumbang terbesar. Namun, angka ini masih lebih rendah dibandingkan Korea Selatan, yang mencapai 8,67%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan di industri kreatif subsektor kuliner dan fashion di Jawa Timur. Penelitian dilakukan di empat kota besar (Malang, Surabaya, Probolinggo, dan Jombang) dengan 198 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh variabel pemasaran, baik secara individu maupun simultan, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan penjualan. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran yang terencana dan efektif untuk meningkatkan daya saing dan penjualan pelaku usaha di industri kreatif. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pelaku bisnis harus fokus pada inovasi pemasaran untuk mengoptimalkan potensi sektor ini.
Kata Kunci: saluran distribusi, kesadaran merek, promosi, promosi penjualan, upselling, hubungan pelanggan, loyalitas pelanggan, penjualan, industri kreatif, Jawa Timur.
References
Abbas dan Minarti (2022) – Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan di Toko Sulawesi Soppeng
A’isah (2022) – Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan
Anderson, R., & Keller, P. (2015) – Selling and Sales Management (15th ed.)
Armstrong & Kotler (2017) – Sales Management: Analysis and Decision Making
Ariastini, Wijaya, dan Yoga (2022) – Pengaruh Saluran Distribusi dan Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan pada UKM Tenun Songket
Aswan, Syafitri, Rahmizal (2022) – Pengaruh Saluran Distribusi dan Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan Roti UD. Rotiku
Belch, G.E., & Belch, M.A. (2018) – Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (10th ed.)
Dani dan Zakiah (2024) – Teknik Up Selling Dalam Meningkatkan Penjualan di Restoran Resinda Hotel Karawang
Hadi, S. (2021) – Pemasaran Jasa: Konsep, Strategi, dan Implementasi
Indriani (2022) – Pengaruh Advertising dan Sales Promotion Melalui Facebook Ads Terhadap Volume Penjualan
Jobber, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016) – Marketing Fundamentals
Jobber, D., & Lancaster, G. (2015) – Selling and Sales Management
Juliawaty, Willy, Goh (2022) – Pengaruh Personal Selling, dan Promosi Penjualan Terhadap Efektivitas Penjualan Ban Sepeda Motor PT. Mega Anugrah Mandiri
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017) – Principles of Marketing
Kotler, P., & Keller, L. (2016) – Marketing Management (15th ed.)
Lerek, Kastanya dan Clan (2024) – Pengaruh Loyalitas Pelanggan terhadap Volume Penjualan pada Pusat Grosir Harapan 1 Kota Sorong
Latifah (2022) – Pengaruh Saluran Distribusi dan Daya Beli Terhadap Volume Penjualan
Mabruroh (2022) – Efektivitas Strategi Up-Selling dan Cross-Selling dalam Pemenuhan Target Penjualan
Martono dan Prameswari (2021) – Strategy to Increase Sales Through Brand Awareness on Local Brand Instant Coffee Products
Muhtarom, Syairozi, dan Wardani (2022) – Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Ayam Potong Online ElMonsu
Rohminatin, Kifty, dan Rahayu (2024) – Peranan CRM Dalam Pemasaran dan Peningkatan Penjualan pada Distro N+2 Fashion
Rossiter, J. R. (2021) – Media Planning: A Scientific Approach
Sari, Eldine, dan Muniroh (2022) – Pengaruh Distribusi dan Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan
Satria dan Hasmawaty (2021) – Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang
Septiani, Ramadini, dan Hayatunupus (2024) – Analisis Strategi Pemasaran Cross Selling dan Up Selling Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di Alfamart Cabang Mareleng
Thomas N. Ingram (2015) – Sales Management: Analysis and Decision Making
Tom Hopkins (2019) – How to Master the Art of Selling (Update ed., pp. 75-80)
Trisnawati dan Tamba (2022) – Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Konsumen Terhadap Penjualan Toko Watermelon
Taqwatullah, Nugraha (2022) – Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Menu Minuman di UMKM Kedai Hotter Coffee dan Cinema
Ulantika dan Elpanso (2022) – Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Volume Penjualan pada PT Sinar Niaga Sejahtera
United Nation Conference on Trade and Development (UNCTAD) (2020) – Creative Economy Outlook 2020: Trends in International Trade in Creative Industries
Wahyuni, Susanti, & Ikhsan (2023)
Wahyuni, Sunarya, & Norisanti (2022) – Analisis Retensi Pelanggan dan Switching Costs Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome
Yani (2022) - Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Awareness pada Penjualan yang Dimoderasi oleh Digital Marketing
Sumber Lain:
https://malangkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTM1IzI=/jumlah-
https://dinkopum.jombangkab.go.id/storage/dokumen/kfXKOKLfqmHVmb2djj4YXINom4VU7EXGZc2Mvsin.pdf.
https://probolinggokota.go.id/uploads/myportal/files/DDA%202019%20(Kota_Probolinggo).pdf.
https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/3539/2070.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab