DETERMINAN FAKTOR PENINGKATAN PENJUALAN INDUSTRI KREATIF DI JAWA TIMUR

Authors

  • Iqbal Saladin Harahap Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang
  • Murtianingsih Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang
  • Mohammad Bukhori Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i1.1381

Keywords:

Distribution Channels, Brand Awareness, Promotion, Sales Promotion, Upselling, Customer Relationship, Customer Loyalty, Sales, Creative Industry, East Java

Abstract

Industri kreatif merupakan sektor penting dalam perekonomian Indonesia, berkontribusi sekitar Rp 1.280 triliun atau 6,54% terhadap PDB Nasional. Subsektor kuliner dan fashion menjadi penyumbang terbesar. Namun, angka ini masih lebih rendah dibandingkan Korea Selatan, yang mencapai 8,67%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan di industri kreatif subsektor kuliner dan fashion di Jawa Timur. Penelitian dilakukan di empat kota besar (Malang, Surabaya, Probolinggo, dan Jombang) dengan 198 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh variabel pemasaran, baik secara individu maupun simultan, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan penjualan. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran yang terencana dan efektif untuk meningkatkan daya saing dan penjualan pelaku usaha di industri kreatif. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pelaku bisnis harus fokus pada inovasi pemasaran untuk mengoptimalkan potensi sektor ini.

 

Kata Kunci: saluran distribusi, kesadaran merek, promosi, promosi penjualan, upselling, hubungan pelanggan, loyalitas pelanggan, penjualan, industri kreatif, Jawa Timur.

References

Abbas dan Minarti (2022) – Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan di Toko Sulawesi Soppeng

A’isah (2022) – Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan

Anderson, R., & Keller, P. (2015) – Selling and Sales Management (15th ed.)

Armstrong & Kotler (2017) – Sales Management: Analysis and Decision Making

Ariastini, Wijaya, dan Yoga (2022) – Pengaruh Saluran Distribusi dan Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan pada UKM Tenun Songket

Aswan, Syafitri, Rahmizal (2022) – Pengaruh Saluran Distribusi dan Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan Roti UD. Rotiku

Belch, G.E., & Belch, M.A. (2018) – Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (10th ed.)

Dani dan Zakiah (2024) – Teknik Up Selling Dalam Meningkatkan Penjualan di Restoran Resinda Hotel Karawang

Hadi, S. (2021) – Pemasaran Jasa: Konsep, Strategi, dan Implementasi

Indriani (2022) – Pengaruh Advertising dan Sales Promotion Melalui Facebook Ads Terhadap Volume Penjualan

Jobber, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016) – Marketing Fundamentals

Jobber, D., & Lancaster, G. (2015) – Selling and Sales Management

Juliawaty, Willy, Goh (2022) – Pengaruh Personal Selling, dan Promosi Penjualan Terhadap Efektivitas Penjualan Ban Sepeda Motor PT. Mega Anugrah Mandiri

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017) – Principles of Marketing

Kotler, P., & Keller, L. (2016) – Marketing Management (15th ed.)

Lerek, Kastanya dan Clan (2024) – Pengaruh Loyalitas Pelanggan terhadap Volume Penjualan pada Pusat Grosir Harapan 1 Kota Sorong

Latifah (2022) – Pengaruh Saluran Distribusi dan Daya Beli Terhadap Volume Penjualan

Mabruroh (2022) – Efektivitas Strategi Up-Selling dan Cross-Selling dalam Pemenuhan Target Penjualan

Martono dan Prameswari (2021) – Strategy to Increase Sales Through Brand Awareness on Local Brand Instant Coffee Products

Muhtarom, Syairozi, dan Wardani (2022) – Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Ayam Potong Online ElMonsu

Rohminatin, Kifty, dan Rahayu (2024) – Peranan CRM Dalam Pemasaran dan Peningkatan Penjualan pada Distro N+2 Fashion

Rossiter, J. R. (2021) – Media Planning: A Scientific Approach

Sari, Eldine, dan Muniroh (2022) – Pengaruh Distribusi dan Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan

Satria dan Hasmawaty (2021) – Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang

Septiani, Ramadini, dan Hayatunupus (2024) – Analisis Strategi Pemasaran Cross Selling dan Up Selling Dalam Meningkatkan Penjualan Produk di Alfamart Cabang Mareleng

Thomas N. Ingram (2015) – Sales Management: Analysis and Decision Making

Tom Hopkins (2019) – How to Master the Art of Selling (Update ed., pp. 75-80)

Trisnawati dan Tamba (2022) – Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Konsumen Terhadap Penjualan Toko Watermelon

Taqwatullah, Nugraha (2022) – Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Menu Minuman di UMKM Kedai Hotter Coffee dan Cinema

Ulantika dan Elpanso (2022) – Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Volume Penjualan pada PT Sinar Niaga Sejahtera

United Nation Conference on Trade and Development (UNCTAD) (2020) – Creative Economy Outlook 2020: Trends in International Trade in Creative Industries

Wahyuni, Susanti, & Ikhsan (2023)

Wahyuni, Sunarya, & Norisanti (2022) – Analisis Retensi Pelanggan dan Switching Costs Terhadap Loyalitas Pelanggan Indihome

Yani (2022) - Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Awareness pada Penjualan yang Dimoderasi oleh Digital Marketing

Sumber Lain:

https://pemasaranekraf.kemenparekraf.go.id/berita/nilai-tambah-ekonomi-kreatif-capai-5565-persen-dari-target-tahun-2024/

https://malangkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTM0IzI=/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-kuliner-menurut-kecamatan-di-kota-malang.html

https://malangkota.bps.go.id/id/statistics-table/2/NTM1IzI=/jumlah-

https://dinkopum.jombangkab.go.id/storage/dokumen/kfXKOKLfqmHVmb2djj4YXINom4VU7EXGZc2Mvsin.pdf.

https://probolinggokota.go.id/uploads/myportal/files/DDA%202019%20(Kota_Probolinggo).pdf.

https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2024/dinkopdag-surabaya-target-seluruh-umkm-mamin-tersertifikasi-halal/

https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/3539/2070.

Downloads

Published

2025-01-15