KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI CITA RASA, PRODUK DESAIN, DAN PENDISTRIBUSIAN (Studi kasus pada Pempek Palembang Gaby Bekasi)

Authors

  • Rahmi Rosita Politeknik LP3I Jakarta
  • Enny Diah Astuti Politeknik LP3I Jakarta
  • Retno Setya Budiasningrum Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i2.1523

Keywords:

Taste, Product Design, Competitive Adventage

Abstract

This research aims to determine the variable influence of brand image, product design and distribution on Pempek gaaby products in Bekasi. The research uses a quantitative method, which is also known as a statistical approach with SPSS tools, using a multiple linear regression method by distributing closed questionnaires to 100 respondents who visited Pempek gaby. The SPSS output results show that taste, product design and distribution have a positive impact on competitive adventage.

Author Biography

Rahmi Rosita, Politeknik LP3I Jakarta

Administrasi Bisnis

References

Alma, Buchori, dan Hurryati. 2008. Manajemen Corporate dan Strategis pemasaran Jasa Pendidikan, Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. Alfabeta. Bandung.

Andi. 2015. Strategi Pemsaran (4th). Andi Offset. Jakarta.

Bukhori, M., Dalimunhte. 2017. Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. 3(1).

Christian, J. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Clothing Our Bandung Style. Universitas Komputer Indonesaia. Bandung.https://repository.unikom.ac.id/54245/.

Etzel. Michael J.W., Stanton, W. 2013. Marketing, Edisi ke-12, New Yosk, USA.

Harwani, Y. 2017. Memahami Peran Ekuitas Merek Sebagai keunggulan Bersaing Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Perguruan Tinggi, Jurnal Manajemen, XXI(03), 398-417.

Kotler , P., & Gary, A. 2012. Principles of Marketing Pretice Hall Inc. PearsonNew Jersey.

Kotler, P., & keller, L. 2017., 15 th edition. Marketing Management. Pearson Pretice Hall Inc. New Jersey.

Michael J. Etzel, et al. 2013. Fundamentals of Marketing, 10 th edition. Mc Graw-Hill. Singapore.

Mulyanto, H., & Wulandari., A. 2019. Penelitian, Metode dan Analisis. CV Agung, Semarang.

Mursidi, M. E. 2006. Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Porter, M. E. 2008. Competitive Adventage (Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggulan)., Kharisma Publishing. Solo.

Sari, Y & Angga, A. W. 2019. Pengeruh Bauran Pemasaran dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing pada Usaha Waralaba di Kabupaten OKU. Jurnal Akuntamsi keuangan dan Manajemen, 1(1), 9-16.

Silaen, J. 2013. Pengeruh Ekuitas Merek dan Positioning terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Skaters Cihampelas. Universitas Komputer Indonesia. Bandung.

Szopa P., & Pekala W. 2012. Distribution Channels and Their Roles in The Enterprise. Polish Journal of Management Studies, 6.

Setyawati, M.,S., & Rosiana, M. 2015.Inovasi dan Keunggulan KompetitifSebagai Variabel Mediaasi Pengeruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis . E-Jurnal Manajemen Unsud. Vol 5(1).

Tjiptono, F.,2015. Strategi Pemasaran. Andi Press. Yogyakarta.

Trisna, P. W., et al. 2021. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian . Jurnal Pemikiran da Penellitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan 1, 6(1). April. 2021.

Wilar O.W., et, al. 2017. Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Kualitas layanan, dan Citra Merek Terhadap Keunggulan Bersaing pada PT Bank Central Asia, Tbk Cabang Utama Manado. Jurnal EMBA, 5(3), 3845-3854. https://ejournal.unsrat.ca.id/v3/index.php/emba/article/view/18082/17606.

Downloads

Published

2025-05-22