KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN ATMOSFER CAFE: PENGUJIAN EMPIRIS PADA MAKTUN KOPI LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i2.1620Keywords:
Service Quality, Price, Cafe AtmosphereAbstract
This study aims to determine the effect of service quality, price and cafe atmosphere on purchasing decisions (case study on Maktun Kopi in Lamongan city). This study uses a quantitative method with a sample of 100 respondents with the help of IBM SPSS 26 data processing. The results of this study indicate that partially the service quality variable has a positive and significant effect on purchasing decisions with a t-value of 2.952 which is greater than the t table of 1.660, partially the price variable has a positive and significant effect on purchasing decisions with a t-value of 3.942 which is greater than the t table of 1.660, partially the Cafe atmosphere variable has a positive and significant effect on purchasing decisions with a t-value of 4.606 which is greater than the t table of 1.660, simultaneously the influence of service quality, price and Cafe Atmosphere have a positive and significant effect on purchasing decisions (case study on Maktun Kopi in Lamongan city) with an F count of 34.955 more than F table 2.699
References
Andriani, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Suasana Resto Terhadap Keputusan Pembelian Pada Café and Resto Sugar Rush Di Bontang. Jurnal Admin-istrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(1), 26. https://doi.org/10.54144/jadbis.v8i1.2952
Devina, M. A., & Yulianto, A. E. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan store at-mosphereterhadap kepuasan konsumen pada Cafe Tenda Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 11(10), 2–16.
Dwi Putra Hendro ariantoro & Budhi. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pela-yanan, Lokasi, Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopisae. Jurnal Ilmu dan riset Manajemen, 9(6), 1–23.
Fitria. (2013). Definisi Operasional Variable. Journal of Chemical Information and Model-ing, 53(9), 1689–1699. http://repository.unpas.ac.id/60703/2/Daftar Pustaka.pdf
Harga, P., Pelayanan, K., Lokasi, D. A. N., & Kunci, K. (2022). Pengaruh harga, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada sugar café batam. 5(2), 1139–1147.
Hartono, R., & Purba, T. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Ter-hadap Loyalitas Pelanggan Pada Sugar Café Batam. Jesya, 5(2), 1139–1147. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.662
Kedua, N. P. (n.d.). Judul Artikel Ejournal Memakai Jenis Font Times New Roman Dan Ukuran Font 14 , Dicetak Tebal ( Bold ). X(X), 1–5.
Kurnain, R. N., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Fruts Cafe Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1279–1285.
Kurniawan Purnomo, A. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pem-belian Gen Y Pada Old Bens Cafe. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 133–212. http://journal.maranatha.edu/jmm
Manajemen, P. S., Bisnis, F. E., Nusantara, U., & Kediri, P. (2022). Analisis Variasi Produk , Kualitas Pelayanan , Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Ndalem Simbah Gondang.
Masriya, S. S. (2022). Managament Insight : Jurnal Ilmiah Manajemen Keputusan Pem-belian Rai Raka Cafe Di Kabupaten Karawang pelayanan . Menurut Hary dalam ( Tjiptono , 2016 ) kualitas pelayanan merupakan suatu membuat citra positif bagi pe-rusahaan . 17(2), 233–245.
Masriya, S. S., & Chaerudin. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Suasana Cafe Ter-hadap Keputusan Pembelian Rai Raka Cafe Di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 233–245.
Nadiroh, R., & Suja’i, I. S. (2022). Pengaruh Harga Dan Atmosfer Toko Terhadap Loyal-itas Pelanggan Cahaya Mas Store Kamulan, Trenggalek. Jurnal Economina, 1(2), 130–139. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.29
Nickofwan, *, Fernanda, A., Fernanda, N. A., Baidlowi, I., & Poernomo, A. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Atmosfer Café Terhadap Keputusan Pem-belian Pada Nabs Café Pacet-Mojokerto. Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, 1(5), 107–120. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i5.133
Pranyoto, R. A. P. (2021). Penelitian BAB 3. Journal, 1–23.
Putra, C. I. R. (2022). Analisis Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Ndalem Simbah Gondang Nganjuk. EKOBIS (Ekonomi Bisnis), 76, 1–23. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5483
Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2, 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Ridwan, M., Ulum, B., Muhammad, F., Indragiri, I., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah (The Im-portance Of Application Of Literature Review In Scientific Research). Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.
Sukmanawati, S., & Purwati, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab. Jurnal Manajemen Almatama, 1(1), 61–84. https://doi.org/10.58413/jma.v1i1.220
Tarigan, R. J. (2020). Pengaruh harga dan kualitasp elayanan terhadap keputusan pembelian online dishopee pada mahasiswa universitas muhammadiyah sumatra utara. Maret, 135.
Wahyuningtias, P., Ichsannudin, I., & ... (2021). Analisis Kualitas Produk, Harga Dan At-mosphere Place Terhadap Keputusan Pembelian Pada Loji Resto Dan Café Kediri. Seminar Nasional …, 84–89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab