PENGARUH KONSEP DIRI DAN KINERJA MENGAJAR DOSEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA POLITEKNIK LP3I JAKARTA KAMPUS BLOK M

Authors

  • Herry Syafrial POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.167

Abstract

This research was conducted to determine how much influence the self-concept on student learning achievement at Polytechnic LP3I Jakarta, Blok M Campus, determine how much influence teaching lecturer performance on student learning achievement at Polytechnic LP3I Jakarta, Blok M Campus, and determine how much influence self-concept and teaching lecturer performance simultaneously on student learning achievement at Polytechnic LP3I Jakarta, Blok M Campus. This research uses correlation to see how much the influence of two independent variables and the dependent variable. The population research was all active students period of 2014/2015 at Polytechnic LP3I Jakarta Blok M Campus, amount of 346 students and 78 Students as sample of this research. Each respondent got 25 questions by using a Likert scale. Based on the results of data processing showed that the effect of self-concept of student learning achievement at Polytechnic LP3I Jakarta, Blok M Campus is strong, it means that the relations between the two variables are significant for a strong confidence level. Also the influence of teaching lecturer performance on student learning achievement at Polytechnic LP3I Jakarta, Blok M Campus is strong. While the influence self-concept and teaching lecturer performance on student learning achievement at Polytechnic LP3I Jakarta, Blok M Campus is strong. This shows if self-concept and teaching lecturer performance well-applied will increase student learning achievement.

 

Keywords: Self Concept, Teaching Performance, Learning Achievement.

References

Agustiani, Hendriati. 2006. Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung : Refika Aditama.

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Amal, Ichlasul. 2005. Sistem Pemerintahan RI. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta : Rineka Cipta.

---------------------------. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana.

Centi, Paul. J. 1995. Mengapa rendah diri. Diterjemahkan oleh Hardjana, A. M. Yogyakarta : Kanisius.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

--------------------------------. 1994. Prestasi Belajar dan kompetensi Dosen. Surabaya : Usaha Nasional.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gaffar, F. 1987. Perencanaan Pendidikan: Teori dan Metodologi, Jakarta : PPLPTK Depdikbud.

Hadi, Sutrisno. 2000. Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi Offset

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Handayaningrat, Soewarno. 2008. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Gunung Agung.

Hurlock, E.B. 1990. Perkembangan Anak Jilid 2 (Edisi Enam). (Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa). Jakarta : Erlangga.

Juran, JM. 1993. Kepemimpinan Mutu (Alih Bahasa oleh Edi Nugroho). Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Keliat, Budi Anna. 1992. Gangguan Konsep Diri. Jakarta : EGC.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis, dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga

Malik, Muzakil. 2010. Hubungan Antara Konsep diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal.

Malpa, Mzj. 2011. Pembentukan Konsep Diri yang Positif Pada Anak. Diakses dari http://m.kompasiana.com/post/edukasi/2011/09/05/ pembentukan-konsep-diri-yang-positif-pada-anak/. Pada tanggal 6 November 2014, Jam 18.30 WIB.

Marzuki. 2005. Metodologi Riset Panduan Penelitian Bidang Bisnis dan Sosial. Yogyakarta : Ekosiana.

Mufiz, Ali. 2004. Pengantar Administrasi Negara. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Muhammad, Abu Ibnu Abdullah. 2008. Prestasi Belajar, (Online) (http://spesialis-torch.com, diakses 22 Januari 2014).

Muhibbin, Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

---------------------. 1995. Perkembangan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh., 2005. Metode Penelitian, cetakan Keenam. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nugraheni, Yessy, dan Sukidjo. 2012. Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Sekolah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar. Jurnal.

Nurkencana. 2005. Evaluasi Hasil Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen.

Psikologizone. 2009. Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Diakses dari http://www.psikologizone.com/faktor-yang-mempengaruhi-prestasi-belajar-anak/06511161. Pada tanggal 13 Desember 2014, Jam 17.00 WIB.

Purwanto, Ngalim. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta : Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Rensi, dan Lucia Rini Sugiarti. 2010. Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Prestasi Belajar Siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal.

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineke Cipta.

Salbiah. 2006. Konsep Diri. USU : Program Studi Ilmu Keperawatan.

Sallis & Edward. 1994. Total Qualiti Management in Education. London : Kogam Pege Limited.

Santoso, Singgih. 1999. SPSS : Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta : Elex Media Komputinda.

Sanusi. Ahmad. 1992. Beberapa Dimensi Mutu Pendidikan. Bandung : FPS IKIP Bandung.

Sartika, Ikke Dewi. 1999. “Mutu Total STPDN: Kontribusi Budaya Organisasi yang Berorientasi Manajemen Mutu Total, Kepuasan Kerja dan Tahapan Mutu Terhadap Kinerja Pengelola Dosen Tetap STPDN. “ Disertai, FPS IKIP Bandung, tidak diterbitkan.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Stuart G.W. and Sundeen S.J. 2007. Principles and Practice of Psychiatric Nursing ed 5. Missouri : Mosby-Year Book, Inc.

Sudarti. 2013. Hubungan antara Kompetensi Dosen dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan. Jurnal.

Sugiarto, dkk. 2001. Teknik Sampling. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Warsiti. 2010. Hubungan Kinerja Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pendidikan IPA Di SD Pada Mahasiswa Program D2 PGSD Kampus VI Kebumen FKIP UNSTahun Akademik 2009 / 2010. Jurnal.

Downloads

Published

2017-12-21

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS