HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI HARGA DENGAN KINERJA MANAJERIAL DAN CITRA KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Yoeliastuti Yoeliastuti POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.173

Abstract

Banyak faktor yang biasa dipertimbangkan oleh calon mahasiswa untuk memilih lembaga pendidikan. Selain bidang studi dan lokasi tempat kampus berada, faktor harga atau biaya pendidikan merupakan aspek penting yang sering menjadi pertimbangan calon mahasiswa. Murah tidaknya harga pendidikan yang ditawarkan oleh sebuah pendidikan menjadi relatif setelah mempertimbangkan dengan mutu dan layanan yang diberikan oleh lembaga yang bersangkutan. Dengan mengambil sampel berukuran 100 penelitian ini bermaksud melihat pengaruh variabel persepsi harga dan  citra konsumen sebagai variabel moderator terhadap kinerja manajerial lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan Hubungan persepsi harga dengan kinerja manajerial cukup signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,563. Hubungan antara image customer dengan kinerja manajerial cukup kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0,626. Pengaruh citra konsumen terhadap hubungan antara persepsi harga dengan kinerja manajerial berpengaruh secara signifikan dimana persepsi harga menjadi berubah manakala citra konsumen menjadi pertimbangan konsumen.

 

Kata Kunci: Persepsi Harga, Citra Konsumen, Kinerja Manajerial

References

Irawan, Handi. 2002. Prinsip Kepuasan Konsumen. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Jefkins, Frank. 1992. Periklanan. Penerbit Erlangga (Terjemahan dari Harcourt College Publisher). Jakarta .

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Bumi Aksara. Jakarta.

____________dan Keller, Kevin Lane. 1999. Marketing Manajemen 12th ed. Pearson Education. New Jersey.

______________ dan Armstrong, G. 2000. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2. Erlangga. Jakarta.

Nitisemito, Alex S. 1998. Manajemen Personalia. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Silalahi, Bennet N.B. 2001. Penilaian Unjuk Kerja. LPMI. Jakarta.

Solihin, Ismail. 2001. Pengantar Manajemen. Erlangga. Jakarta.

Stanton, William J. 1998. Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi 7. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Stoner, James A.F. 2000. Manajemen Jilid Edisi Keenam. Salemba Empat. Jakarta.

Sucherly.1996. Strategi Pemasaran dalam Industri Kayu Pengergajian dan Pengaruhnya terhadap Penjualan di Propinsi Jawa Barat. Disertasi, Universitas Padjadjaran. Bandung.

Swastha, DH Basu dan Sukotjo, Ibnu. 2000. Manajemen Pemasaran Modern Edisi II. Liberty. Yogyakarta.

______________ dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Winardi. 1999. Pengantar Manajemen Penjualan. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Zeithaml. VA. Bitner MJ. 1996. Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm. 3rd Edition. McGraw Hill/Irwin. Boston.

Downloads

Published

2017-12-21

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS