Meningkatkan Skill Membaca Melalui Skimming Bagi Mahasiswa Berkemampuan Rendah di Administrasi Bisnis Politeknik LP3I Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v8i1.267Abstract
Bahasa inggris adalah salah satu bidang pendidikan yang harus dipelajari dan dikuasai oleh mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca. Dalam hal ini dikarenakan Bahasa inggris sering digunakan dalam bidang pengetahuan, teknologi, seni dan aktifitas aktifitas lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa di Politeknik LP3I Jakarta Kampus Cimone. Penulis mempunyai tiga tahap untuk mendapatkan kemajuan mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan Bahasa inggris mahasiswa melalui skimming. Tahapan pertama yang harus diberikan oleh penulis adalah memberikan teks Reading 1 yang mana jawaban dari pertanyaan diberikan dengan jawaban multiple choice dengan harapan mahasiswa dapat memilih diantara jawaban yang benar diantara essay serta pilihan diantara dua pilihan yaitu Salah dan Benar. Dan yang jenis dari teks Reading 2 dengan jawaban multiple choice yaitu mahasiswa harius memilih diantara jawaban a, b, c dan d yang paling benar dan jawaban dari pertanyaan terdiri dari 10 pertanyaan. Dan yang terakhir memberikan jenis teks Reading 3 yang mana jawaban dari pertanyaan terdiri dari jawaban essay sebanyak 10. Setelah selesai dengan melakukan tiga kegiatan tersebut temuan – temuan penelitihan dengan menggunakan cycle 1, 2, and 3. Tiap tiap cycle terdiri dari Planning, action, evaluation, and reflection. Dan peningkatan dalam penelitihan dapat diketahui pada gambar grafik. Dalam penelitihan ini Penulis mengambil jenis penelitihan Action Research. Dalam penelitihan ini penelihan dilakukan sebanyak tiga kali di Politeknik LP3I Jakarta Kampus Cimone. Mahasiswa yang sudah bergabung dalam kegiatan ini sebanyak 21 mahasiswa. Agar mengetahui peningkatan mahasiswa dalam membaca melalui skimming dan juga mendapatkan hasil yang memuaskan, penulis mendapatkan ijin untuk melakukan penelitihan dalm kelas Administrasi Bisnis. Reading pertama nilai rata rata adalah 58, Reading 2 adalah 66, and reading 2 adalah 81. Dengan hasil ini maka ada peningkatan dalam membaca melalui Skimming.
Kata Kunci : kemampuan bahasa inggris, reading, skiming
References
Bumpass.1993. Learning to read in a Foreign Language Day Richard R and Bunford. Julian Extensive reading in the second language classroom. London Cambridge University. Explanation of how to read faster for an online course in getting good grades. Also refer to homework, textbooks, performance tools. Evelin Wood speed-reading education learning, Ron Kurtus, School for champions. (revised 10 January 2001)
Gardner, R.C 1990. attitudes, motivation, and personality as predictors of success in Foreign Language learning. New Jersey : Center For applied Linguistics.
Hood Soe and Nicky Solomon. 1985. Focus on reading, Australia : National Curriculum Resources Center.
Harmer Jeremy. 1987. The Practice of English Language Teaching. New York : Longman Inc. Improving reading skills : Teaching Students to Skim and Scan. Complied byGeorge Staten. January 30, 2007
Leu. Jr. Donald J and Kinzer, Charles K. 1987. Effective Reading Instruction in the elementary Grades. Ohio : Merrill Publishing Company.
Pumprey. Peter D. 1997. The psychological assessment of Read. London : Rontledge
Thomas S. C Farrel. 2002. Planning Lesson for Reading Class Namyang ethnological University
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab