PENGARUH PROFESIONALITAS DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DOSEN DI STBA

Authors

  • Tito Laksananto Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v8i1.269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) Profesionalitas Dosen; dan (2) Motivasi Berprestasi; secara bersama-sama dengan (3) Kepuasan Kerja Kepuasan Kerja Dosen STBA. Penelitian dilaksanakan pada STBA, dengan metode penelitian survey dengan analisis korelasional. Populasi penelitian ini dosen berjumlah 225 orang dan yang dijadikan sampel sebanyak 75 orang dosen (30 untuk ujicoba dan 45 untuk penelitian), dipilih berdasarkan teknik acak sederhana (simple random sampling). Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu, (1) Kepuasan Kerja Dosen (Y), (2) Profesionalitas dosen (X1) dan (3) Motivasi Berprestasi (X2). Sebelum instrument digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument. Validitas yang digunakan untuk instrument Kepuasan Kerja dosen, Profesionalitas dosen dan Motivasi Berprestasi adalah validitas konstruk. Demikian juga koefisien reliabilitas instrumen Kepuasan Kerja Dosen, Profesionalitas dosen dan Motivasi Berprestasi dicari dengan rumus alpha cronbach (KR-21) Dalam penelitian ini terdapat tiga kesimpulan pokok, yaitu (1) terdapat hubungan positif antara Profesionalitas dengan Kepuasan Kerja Dosen STBA, (ry1) =0,527 dengan =  37,07 + 0,687 X1; (2) Terdapat hubungan Motivasi Berprestasi dengan Kepuasan Kerja Dosen (ry2) = 0,566 dengan = 40,73 + 0,787X2); dan (3) terdapat hubungan positif antara Profesionalitas Dosen dan Motivasi Berprestasi secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Dosen (ry12) = 0,641 dengan  =  -6,954 + 0.440X1 + 0,571X2. Kesimpulan : 1) makin tinggi Profesionalitas Dosen, akan makin tinggi pula Kepuasan Kerja Dosen, 2) makin tinggi Motivasi Berprestasi, akan makin tinggi pula Kepuasan Kerja Dosen dan 3) makin tinggi Profesionalitas Dosen dan makin baik Motivasi Berprestasi Dosen secara bersama-sama akan makin tinggi pula Kepuasan Kerja Dosen. Saran agar Ketua dapat memotivasi dosen dengan memberikan penghargaan dan pengakuan terhadap prestasi dosen dan dosen menyadari bahwa kepuasan kerja tidak hanya ditentukan oleh penghasilan yang diperoleh.

Kata Kunci : Profesionalitas, Motivasi Berprestasi, Kepuasan Kerja Dosen

References

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Balai Pustaka, Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2001. Jakarta : Balai Pustaka.

Crusway dan Hodge, Derek. 1995. Organizational Behaviour and Design. Terjemahan Sularno Jakarta : Alex Media Komputindo.

Davis, Keith. 1982. Human Behaviour at Work : Organizational Behaviour. 5th Edition. Metro Manila : Mc. Grow Hill Publishing ,Co. Ltd.

Denny, Richard. 1997. Sukses Memotivasi: Jurus Jitu Meningkatkan Prestasi, Jakarta: PT Gramedia.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Donelly, JH. Gibson. 1997. Organisasi. Jakarta : Binarupa Aksara.

DPR RI, Undang-Undang republik Indonesia tentang Guru dan Dosen

Fraser, T.M. 1992. Stress dan Kepuasan Kerja . Jakarta : PT. Binaman Presindo.

George dan Jones. 1996. Understanding and Managing Organizational Behaviour. Massachussets : Addison Wesley Publishing Company.

Hadiyanto, 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta; Bumi Aksara.

Handoko, T. Hani. 2006. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi kedua. Jogjakarta : BPFE.

Hasibuan, Malayu SP. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke-7. Jakarta: Bumi Aksara.

Hoy, Wayne K. dan Miskel, Cecil H. 1991. Educational Administration:Theory Research and Practice, 4th Edition, New York : McGraw Hill, Inc.

Imron, Ali, 1995. Beberapa Asumsi Pragmatik Peranan Guru, Malang: Kalimussahada Press.

J, Norman Ed. Boyan. 1988. Handbook of Research on Educational Administration. New York : Longman.

Jones, Elizabeth 1998. Transformational leadership, Minnosota : Redleaf Press.

Kartono, Kartini. 1998. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kydd, Lesley. 2004. Professional Development for Educational Management. Terjemah. Ursula Gyani, Jakarta: Grasindo.

Laporan Komisi Nasional Pendidikan, 2001. Menuju Pendidikan Dasar Bermutu dan Merata, Jakarta: Depdiknas.

Luthan, Fred. 1989. Organizational Behaviour 5th edition. New York : Mc0Grow Hill Book Company.

Makmun, Abin Syamsudin. 2000. Psikologi Pendidikan : Perangkat Sistem Pengajaran, Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1991. Metode Research Penelitian Ilmiah. Bandung : Jemmars.

Nazir, Mohamad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia indonesia.

Pidarta, Made, 1997. Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Robins, Stephen R. 1991. Controversies and Application. 5th Edition. Englewood Cliffs. New Jersey : Prentice Hall. Int.

Robinson, Philip. 1986. Beberapa Perspektif Sosiologi Pendidikan, terj. Hasan Basari. Jakarta: CV. Rajawali.

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandat Maju.

Sergiovanni, et.al, Dikutip langsung oleh Chatlines Said. 1988. Pengantar Administrasi Pendidikan, Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK.

Siagian, Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta: Rineka Cipta.

Silver, Paula F. 1992. Educational Administtration: Theorical Presfektives on Parctise and Research New York : Harper and Row.

Soetjipto dan Kosasi, 2004. Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugono, Dedy. 2004. Kamus Pelajar Sekolah Menengah Tingkat Atas, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Suprastowo, Philip. 2001. Guru Pada Era Reformasi: Kajian dalam Meningkatkan Profesional Guru, Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Supriadi, Dedi 1998. Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Sutisna, Oteng 1991. Administrasi Pendidikan, Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional, Bandung: Angkasa.

Terry, George R. 1994. Priciples Of Management,Inc Homo Wood; Richard Rirwin, Illinois.

Tilaar, HAR 2002. Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta.

Toha, Miftah. 2003. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : PT Grafindo Persada.

Usman, M. Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyusumidjio, 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta : PT Rajagrafindo.

-------. 1994. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta ; Ghalia Indonesia.

Winardi. 2002. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Wirawan, 2002. Profesi dan Standar Evaluasi, Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia & UHAMKA.

Zamroni dan Maarif, Ahmad Syafii. 2001. Pendidikan untuk Demokrasi, Jogjakarta: Biografi Publishing.

Zamroni, 2001. Pendidikan Untuk Demokrasi, Yogyakarta: Bigraf Publishing

Downloads

Published

2019-05-24

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS