KETERLIBATAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA UNTUK PENINGKATAN PELAYANAN PADA POLITEKNIK LP3I JAKRTA KAMPUS BEKASI

Authors

  • Darmawan Darmawan POLITEKNIK LP3I JAKARTA
  • Rahmi Rosita POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v5i2.32

Abstract

Keterlibatan karyawan dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk organisasi berhubungan erat dengan kinerja yang dihasilkan. Semua tentang kemauan dan kemampuan karyawan untuk memberikan upaya peningkatan berkelanjutan sangat membantu organisasi berhasil. Kinerja untuk peningkatan pelayanan dapat disimpulkan seberapa positif karyawan dalam dimensi-dimensi : Kebijakan Perusahaan dan Administrasi, Supervise, Tempat Berkerja, sebagai proaktif karyawan dalam hubungan mencapai tujuan Organisasi dalam rangka peningkatan pelayanan untuk Pelanggan, Kolega dan Stake Holder Lainnya.

Dalam hal ini “Keterlibatan”(dalam arti positif) Karyawan disadur dalam bahasa Inggris aka nada sedikit perbedaan persepsi yang dapat diartikan sebagai status “Engagement” terhadap lingkungan kerja atau perusahaan tempatnya bekerja dengan istilah “Employee Engagement” yang diperkenalakan oleh Gallup. Kondisi keterikatan tersebut adalah kondisi dimana seorang Karyawan merasa mempunyai ikatan yang sangat special dengan lingkungan kerjanya, dan oleh karena itu karyawan tersebut akan dengan suka rela akan melakukan apapun untuk kemajuan perusahaanya dengan terus berkontribusi secara optimal. Sumber daya manusia adalah harta atau aset yang paling penting dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan, karena keberhasilan organisasi sangat ditentukan oleh unsur manusia. Manusia berperan sebagai perencanaan, pelaksanaan, dan sekaligus pengendalikan terwujudnya tujuan organisasi atau perusanaan.

Kata Kunci : Keterlibatan, Engagement Employee , Sumber Daya Manusia, dan Pelayanan.

References

Robbins dan Judge, Perilaku Organisasi, Jakarta, Salemba Empat, 2007.

Robbinson, D., Perryman, S. And Hayday, S., The Drivers of Employee Engagement, Institut for Employment Studies, Brighton, 2004.

Rekomensasi Paper

Alan M. Saks, “Antecedents and Consecquences of Employee Engagement“, Journal of Managerial Psychology, Vol 21 Iss: 7 (2006) pp. 600 – 619

D. R. May, R. L, Gibson, and L.M. Harter. “The Psychological Condition of Meaningfullness, Safety and Availability and The Engagement of Human Spirit at Work“, Journal of Occupational and Organizational Psychology, Vol. 77, No. 1 (2004), pp. 11 – 37

Patrick Townsend, Joan Gebhardt, “Employee Engagement – Completely“, Human Resource Management International Digest“, Vol. 16 Iss: 3 (2008) pp. 22-24

Yoanita Yuniati, dan Sugih Arijanto, “Peningkatan Employee Engagement Pegawai Perguruan Tinggi X“, Jurnal Itenas Rekayasa, Vol. 18, No. 1 (20-14) pp. 23 – 31

Published

2017-05-09

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS