PELAKSANAAN PENDIDIKAN SOFT SKILLS PADA POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Authors

  • Dingot Hamonangan Ismail POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v5i2.33

Abstract

Pendidikan Indonesia masih bertahan dan terjebak dengan gaya hard skill. Padahal nyaris setiap hari, iklan lowongan pekerjaan di media cetak maupun di internet  menggunakan kriteria-kriteria soft skill untuk merekrut pegawainya.  Realitas  inilah yang menjadikan pendidikan di Indonesia semakin memprihatinkan. Pengangguran terdidik membludak, padahal dunia industri kesulitan mencari pekerja “siap pakai” karena yang tersedia hanya para pencari kerja yang hanya siap bekerja saja. Tujuan penelitian ini untuk melihat Proses pembelajaran soft skills di Politeknik LP3I Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian Studi Lapangan  (Field Research). Teknik    pengumpulan datanya, melalui observasi dan Studi Pustaka. Hasilnya menunjukkan bahwa konsep pendidikan soft skills di Politeknik LP3I Jakarta cukup bagus. Sayang dalam pelaksanaannya masih perlu dibenahi agar terjadi transformasi (penularan) soft skill bukan hanya pengajaran.

Kata kunci: Soft skills, Dunia Industri, Politeknik LP3I Jakarta, Pelatihan, Kepribadian, Emosional Quetions

References

Direktorat Akademik, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Pengembangan soft skills dalam proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi.

Fluer Davies, Makalah Seminar Nasional “meningkatkan kualitas Sumber daya manusia, Program Pasca Sarjana Doktor (S3), PP. SDM, 1 Juni 2016.

Kouzes & Posner A Leader’s Legacy- Menjawab Tantangan Pemimpin Masa Depan, 2007, Jakarta, Bhuana Ilmu Populer

Michalko, Michael, 2001. Cracking Creativity the Secrets of Creative Genius Business, Education, & Personal, Yogjakarta, Andi.

Mondy, R.W., 2008, ManajemenSumberDayaManusia, EdisiKesepuluh (terjemahan), Jakarta: PenerbitErlangga.

Panduan Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta

Prijosaksono, Ari wibowo dan Roy Sembel, Self Management Series, Dont Let Any Body Or Anything Control Your Life, Aplikasi Praktis Manajemen Diri dalam Kehidupan Sehari-hari, Jakarta, Sinar Harapan, 2003.

Putra, Bayu Airlangga, Handout Pelatihan dan Pengembangan untuk perkuliahan Manajemen SDM di FE Universitas Narotama.

SOP pendidikan OP-PDK-11-26 Pelaksanaan Training Soft skill, PetunjukTeknis No. 3 tahun 2013 BAB XXIII Training PembentukaKarakterMahasiswa (Training Soft skill)

Schuler, R.S. & Jackson, S.E., 2006, Human Resource Management, International Perspective, Mason: Thomson South-Western.

Sutanto, Jusuf, 2007, Kearifan Timur dalam Etos Kerja dan seni Memimpin, Jakarta, Kompas.

Wahyu Widhiarso, Dosen Fakultas Psikologi UGM Bagian Pendidikan dan Psikometri, Evaluasi Soft Skills Dalam Pembelajaran, Makalah Disampaikan pada Kegiatan Seminar dan Sarasehan “Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Umum Kependidikan” di FIP UNY tanggal 14 Februari 2009.

Werther, W.B. & Davis, K., 1996, Human Resources and Personnel Management, 5th Ed., Boston: McGraw-Hill.

Yusuf, Syahrial dan DH. Ismail Alfaruqi, 9 Kebiasaan Manusia Superbahagia, 2013, Jakarta, Lentera Ilmu Cendekia.

Published

2017-05-09

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS