EVALUASI PEMBELAJARAN MATAKULIAH KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PROYEK PADA POLITEKNIK LP3I JAKARTA KAMPUS PASAR MINGGU

Authors

  • Edi Wahyu Wibowo POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v5i2.35

Abstract

Kewirausahan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan seuatu yang baru dan berbeda melalui berpikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang dalam menghadapi tantangan hidup. Salah satu strategi pembelajaran Kewirausahaan  yang dapat membantu mahasiswa agar memiliki kreativitas berfikir, pemecahan masalah, dan interaksi serta membantu dalam penyelidikan yang mengarah pada penyelesaian masalah-masalah nyata adalah project-based learning (PBL) atau pembelajaran berbasis proyek. Evaluasi Pembelajaran Matakuliah Kewirausahaan berbasis proyek (Target Profit) pelaksanaan dengan menggunakan metode Objective Oriented Approach yang dipopulerkan oleh Tyler. Tujuan pembelajaran matakuliah Kewirausahaan pada Politeknik LP3I Kampus Pasarminggu yaitu 30% Lulusan mahasiswa menjadi pengusaha / mencapai Target Profit lebih dari Rp. 500.000,- selama semester 2 maka didapat hasil secara keseluruhan dari total 109 mahasiswa maka sebanyak sebanyak 58 mahasiswa (53%) mencapai target profit dan 51 Mahasiswa (45%) tidak mencapai target profit, hanya program pendidikan Informatika saja yang tidak mencapai target profit, jika ditelusuri maka dari gender / jenis kelamin laki-laki untuk program pendidikan informatika Komputer kurang dapat menerima pembelajaran berbasis proyek.  Pembelajaran matakuliah Kewirausahaan berbasis Proyek dapat terus dijalankan di Politeknik LP3I Jakarta Kampus Pasarminggu, dengan memberikan kombinasi strategi pembelajaran khusus untuk program pendidikan Informatika Komputer seperti strategi  Collaborative Learning.

Kata kunci : Kewirausahaan, Project Based Learning, Evaluasi Pembelajaran

References

Buck Institutute for Education. 1999. Project-Based Learning.

Chr. Argo Widiharto, Wiwik Kusdaryani, Agus Setiawan . 2015. Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Psikologi Kewirausahaan dalam Meningkatkan Sikap Entrepreneur Mahasiswa Semester VII BK

Cord, 2001. Contextual Learning Resource. http://www.cord.org. Diakses 3 Desember 2006

Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Desi Handayani. 2010. Pembelajaran Berbasis Projek Pada Perkuliahan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Pembelajaran Kewirausahaan

Doppelt, Y. 2003. Implementation and assessment of project-basd learning in flexible environment. Instructional Journal of Technology and Design Education. Volume 13 Page 255-272. 16

Esche, S.K. 2002. Project-Based Learning (PBL) in a Course on Mechanisms and Machine Dynamics. World Transactions on Engineering and Technology Education. Volume I. No. 2. 201-204. http://www.eng. monash.edu.au. Diakses 29 Juni 2008.

Gabriella Bodnar dan Judit Hazy. 2000. Experiences of Project-Based Teaching Applied In The Field of Psychology. Journal Social Management Science. 2000. Volume VII. Page 173-190

Gaer, S. 1998. What is Project-Based Learning?. http://members.aol.com

I Nyoman Doni Pramana. 2000 . Evaluasi Pendidikan

Koch, Chlosta. S, & Klandt. H. 2006. Project Seminar Business Plan Development-An Analysis Of Integrative Project-Based Project-Based Entrepreneurship Education. Journal of Asia Entrepreneurship and Sustainability. Volume II (2). May. Page 1-16.

Lasonen, Johanna, Vesterinen, & Pirkko. 2000. Finland Work-Based Learning in Vocational Higher Education Programmes: A Finish Case of Project Learning. Paper Presentation. Institut for Educational Research University of Jyvakyla. Page 3-18.

Lilik Maftuhatin . 2000. Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dikelas Inklusif di SD Plus Darul Ulum Jombang

Marta Peris Ortiz . 2016 . Education Tools for Entrepreneurship Creating an Action-Learning Environment through Educational Learning Tools. Newyork:Springer.

Okudan. Gul E. dan Sarah E. Rzasa. 2004. A Project-Based Approach to Entreprenurial Leadership Education. Journal Technovation. Desember. Volume XX. Page 1-16.

Rukka, Muhammad Rusli. 2011. Buku Ajar Kewirusahaan -1.. Makassar :Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan Universitas Hasanuddin.

Rosenfeld, Sherman; Benhur, Yehuda. 2001. Project-Based Learning (PBL) In Science and Technology: A Case Study of Professional Development. Journal of Action Research and Professional Development. Volume II. Page 460-480.

Sudijono. Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

The George Lucas Educational Foundation .2005.Instructional Module ProjectBased Learning. http://www.edutopia.org/modules/PBL /whatpbl.php Diakses tanggal 27 September 2008.

Thomas, J.W., Margendoller, J.R., & Michaelson, A. 1999. Project-Based Learning: A. Handbook for Middle and High School Teachers. http://www.bgsu.edu/organizations/ctl/proj.html.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. Retrieved 18 July 2005 from http://www.autodesk.com/foundation

Wilson,G. Brent. 1996. Constructivist Learning Environment Educational Technology. Publications Englewood Cliffs. New Jersey.

Published

2017-05-09

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS