PENGARUH PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA/I POLITEKNIK LP3I JAKARTA DALAM MENERIMA BERBAGAI STUDI KASUS BARU

Authors

  • Hadi Purnama Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i1.351

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pembelajaran Microsoft Office Terhadap Kemampuan Mahasiswa/I Politeknik LP3I Jakarta Dalam Menerima Berbagai Studi Kasus Baru”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran microsoft office terhadap kemampuan mahasiswa/i dalam menerima berbagai studi kasus-studi kasus baru didalam pembelajaran yang dilakukan di Politeknik LP3I Jakarta. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah sebagian mahasiswa/i Politeknik LP3I Jakarta kampus cikarang dari tingkat 1, 2, dan 3 dari beberapa kelas, yang berjumlah 240 mahasiswa  dan teknik sampling  yang digunakan yaitu dengan simple random sampling  yang menghasilkan sample sebanyak 70 mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan analisis data yang digunakan yaitu regresi sederhana. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif  pembelajaran microsoft office terhadap kemampuan mahasiswa/i sebesar 13,7% (koefisien R Square 0,137). Terdapat korelasi positif antara pembelajaran microsoft office terhadap kemampuan mahasiswa/i yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi (R) sebesar 37% ( 0,371) dan terkategori rendah. Indikator pembelajaran microsoft office  memiliki pengaruh yang rendah terhadap kemampuan mahasiswa/i.

Kata Kunci : Pembelajaran, Microsoft Office, Kemampuan menerima studi kasus baru

References

Banding Hadi Pranata. 2016. Analisis Penggunaan Program Microsoft Office Power Point Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di Kelas X APKI SMKN 1 Surabaya. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

Creswell, W, John. 2016. Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta. Pustaka Belajar

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran (Perspektif Guru dan Siswa). Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Marisa, dkk. 2014. Komputer dan Media Pembelajaran. Banten. Universitas Terbuka

Maryatun. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. ISSN: 2442-9449 Vol.3.No.1 (2015) 1-13

Rahma Faelasofi. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Office Power Point Pada Pokok Bahasan Peluang. STKIP Muhammadiyah Pringsewu Jurnal e-DuMath Volume 1 No. 1, Januari 2015

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Predana Media Group

Setiawan, Rony. 2008. Aplikasi Komputer Untuk Perkantoran Modern. Yogyakarta. Graha Ilmu

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta

Downloads

Published

2020-05-31

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS