PENGARUH PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA/I POLITEKNIK LP3I JAKARTA DALAM MENERIMA BERBAGAI STUDI KASUS BARU
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i1.351Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pembelajaran Microsoft Office Terhadap Kemampuan Mahasiswa/I Politeknik LP3I Jakarta Dalam Menerima Berbagai Studi Kasus Baru”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran microsoft office terhadap kemampuan mahasiswa/i dalam menerima berbagai studi kasus-studi kasus baru didalam pembelajaran yang dilakukan di Politeknik LP3I Jakarta. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah sebagian mahasiswa/i Politeknik LP3I Jakarta kampus cikarang dari tingkat 1, 2, dan 3 dari beberapa kelas, yang berjumlah 240 mahasiswa dan teknik sampling yang digunakan yaitu dengan simple random sampling yang menghasilkan sample sebanyak 70 mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan analisis data yang digunakan yaitu regresi sederhana. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif pembelajaran microsoft office terhadap kemampuan mahasiswa/i sebesar 13,7% (koefisien R Square 0,137). Terdapat korelasi positif antara pembelajaran microsoft office terhadap kemampuan mahasiswa/i yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi (R) sebesar 37% ( 0,371) dan terkategori rendah. Indikator pembelajaran microsoft office memiliki pengaruh yang rendah terhadap kemampuan mahasiswa/i.
Kata Kunci : Pembelajaran, Microsoft Office, Kemampuan menerima studi kasus baru
References
Banding Hadi Pranata. 2016. Analisis Penggunaan Program Microsoft Office Power Point Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di Kelas X APKI SMKN 1 Surabaya. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
Creswell, W, John. 2016. Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta. Pustaka Belajar
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran (Perspektif Guru dan Siswa). Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Marisa, dkk. 2014. Komputer dan Media Pembelajaran. Banten. Universitas Terbuka
Maryatun. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. ISSN: 2442-9449 Vol.3.No.1 (2015) 1-13
Rahma Faelasofi. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Office Power Point Pada Pokok Bahasan Peluang. STKIP Muhammadiyah Pringsewu Jurnal e-DuMath Volume 1 No. 1, Januari 2015
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Predana Media Group
Setiawan, Rony. 2008. Aplikasi Komputer Untuk Perkantoran Modern. Yogyakarta. Graha Ilmu
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV. Alfabeta
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab