KUALITAS PELAYANAN DAN STARTEGI MARKETING TERHADAP KEPUASAN PADA SURIA CITY HOTEL BANDUNG

Authors

  • Iman Sulaeman POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v5i2.37

Abstract

Suria City Hotel adalah sebuah perusahaan di kota Bandung, yang bergerak di bidang sewa kamar, restoran, kolam renang dan tempat meetng. Sebagaimana hotel pada umumnya, Suria City Hotel dengan karakteristik yang melekat pada syariah sebagai hotel, mencoba untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan memberikan kualitas yang sangat baik layanan dan harga yang kompetitif untuk mencapai kepuasan pelanggan yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mencoba untuk mencari tahu seberapa besar kualitas layanan yang disediakan dan jenis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Suria City Hotel agar kepuasan pada pengunjung dapat dipenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan strategi pemasaran terhadap kepuasan di Suria City Hotel. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 responden dari tamu atau pengunjung dalam menggunakan layanan dari Suria City Hotel dengan metodologi penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode analisis regresi untuk membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan variable pemasaran strategi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Strategi Pemasaran, Kepuasan

References

Basu Swastha. 2002. Azas- Azas Marketing. Edisi Ketiga. Cetakan Kelima. Penerbit Liberty Yogyakarta

Brata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo Jakarta

Cresswell, John w. 2014. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar Yogyakarya

Diputra, Yudha Bagdja. 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa dan Penetapan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Hotel Arwana di Jakarta.Universitas Bina Nusantara Jakarta

Djunaidi,2008.Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia Jakarta

Guiltinan, Joseph P. dan Paul Gordon. 1994. Manajemen Pemasaran :Strategi dan Program. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Irawan dan Dharmmesta. 2004. Manajemen Pemasaran Modern. Pustaka Pelajar Yogyakarta

Kertajaya, Hermawan. 2005. Hermawan Kertajaya on Marketing Mix. PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran . Jilid 1 dan 2 Edisi 12 .Jakarta : Penerbit Erlangga

Kotler, Philip. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran, alih bahasa oleh Alexander Sundoro. Jilid 2.Jakarta : Prenhallindo.

Kotler, Philip. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran, alih bahasa oleh Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusli. Jilid 2.Jakarta : Prenhallindo

Lewis, B.R., dan Mitchell, V.W. 1990. Defining and Measuring The Quality of Customer Service.Marketing Intelligence and Planning. Vol.8

Lovelock, Christopher H. dan Laurent K. Wright. 2007. Management Pemasaran. PT. Indeks Indonesia Jakarta

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat Jakarta.

Nainggolan, Nora Pitri. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Faktor Emosional, dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Hotel Internasional Sibayak Berastagi. Skripsi. Universitas Putera Batam.

Neuman, W. Lawrence. 2006. Social Research Methods,6th edition. New York, Pearson.

Nitisemito, Alex. 2005. Manajemen Personalia. Ghalia Indonesia Jakarta

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. dan Berry, L.L .2008. Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Exxpections, The free Press, New York: NY

Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik. Alfabeta Bandung

Poerwanto. 2006. New Business Administration. Pustaka PelajarYogyakarta.

Rangkuti, Freedy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta Bandung

Sulistiono, Ari Budi. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi terhadap Keputusan Menginap (studi kasus pada konsumen Hotel Srondol Indah Semarang). Skripsi.Universitas Diponegoro Semarang.

Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rhineka Cipta Jakarta

Tedjasatesan.2001. Strategi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa. Alfabeta Bandung

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2007. Manajemen Jasa. Penerbit Andi Yogyakarta

Winardi. 2007. Manajemen Kinerja. PT.

Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Published

2017-05-09

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS