KUALITAS PELAYANAN DAN STARTEGI MARKETING TERHADAP KEPUASAN PADA SURIA CITY HOTEL BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v5i2.37Abstract
Suria City Hotel adalah sebuah perusahaan di kota Bandung, yang bergerak di bidang sewa kamar, restoran, kolam renang dan tempat meetng. Sebagaimana hotel pada umumnya, Suria City Hotel dengan karakteristik yang melekat pada syariah sebagai hotel, mencoba untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan memberikan kualitas yang sangat baik layanan dan harga yang kompetitif untuk mencapai kepuasan pelanggan yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mencoba untuk mencari tahu seberapa besar kualitas layanan yang disediakan dan jenis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Suria City Hotel agar kepuasan pada pengunjung dapat dipenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan strategi pemasaran terhadap kepuasan di Suria City Hotel. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 responden dari tamu atau pengunjung dalam menggunakan layanan dari Suria City Hotel dengan metodologi penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode analisis regresi untuk membuktikan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan variable pemasaran strategi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Strategi Pemasaran, Kepuasan
References
Basu Swastha. 2002. Azas- Azas Marketing. Edisi Ketiga. Cetakan Kelima. Penerbit Liberty Yogyakarta
Brata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo Jakarta
Cresswell, John w. 2014. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar Yogyakarya
Diputra, Yudha Bagdja. 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa dan Penetapan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Hotel Arwana di Jakarta.Universitas Bina Nusantara Jakarta
Djunaidi,2008.Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Ghalia Indonesia Jakarta
Guiltinan, Joseph P. dan Paul Gordon. 1994. Manajemen Pemasaran :Strategi dan Program. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Irawan dan Dharmmesta. 2004. Manajemen Pemasaran Modern. Pustaka Pelajar Yogyakarta
Kertajaya, Hermawan. 2005. Hermawan Kertajaya on Marketing Mix. PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran . Jilid 1 dan 2 Edisi 12 .Jakarta : Penerbit Erlangga
Kotler, Philip. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran, alih bahasa oleh Alexander Sundoro. Jilid 2.Jakarta : Prenhallindo.
Kotler, Philip. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran, alih bahasa oleh Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusli. Jilid 2.Jakarta : Prenhallindo
Lewis, B.R., dan Mitchell, V.W. 1990. Defining and Measuring The Quality of Customer Service.Marketing Intelligence and Planning. Vol.8
Lovelock, Christopher H. dan Laurent K. Wright. 2007. Management Pemasaran. PT. Indeks Indonesia Jakarta
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat Jakarta.
Nainggolan, Nora Pitri. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Faktor Emosional, dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Hotel Internasional Sibayak Berastagi. Skripsi. Universitas Putera Batam.
Neuman, W. Lawrence. 2006. Social Research Methods,6th edition. New York, Pearson.
Nitisemito, Alex. 2005. Manajemen Personalia. Ghalia Indonesia Jakarta
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. dan Berry, L.L .2008. Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Exxpections, The free Press, New York: NY
Pasolong, Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik. Alfabeta Bandung
Poerwanto. 2006. New Business Administration. Pustaka PelajarYogyakarta.
Rangkuti, Freedy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta Bandung
Sulistiono, Ari Budi. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi terhadap Keputusan Menginap (studi kasus pada konsumen Hotel Srondol Indah Semarang). Skripsi.Universitas Diponegoro Semarang.
Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rhineka Cipta Jakarta
Tedjasatesan.2001. Strategi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa. Alfabeta Bandung
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2007. Manajemen Jasa. Penerbit Andi Yogyakarta
Winardi. 2007. Manajemen Kinerja. PT.
Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab