PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dan menganalisis sejauh mana pengaruh pandemi covid-19 terhadap UMKM yang ada di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data sekunder dari hasil penelitian, referensi dan berita online yang terkait langsung dengan penelitian ini. Sejak merebaknya virus corona atau yang dikenal dengan pandemi covid-19 terjadilah penurunan omzet pelaku UMKM yang sangat signifikan.Terdapat beberapa lapangan usaha UMKM yang terkena dampak yang paling besar yaitu penyedia akomodasi, pariwisata, dan makan minum, perdagangan besar dan eceran, serta reparasi sepeda motor dan transportasi dan perdagangan. Berdasarkan data yang diolah P2E LIPI, dampak penurunan pariwisata terhadap UMKM yang bergerak dalam usaha makanan dan minuman mikro mencapai 27%. Sedangkan dampak terhadap usaha kecil makanan dan minuman sebesar 1,77%, dan usaha menengah di angka 0,07%. Pengaruh virus COVID-19 terhadap unit kerajinan dari kayu dan rotan, usaha mikro berada di angka 17,03%. Untuk usaha kecil di sektor kerajinan kayu dan rotan 1,77% dan usaha menengah 0,01%. Sementara itu, konsumsi rumah tangga juga akan terkoreksi antara 0,5% hingga 0,8%. Perkembangan digital dalam globalisasi sangat berpengaruh pada roda ekonomi termasuk pasar ritel. Hasil penellitian menunjukkan bahwa UMKM adalah jenis usaha perekonomian yang paling banyak terdampak dari pandemic covid-19 meliputi indusri automotif, industri baja, peralatan listrik, industri tekstil, kerajinan dan alat berat, pariwisata. Sedangkan industri yang mampu bertahan di masa pandemic covid-19 adalah 1. UMKM yang mampu mengadaptasikan bisnisnya dengan produk-produk inovasi2. Industri ritel yang mampu bertahan , hal ini dikarenakan sebagian memanfaatkan penjualan melalui marketing digital 3. Industri lain yang mampu bertahan dimasa pandemi covid 19 adalah industri yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan dasar, antara lain listik, air bersih, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, otomotif dan perbankan. Industri yang mengalami perkembangan selama masa pandemic covid-19 adalah pangan, farmasi, teknologi Informasi dan komunikasi.
Kata kunci : Pandemi, COVID-19, UMKM
References
Anoraga, Panji, 2010, Ekonomi Islam Kajian Makro dan Mikro, Dwi Chandra Wacana, Yogjakarta
Baldwin, R., Tomiura, E, 2020, Thinking ahead about the trade impact of COVID-19, CEPR Press VoxEU. Org
Bhargavaa, A., Dean T. Jamisonb, Lawrence J. Lauc, Christopher J.L. Murray, 2020, “Modeling the effects of health on economic growth”, Journal of Health Economics. 20, 423–440
Casalino, N and Żuchowski, I and Labrinos, N and Munoz N, Ángel L and Martín-J, José A. (2020). Digital Strategies and Organizational Performances of SMEs in the Age of Coronavirus: Balancing Digital Transformation with An Effective Business Resilience. Law and Economics Yearly Review Journal – LEYR
Elisa M. Maffioli, 2020, How is the World Responding to the 2019 Coronavirus Disease Compared with the 2014 West African Ebola Epidemic? The
Fahmi Ahmad Burhan, 2020, Beda Cara Gojek dan Grab Tekan Dampak Pandemi Corona terhadap Mitra, https://katadata.co.id/berita/2020/04/01/beda-caragojek-dan-grab-tekan-dampak-pandemi-corona-terhadap-mitra, diakses 5 April 2020, pukul 13.10
http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3557544. diakses 25 Maret 2020
https://ssrn.com/abstract=3548292, diakses 26 maret 2020
Importance of China as a Player in the Global Economy, Am. J. Trop. Med. Hyg., 00(0), pp. 1–2 doi:10.4269/ajtmh.20-0135
Khan, N., Faisal, S. 2020, Epidemiology of Corona Virus in the World And Its Effects on The China Economy, Electronic copy available at:
Koshle, H., Kaur, R. Basista. R, 2020, Breakdown of Business and Workers in India, Impact of Corona Virus, March 19, available at
McKibbin , W., Fernando R., 2020, The Global Macroeconomic Impacts of COVID-19: Seven Scenarios, CAMA Centre for Applied Macroeconomic Analysis , 29 February 2020, P. 1-43, Australian National University, ISSN 2206-0332
Sandhusen, R. 2008. Marketing. Hauppauge, N.Y: Barron’s Educational Series Inc., U.S..
Sekaran, Uma. 2011. Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis), Salemba Empat, Jakarta
Suci, Fellyanda. 2020. Cerita Lengkap Asal Mula Munculnya Virus Corona di Wuhan
Taufik, Prasilowati, S., L., 2019, “Terror Management, Economic Growth and Islamic Perspective toward the World Peace”, Proceedings 3rd Indonesia International Defence Science Seminar 2019, Volume 5, Pages 74-82, ISBN 978-602-5808-52-4, Indonesia Defense University. http://www.iidss.org/proceeding/
Teguh Santoso, Mitigasi Dampak Ekonomi Virus Corona, Diambil dari https://news.detik.com/kolom/d-4913486/mitigasi-dampak-ekonomi-viruscorona, diakses 27 Februari 2020, pukul 09.34
Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia, Jurnal SALAM. Vol 7, No 3 P-ISSN: 2356-1459 E-ISSN: 2654-9050.
Ying Liu, Albert A. Gayle, Annelies Wilder-Smith and Joacim Rocklöv, 2020. “The reproductive number of COVID-19 is higher compared to SARS coronavirus”. Journal of Travel Medicine, 1-4, doi: 10.1093/jtm/taaa021
Zaharah Z, Galia Ildusovna Kirilova, Anissa Windarti, 2020. Impact of Corona
Zunyou Wu, Jennifer M. McGoogan, 2020, “Characteristics of and Important Lessons From the Coronavirus Disease, 2019 (COVID-19) Outbreak in China”, Journal American Medical Association, JAMA, February 24, 1-4
Sumber Lain-lain
https://travel.kompas.com/read/2020/03/16/210300127/update-daftar-30-tempatwisata-di-jakarta-yang-tutup-untuk-cegah-penyebaran. Diakses 22 Maret 2020, pukul 10.15.
https://travel.kompas.com/read/2020/03/16/210300127/update-daftar-30-tempatwisata-di-jakarta-yang-tutup-untuk-cegah-penyebaran. Diakses 24 Maret 2020.
https://www.kemendag.go.id/id/newsroom/press-release/dampak-perdaganganglobal-melambat-dan-mewabahnya-covid-19-mendag-ajak-kadin-danakademisi-perkuat-ekspor-dan-perdagangan-dalam-negeri-1, diakses 20 Maret 2020, pukul 13.10.
https://bixbux.com/6-hal-yang-harus-dilakukan-perusahaan-di-era-digital/By Wientor Rah Mada - On Dec 31st 2012 - in Marketing
https://hbr.org/2020/03/what-coronaviruscould-mean-for-the-globaleconomy
http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-pasar-modern-danciricirinya.html https://percikaniman.id/2020/03/16/socialdistancing-adalah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab