ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN MOTIVASI KARYAWAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.404Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kepercayaan terhadap kinerja perusahaan dan pengaruh motivasi terhadap kinerja perusahaan serta pengaruh secara simultan kepercayaan dan motivasi terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian eksplanatori yang juga bersifat korelasional, dengan metode survey menggunakan kuesioner dimana yang menjadi responden adalah Unit LP3I College. populasi dari penelitian ini adalah sebanyak 55 orang, kemudian melalui rumus Slovin ditetapkan sampel sebesar 48 responden. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan uji hipotesis kausal. Pada uji deskriptif menunjukkan kepercayaan dan motivasi karyawan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan begitu juga pada Uji Hipotesis melalui SPSS yaitu pada hipotesis (1) Nilai t = 12,755 lebih besar dari t tabel 1,65 dan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05, oleh karena itu H0 ditolak dan H1 diterima artinya kepercayaan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Hipotesis (2) Nilai t = 12,022 lebih besar dari t tabel 1,65 dan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05, oleh karena itu H0 ditolak dan H1 diterima artinya motivasi berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. hipotesis (3) Nilai F = 124,530 lebih besar dari t tabel 3,94 dan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05, oleh karena itu H0 ditolak dan H1 diterima artinya kepercayaan dan motivasi karyawan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.
Kata Kunci: Trust, Motivasi, Kinerja Perusahaan
References
Alfred M. Pelham, (1997) "Market orientation and performance: the moderating effects of product and customer differentiation", Journal of Business & Industrial Marketing, Vol. 12 Issue: 5, pp.276-296.
Atkinson, Anthony A., Rajiv D. Banker, Robert S. Kaplan, and S. Mark Young . 1995. 1 st ed. Management Accounting. Englewood Cliff, New Jersey : Prentice Hall, Inc.
Baldauf et al. 2001. "Examining Business Strategy, Sales Management, and Salesperson Antecendents of Sales Organization Effectiveness", Journal of Personal Selling & Management, Vol. XXI, Number 2 (Spring), p. 109- 222.
Bass, B.M., B.J. Avolio, D.I. Jung & Y. Berson. (2003). Predicting unit performance by assessing transformational and transactional leadership. Journal of Applied Psychology. Vol. 88, No. 2, pp. 207-218.
Bintoro, & Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan (1st ed.). Yogyakarta: Gava Media.
Budiman, N. P., Saerang, I. S., & Sendow, G. M. (2016). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. 4(4), 321–332.
Budiman & Riyanto,A. (2013). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan sikap dalam penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika
Bowers, D. (1976), Systems of Organization, University of Michigan, Ann Arbor, MI.
Campbell, J.P., Dunnette, M.D., Lawler, E.E. and Weick, K.E. (1970), Managerial Behaviour, Performance and Effectiveness, McGraw-Hill, New York, NY.
Chakravarthy (1986), Measuring Strategic and performance, Strategic management Jurnal 7 (5), 437 – 458.
Cornelia Dröge, Shawnee K. Vickery and Robert E. Markland, (1994), Sources and Outcomes of Competitive Advantage: An Exploratory Study in the Furniture Industry, Decision Sciences, 25:5/6.
Darmawan, D. H. (2013). Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya: Pena Semesta.
Dess, Gregory R., dan G.T. Lumpkin. 2003. Strategic Management. International Edition. McGraw Hill.
Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Droge, C.& Vickrey, Shownee. (1994). Source and Outcomes of Competitive Advantage: An Explanory Study in The Furniture Industry. Decision Sciences, p.669-689.
Field, G.R. and Ableson, M.A. (1982), ``Climate: a reconceptualization and proposed model'', Human Relations, Vol. 35 No. 3, pp. 191-201.
Ferdinand, Augusty. (2000). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Fletcher, B. and Jones, F. (1992), ``Measuring organizational culture: the cultural audit'',
Flavian dan Giunaliu.2007. Measure onweb usability Website. Journal of Computer Information Systems 48 (No.1) hal 17-23
Garbarino, E and Johnson, M.S. 1999. The Different Roles of Satisfaction, Trust, and Commitment in Customer relationships. Journal of Marketing, Vol. 63, April: 70-87.
Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara
Herman, H. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Torindo Internusa Batam. 5.
Heryenzus, & Laia, R. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Karyawan Sebagai Variabel Intervening Pada PT Bank Negara Indonesia Cabang Batam. 6, 21.
Irfan Bahar Nurdin, (2018), Faktor-Faktor Motivasi Kerja Pada Karyawan Lembaga Huda Group Di Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, STAI Al Hidayah Bogor, Islamic Management; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.I, No.1, Januari 2018.
Jurnal pengaruh motivasi, disiplin kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Benwin Indonesia di kota batam sherlie1, hikmah2 universitas putera batam, Motivasi Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 5 Nomor 1 2020,
Katidjan, P. S., Pawirosumarto, S., & Isnaryadi, A. (2017). Pengaruh Kompensasi, Pengembangan Karir dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. VII, 446
Kaplan, R.S.; Norton, D.P. (2000). Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kotter, J.P. and Heskett, J.L. (1992). Corporate Culture and Performance, Free Press,New York Kotler,Philip dan Keller, Kevin Lane, “Manajemen Pemasaran” Jilid 1 dan 2 edisi 13 tahun 2009, Penerbit Erlangga dicetak PT. Gelora Aksara pratama. Original ISBN : 978-0-13-600998-6
Liando, L., Tewal, B., & Walangitan, M. D. (2016). Pengaruh Kompensasi, Komunikasi, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Telkom Tbk Manado. 4(5), 433–446.
Lidia Lusri dan Hotlan Siagian (2017), Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Pt. Borwita Citra Prima Surabaya, Agora Vol. 5, No. 1,
Maharani, Astri Dhiah, Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Syariah Cabang Semarang (Skripsi), Semarang: Universitas Diponegoro Semarang, 2010
Matsuno, Ken dan Mentzer, John T, 2000, "The Effects of Strategy Type on the Market Orientation - Performance Relationship", Journal of Marketing, Vol. 64, October, p; 1-16.
Miner, B. John, 1980, Theories of Organizational Behavior, Ilionois: The Dryden Press. Narver, John C dan Slater, Stanley F, 1990, "The Effect of a Market Orientation on Business Profitability", Journal of Marketing, October, p; 20-35.
Menon, A, Jaworski, B.J, and Kohli, A.K. (1997). Product Quality: Impact Interdepartemental Interactiuons. Journal of The Academy of Marketing Science, Vol. 25.
Murtiyoko, H. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. 1(4), 117–128. 8) Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.; L. Malyani, ed.). Bandung: Yrama Widya.
Narver,J.,Slater,S., 1994, Does Competitive Environment Moderate the Market Orientation – Performance Relationship, Journal of Marketing, vol 58
Nur Pribadiyanto, Mudiantono dan Utami Tri S (2004), “Analisis Faktor – Faktor Orientasi Pasar Yang Mempengaruhi Kualitas Layanan dan Relevansinya Terhadap Kinerja Perusahaan”, Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, Vol. 1 No. 2 Mei, Hal. 50 – 60
Rao, Purba, 1996, "Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis", The Asian Manager (February - March)
Rezsa, Primanda. 2008. Pengaruh Budaya Organisasi, Locus of control dan penerapan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Aparat Unit-unit Pelayanan Publik. Surakarta.
Robbins, S. P. “Organisational behavior” : global and Southern African perspectives. Cape Town, Pearson Education South Africa (2006).
Satriani, Sodik, Nasharudddin Mas,(2020) Analisis Motivasi & Lingkungan Kerja Serta Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat & Pemerintah Desa Kabupaten Konawe, Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6, Nomor 1, Maret 2020, Program Pascasarjana Universitas Widyagama Malang.
Suparwati, Y. K. & Atiningsih, S. (2018). Pengaruh Corporate Governance dan Leverage Terhadap Integrtias Laporan Keuangan . Vol. 9, No. 2, ISSN: 2086-3748, 110-124.
Scott, George M, 1999, "Top Priority Management Concerns About New Product Development", Academy of Management Executive, Vol. 13 No. 3, p; 77-84
Sekaran, U. 2006. Research methods for business: metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi keempat. Salemba Empat, Jakarta.
Singarimbun dan S. Efendi. 1996, Metode Penelitian Survei, PT. Pustaka LP3ES, Jakarta.
Sugiyono, 1999, "Metode Penelitian Bisnis", Alfabeta, Bandung.
Verni Kurniasari dan Gesti Memarista, (2017), Analisis Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada PT. Aditya Sentana Agro), Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra, AGORA Vol. 5, No. 1, (2017)
Walker, Orville C. Jr, 1992, "Marketing Strategy - Planning and Implementation",Wahyono, 2002, Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.1, No.1, Mei.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab