PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI BISNIS INDONESIA (Survei Pada Politeknik LP3I Jakarta Kampus Pondok Cabe)
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i3.450Abstract
Kedisiplininan merupakan salah satu aspek yang menjadi faktor meningkatnya prestasi belajar. Untuk menciptakan kedisiplinan di lingkungan kampus maka perlu ditetapkan sikap disiplin terhadap semua aktivitas yang berkaitan dengan mahasiswa, dosen dan staf. Di samping kedisiplinan, faktor lain yang berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar Korespondensi Bisnis Indonesia adalah motivasi belajar mahasiswa. Motivasi belajar mahasiswa merupakan modal bagi dosen dalam menjalankan tugas dan fungsi yang diembannya. Motivasi belajar mempengaruhi keberhasilan belajar mahasiswa. Hal ini disebabkan motivasi belajar dapat memberikan dorongan kepada mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar. Mahasiswa yang mempunyai motivasi rendah maka akan malas untuk belajar dan akibatnya perolehan nilai hasil belajarnya akan menurun pada umumnya dan prestasi belajar Korespondensi Bisnis Indonesia pada khususnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Korespondensi Bisnis Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/mahasiswi Politeknik LP3I Jakarta Kampus Pondok Cabe. Sampel yang dipilih sebanyak 70 orang dilakukan dengan teknik acak sederhana (simple random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket berupa kuesioner langsung kepada anggota sampel. Analisis data menggunakan statistik deskriptif seperti mean, median, standar deviasi dan statistika inferensial yaitu mencari koefisien korelasi dan regresi dengan uji t dan uji F. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2021- Mei 2021. Hasil penelitian menunjukan: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Korespondensi Bisnis Indonesia mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta Kampus Pondok Cabe. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig. 0,000<0,05 dan Fh=17,281. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar Korespondensi Bisnis Indonesia mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta Kampus Pondok Cabe. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig. 0,018<0,05 dan th=2,418. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar Korespondensi Bisnis Indonesia mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta Kampus Pondok Cabe. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig. 0,006<0,05 dan th=2,810.
Kata Kunci: Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Korespondensi Bisnis Indonesia.
References
A.M. Sardiman.(2011). “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta: Rajawali.
Abbas, Syahrizal. (2008). “Manajemen Perdosenan Tinggi”. Jakarta: Prenada Media Group.
Abdurrahman. (1994). “Pengelolaan Pengajaran”. Ujung Pandang: CV. Bintang Selatan.
Amudi, Pasaribu. (1983). “Pengantar Statistik”. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Arifin, Zaenal. (2009). “Evaluasi Pembelajaran”. Bandung: PT. Remaja Rosdda Karya.
Arikunto, Suharsimi. (2012). “Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djamarah. (2002). “Teori Motivasi”. Edisi 2 (ed.2). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Freeth D. (2002). “A Critical Review of Evaluation of Interprofessional Education Learning anf Teaching Support Network for Health Sciences and Practice”. London.
Freeth, D., Hammick, M. Koppel, I. Reeves, S. Barr, H. (2002). “A Critical Review of Evaluations of Interprofessional Education”. LTSN: London.
Freeth, D. Reeves, S. (2004). “ Learning to work together: using the presage, process, product (3P) model to highlight decisions and ossibilities
journal of interpersonal care”.
Good, T.L. Brophyandjere, E. (1990). “Educational Psycology A Realistic Approach”. New York & London: Longman.
Hamalik, Oemar. (2009).”Proses Belajar Mengajar”. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. (2007). “Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan”. Jakarta : Bumi Aksara.
Hidayat, Syarif dan Asrori. (2013). “ManajemenPendidikan”. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Irwan, Prasetyo. Suciati dan IGK Wardani. (1996). “Teori Belajar, Motivasi dan Keterampilan Mengajar”. Jakarta: Universitas Terbuka.
Iskandar. (2009). “Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial”. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kompri. (2015). “Motivasi Pembelajaran Perspektif Dosen dan Mahasiswa”. Bandung: Rosda Karya.
Majid, Abdul. (2011). “Perencanaan Pembelajaran”. Bandung: Remaja Rosda Karya.Majid.
Mudjiman, Haris. (2006). “Belajar Mandiri”. Surakarta: UNS Press. Mustaqim. (2008). Sikologi Pendidikan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Once. (2008). Peningkatan Kemampuan Dosen Dalam Proses Pembelajaran.Jakarta: UBM
Once. (2008). “Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Proses Pembelajaran”. Jakarta: UBM.
Purwanto, N. (2007). Sikologi Pendidikan”. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ramden, P. (1992). “Learning to Teach in Higher Education”. London & New York: Routledge.
Roebyanto. (2008). “Hubungan antara Minat Membaca dengan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Psikologi Kepribadian Mahasiswa Fakultas Psikologi “ABC”. Jakarta: Jurnal. Psibernetika. Vol. 1. No. 1, Hal.43-
; ISSN: 1979-3707.
Rosman. (2013). “Model-Model Pembelajaran”. Jakarta: Raja Grafindo Persada. edisi kedua.
Sangarimbun, Masri. (1998). “Metode Penelitian Survei”.Yogyakarta: LP3ES.
Slameto. (2015). “Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi”. Jakarta: Rieneka Cipta.
Sudjiono, Anas. (2012). “Evaluasi Pendidikan”. Raja Grafindo Persada.
Suharyono. (1991). “Strategi Belajar Mengajar”. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sumaryoto. (2015). “Panduan Penulisan Skripsi dan Tesis”. Jakarta: Unindra Press.
Suparman. (2014). “Aplikasi Komputer”. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Syah, Muhibbin. (2011). “Psikologi Pendidikan”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tirtahardja, Umar dan S.L.La Sulo. (2008). “Pengantar Pendidikan”. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab