PERCEIVE QUALITY POSITIF MEMPERKUAT BRAND EQUITY DAN BERDAMPAK PADA LOYALITAS MAHASISWA POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Authors

  • Herawati Tardan Politeknik LP3I Jakarta
  • Euis Winarti Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.451

Abstract

Riset  ini bertujuan untuk melihat pengaruh Brand Awareness, Brand Perceive Quality dan Brand Association dari   Brand Equity di Politeknik LP3I Jakarta yang berdampak pada Loyalitas Mahasiswa. Objek Riset dilakukan terhadap mahasiswa semester I, III dan V di  kampus Politeknik LP3I Jakarta di Wilayah Jakarta Timur. Cara pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling  dan purposived sampling, dengan analisis  model SEM (Structural Equation Model).  Hasil Riset menunjukkan bahwa model pengaruh Brand Awareness, Perceive Quality,dan dan Brand Association terhadap Brand Equity dan Dampaknya pada Loyalitas Mahasiswa dapat diterima dengan baik,  dan berhasil membuktikan bahwa Perceive Quality positif tertinggi berpengaruh terhadap Brand Equity dan berdampak pada Loyalitas mahasiswa

Kata kunci: Brand Perceived Quality, Brand Awareness, Brand Equity, Loyalitas Mahasiswa

References

Aaker, D.A. (2004). Marketing Research. John Wiley & Sons Inc, Amerika Serikat

Angeline., Patrisia, Irma., Ramadhyta, Putri., Sucento, Bun. (2008). Analisis dan Perumusan Strategi Marketing Untuk Meningkatkan Brand Awareness Produk Ice Cream New Zealand Natural. Journal of Business Strategy And Execution. Vol 1, No,1, p22-43

Azwar, Saifuddin. 2011. Metode Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia

John B. Green Jr. PhD (2013), Using Brand Asset Value to Forecast Enrollment, The Ralph W. Ketner School of Business, Catawabe College, USA

Hair, J.F., Anderson, R.E., Tatham, R.L., Black, W.C. (1998), Multivariate Data Analysis, New Jersey: Prentice-Hall.

Hair, J.F.,Black, W.C, Barry J. Babin, Rolph E. Anderson (2014), Multivariate Data Analysis, Edenburgh: Pearson Education Limited 2014

Iqbal, Muhammad Jawal, Amran Bin Md Rasli, Ibne Hassan, 2012, University Branding : A Myth or a Reality, Pak. J. Commer.Soc.Sel Vol 6 Jilid 1 hal 168-184, http://www.jespk.net/publications/ 82.pdf

Kotler, Philip. (2003). Marketing Management. International Edition. New Jersey : Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi ke-9. PT.Indeks Kelompok Jakarta : Gramedia

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesebelas. PT Indeks KelompokGramedia, Jakarta

Kotler, P. Armstrong, G. Brown, L and Adam, S. (2006). Marketing. Seventh Edition. Prentice Hall.

Kotler, P. Kevin Lane Keller (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 12. Prentice Hall. Edisi bahasa Indonesia, PT. Index.

Novia Winda, 2010, Pengaruh Citra Institusi Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Mahasiswa(Survei pada Mahasiswa Jenjang Program DIII pada Universitas Swasta di Kota Bandung), Tesis (MM), Pasca Sarjana Universitas Komputer Indonesia Bandung

Rangkuti, F. (2002). The Power of Brands. Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,

Subandi, Didi. (2010), Analisa Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap kepuasan mahasiswa serta implikasinya pada minat mereferensikan, Tesis (MM) Pasca Sarjana Universitas Komputer Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang, Bayumedia Publishing

Tjiptono, Fandy (2011), Service Quality and Satisfaction, Yogyakarta: Andi Offset

Walker, Dave (2002), Building Brand Equity through advertising, http://www.ipsos-asi.com/pdf/rc5.pdf.

Widaryono, Agus (2010) Analisis Multivariat terapan, UPP, STIM YKPN, Yogyakarta 2010.

Downloads

Published

2021-05-26

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS