PROBLEM BASED LEARNING BERPIKIR KRITIS MAHASISWA VOKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i3.465Abstract
“Problem Based Learning Berpikir Kritis Mahasiswa Vokasi Dalam Pembelajaran Daring” bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mengembangkan keterampilan mahasiswa vokasi dalam pembelajaran daring. Metode yang dilakukan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan observasi dan pengumpulan data dalam tiga tahap yang diambil dari 70 mahasiswa vokasi, dalam setiap tahapan dilakukan dalam 2 sesi pertemuan pembelajaran. Analisa data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menganalisis, menggambarkan, mendeskripsikan berbagai kondisi dan situasi dari data yang dikumpulkan sebagai hasil observasi, wawancara, dan pemetaan kelompok dalam pembelajaran daring. Hasil evaluasi dalam review pembelajaran diperoleh hasil perubahan yang sangat baik. Peningkatan nilai yang diperoleh pada setiap tahap di setiap sesi pembelajaran terlihat bahwa yang pada awalnya mahasiswa belum memahami materi sebanyak 40% berhasil menurun hingga 3%. Pada tahap akhir mahasiswa mulai memahami terhadap materi yang disampaikan oleh dosen yang terlihat peningkatan angka dari semula 60% hingga tercapai 97% Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan problem based learning sangat membantu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa vokasi selama pembelajaran daring. Kemampuan berpikir kritis sebagai bekal mahasiswa untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi di masa depan dan sebagai persiapan mahasiswa vokasi untuk terjun ke dalam dunia industri.
Kata kunci: Problem Based Learning, Pembelajaran, Berpikir Kritis
References
Abuddin. 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Ach,Syaifullah, ( 2010). Tips Bisa Percaya Diri. Jogjakarta: Garailmu
Amir, M. T. 2016. Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media.
Fachrurazi. 2011. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar”, Edisi Khusus No. 1
Fadly, A. 2012. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang,(11), 1-15.
Fakhriyah, F. 2014. Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Kilis, B. M. 2012. Model Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan Berbasis Vokasi. Prosiding APTEKINDO, 6(1).
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. 2014. Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Nugrahani, F., & Hum, M. 2014. Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.
Rijali, A. 2019. Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(1), 7-12.
Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Kartasura: FAIRUZ MEDIA.
Syaifulloh, A. 2016. Pengaruh Strategi Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA. Khozinatul ‘Ulum Blora Jawa Tengah. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(2), 121-136.
Wardina, U. V., Jalinus, N., & Asnur, L. 2019. Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82-90.
Winangun, K., & Mesin, P. T. 2017. Pendidikan vokasi sebagai pondasi bangsa menghadapi globalisasi. Jurnal Taman Vokasi, 5(1).
Zamzam, K. F. 2016. Pendekatan Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 279-286.
Zubaidah, S. 2010. Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. In Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Pascasarjana Unesa (Vol. 16, pp. 1-14).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab