ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI PESAN MAKANAN ON LINE

Authors

  • Dingot Hamonangan Sitanggang Politeknik LP3I jakarta
  • Damdam Damiyana Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.528

Abstract

Tujuan daripada penelitian ini untuk mendapatkan data empiris, fakta, dan informasi yang valid dan dapat dipercaya (reliable ) mengenai  analisis faktor kualitas pelayanan dan promosi dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi pesan makanan online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Terdapat dua variabel bebas yaitu Pelayanan (X1), Promosi (X2) dan dan satu variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah membeli menggunakan aplikasi makanan on line, dimana terdapat sebanyak 170 Rerponden yang memberikan jawaban dari kuesioner via google form yang kami sebarkan secara on line. Hasil penelitian menunjukkan, Terdapat Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dalam berbelanja via  aplikasi makanan on line sebesar 56.7%,  Terdapat Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian dalam  berbelanja via aplikasi  makanan on line sebesar 43.6% dan Terdapat Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi bersama-sama dalam memengaruhi pengambilan keputusan pembelian berbelanja via aplikasi makanan on line. Sebesar 60%.

Kata Kunci: Pelayanan, Promosi, Aplikasi Pesan, Makanan, Online 

References

Chasanah, Rina Nur & Oktafalia Marisa Muzammil, Janny Rowena. 2018. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Millenial Pada Platform E-Commerce, Proceeding: National Conference Of Creative Industry Universitas Bunda Mulia.

Faroh, Wahyu Nurul. 2017. Analisa Pengaruh Harga, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian “Studi Pemasaran Online Melalui Jejaring Sosial Facebook “Perawatan Wajah..

Fitri Pitaloka, Ardanis. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Penjualan Online Shop Busana Muslim, Vol 4 No 7 (2015): Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Hana, Kharis Fadlullah. 2019. Minat Beli Online Generasi Milenial: Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan, BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam P-ISSN: 2442-3718, E-ISSN: 2477-5533 Volume 7, Nomor 2, Desember 2019, http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/bisnis/index

Hermanto, Wawan & Indah Fatmawati. 2016. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Hidayat, Wahyu. 2016. Media Desain Majalah Guna Penunjang Promosi Dan Informasi 3$'$60.%,1$$00$¶08524, ISSN : 2356 – 5195, Vol.2 No.2 ± Agustus 2016.

Ismail, Dingot Hamonangan & Damdam. 2021. Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Motivasi Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen Generasi Milenial: Dalam Belanja On Line di Eccomerce, Kediri, Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi 6 (1), 1450-1456.

Priyatno, Duwi. 2017. Panduan Praktis Olah Data menggunakan SPSS, Penerbit ANDI (Anggota IKAPI), Jogyakarta.

Puspita, Marcella dan Adriana Aprilia. 2020. Faktor-Faktor Pendorong Konsumen Surabaya Membeli Makanan Dan Minuman Melalui Aplikasi Gofood Dan Grabfood, Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 6, No. 2, September 2020, 88– 98.

Setyarko, Yugi. 2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online, Jurnal Ekonomika dan Manajemen, Vol. 5 No. 2 Oktober 2016 ISSN: 2252-6226

Tjiptono.2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2022-05-31