ANALISIS SEKTOR UNGGULAN WILAYAH TANGERANG SEBAGAI BASIS HYPER LOCALIZATION CAMPUS

Authors

  • Agung Edi Rustanto Politeknik LP3I Jakarta
  • Jaenudin Akhmad Politeknik LP3I Jakarta
  • Andri Irawan Politeknik LP3I Bandung
  • Syamsurizal Syamsurizal Politeknik LP3I Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i3.533

Abstract

Perkembangan jumlah perguruan tinggi swasta saat ini di Indonesia sangat banyak, dimana permasalahan utamanya yaitu untuk perolehan mahasiswa yang masih sangat kurang. Konsep marketing yang selama ini dijalankan masih umum tanpa melakukan langkah yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan pasar di wilayahnya. Secara umum strategi bauran pemasaran masih menjadi andalan bagi perguruan tinggi, sedangkan terdapat konsep marketing yaitu hyper localization yang idealnya perlu dijalankan. Konsep menganalisis kebutuhan pasar dan mengakomodasinya sehingga produk yang dikembangkan serta lulusan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dunia industri / dunia kerja. Dari berbagai wilayah di Indonesia, terdapat satu wilayah yang menarik untuk diteliti yaitu Kota Tangerang karena perkembangan industrinya yang sangat pesat dan secara geografis memiliki wilayah yang potensial untuk perkembangan industri yang perlu digali secara lebih mendalam mengenao konsep hyper localization di wilayah Kota Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sektor unggulan Kota Tangerang sebagai basis hyper localization campus. Hasil dari penelitian ini yaitu industri dan subsektor industri yang dapat dipilih untuk dijadikan program studi Hyper Localization Kota Tangerang sebagai yaitu: (1) sektor industri pengolahan pada subsektor industri pengolahan karet, industri pengolahan makanan, industri alas kaki (sepatu); (2)s ektor transportasi dan pergudangan pada subsektor logistic &  warehousing; (3) sektor informasi dan komunikasi pada subsektor e-commerce & digital business. Secara umum, dari ketiga industri itu secara lebih mendalam dapat disebutkan bahwa yang paling potensial mengerucut untuk sektor industri yang dikatakan sangat berpotensi untuk menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak di wilayah Kota Tangerang. Pertama, pada subsektor logistik dan warehousing, kedua pada subsektor e-commerce dan digital bisnis. Berdasarkan potensi yang ada, pengembangan program studi manajemen logistik yang mencakup juga warehousing dan program studi digital bisnis yang mencakup e-commerce perlu untuk diwujudkan di Wilayah Tangerang.

Kata Kunci : sektor unggulan, hyper localization, kota Tangerang, logistik, bisnis digital

References

Abdullah, Anwar Fikri dkk. (2020). Hyper-Localization Within Shopee Marketplace. Proceedings of the International Conference of Innovation in Media and Visual Design (IMDES 2020). Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 502.

Alma, Buchari. (2010). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Aruan, Carlina dkk. (2019). Analyzing The Use Of Hyperlocal Marketing Of Street Food Startup Business In Manado. Jurnal Emba 7(4): 4552-4560.

Assauri, S., (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Creswell, Jhon W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan. Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismanto, Juli. (2020). Manajemen Pemasaran. Pamulang: Unpam Press.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. New Jersey: Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Alih. Bahasa: Benyamin Molan. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Laudon, Kenneth C.dan Laudon, Jane P. (2012). Management Information Systems - Managing The Digital Firm.12th Edition. Pearson Prentice Hall.

Laura. (2020). What Is Hyper-Localization? Your Brand's Best Competitive Advantage. Smartling.

Lexy J. Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mashuri. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2): 215-224.

N. Singh and B. M. Keating,. (2018). "Hyper-localizing eCommerce Strategy: An Emerging Market Perspective", in Emerging Markets From A Multidisciplinary Perspective, Springer International.

Priyadi, Bagus Devy. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Dealer Mpm Motor Desa Sambi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Simki-Economic 2(2): 1-20.

Romli, H.M. Edward. (2020). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 16(4): 296-302.

Rustanto, A.E. Et. al. 2021. The Influence of Leadership and Work Environment on Employee Performance Through work motivation at the Regional Disaster Management Agency of West Sulawesi Province. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, Sao Paulo, Brazil, hlm. 3207-3213

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet

Tarigan, Robinson. (2012). Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi Edisi Revisi. Jakarta : PT Bumi Aksara

Tjiptono, Fandy dan Anastasia, Diana. (2016). Pemasaran, Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2021-09-26

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS