PENGARUH HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE SHOPEE DENGAN RATING PENJUALAN TOKO SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i1.690Abstract
This research was conducted with the aim of knowing the effect of price and brand image on purchasing decisions at Shopee with store sales ratings as a moderating variable. This study uses purposive sampling with the criteria of using a shopee which has made a purchase with at least 2 transactions with 102 respondents. This type of research is quantitative research by collecting data by distributing questionnaires through Google Form. Data were analyzed using a simple regression analysis test and moderating regression analysis using the SPSS 16 program. The results indicate that purchase decision at Shopee is influenced by the price and brand image. Store sales ratings weaken the relationship between price, brand image, Shopee purchase decisions.
Key words: Price, Brand Image, Store Sales Rating, Buying Decision
References
Algharabat, R., Rana, N. P., Alalwan, A. A., Baabdullah, A., & Gupta, A. (2020). Investigating the antecedents of customer brand engagement and consumer-based brand equity in social media. Journal of Retailing and Consumer Services, 53, 101767.
Ananda, F., & Zulvia, D. (2018). Indikasi machiavellianism dalam pembuatan keputusan etis auditor pemula. Jurnal Benefita, 3(3), 357–369.
Ardianti, A. N., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee.(Studi pada mahasiswa aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55–66.
Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 216–221.
Batubara, M., Silalahi, P. R., Sani, S. A., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342.
Bilson, S. (2003). Memenangkan pasar dengan pemasaran efektif & profitabel. Jakarta PT Gramedia Pustaka Utama.
Fahrezzy, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen laptop Asus. Jurnal Indonesia Membangun, 17(2), 10.
Fan, Z.-P., Xi, Y., & Li, Y. (2017). Supporting the purchase decisions of consumers: a comprehensive method for selecting desirable online products. Kybernetes.
Fauzi, F., & Asri, R. (2020). Pengaruh Etnosentrisme, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik (Studi Pada Konsumen Di Wilayah Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 86–95.
Gain, R., Herdinata, C., & Sienatra, K. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian konsumen Vodkasoda shirt. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(2), 143–150.
Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh viral marketing, online consumer riviews dan harga terhadap keputusan pembelian shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(2).
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42.
Kartajaya, H. (2007). Hermawan Kartajaya on Brand. Mizan Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=U2BlGpSu2coC
Kata data. (2022). Pendapatan Shopee Meningkat 64% (yoy) pada Kuartal I 2022 diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/18/pendapatan-shopee-meningkat-64-yoy-pada-kuartal-i-2022
Kata data. (2022) Ini Situs E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak per Agustus 2022 diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/ini-situs-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, edisis kedua belas, Erlangga, Jakarta (Kedua bela). Erlangga.
Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1).
Mukhopadhyay, S., & Chung, T. S. (2016). Preference instability, consumption and online rating behavior. International Journal of Research in Marketing, 33(3), 624–638.
Noviani, S. R., & Siswanto, T. (2022). Pengaruh Online Consumer Review, Rating, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Milenial Marketplace Shopee Di Jakarta Selatan. Jurnal Inovasi Manejemen Dan Bisnis (JIMB), 1(1), 17–28.
Octhaviani, S., & Sibarani, H. J. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek Produk, Kualitas Produk, dan Harga Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi Pada Pengguna Aplikasi Grab Food di Kota Medan. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), 521–528.
Pratama, D. W., & Santoso, S. B. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 139–149.
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap perilaku impulse buying pengguna e-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57.
Simamora, B. (2001). Memenangkan pasar dengan pemasaran efektif dan profitabel. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Siregar, R. G. (2020). Studi Pustaka Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Harga, Promosi, Kepercayaan, Citra Merek Dan Kualitas Produk Pada Toko Online Gudanggrosiran. Com. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 560–572.
Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran teori dan implementasi. Yogyakarta: Andi.
Sun, L., Zhao, Y., & Ling, B. (2020). The joint influence of online rating and product price on purchase decision: An EEG study. Psychology Research and Behavior Management, 13, 291.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik, Edisi 2, Yogyakarta, CV. Andi Offset.
Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212–223.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Lentera Bisnis disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab