STUDI KELAYAKAN PROYEK REVITALISASI PASAR TRADISIONAL KRANJI BARU KOTA BEKASI PROVINSI JAWA BARAT

Authors

  • Lalu Solihin POLITEKNIK LP3I JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v4i2.98

Abstract

The growth of modern markets in Bekasi municipality was growing rapidly, but the existence of traditional markets is maintained. It is seen from the government policies that will revitalize the entire traditional market in this area. The purpose of this study is to analyse the feasibility of the economic aspects of the revitalization project of Kranji Baru market in Bekasi Municipality of West Java. The data show the total cost of investment for the project is 94.02 billion rupiah , while operating costs per year is 4.2 billion rupiah. Sources of income derived from the rental location and some regular retributions from each merchant. Total revenues from rental locations is 124.2 billion rupiah per 20 years, and the income of retributions collected from traders is 4.4 billion dollars per year. The results of the feasibility of using the NPV calculation is Rp.41.711.420.487 , IRR koefisien is 0.08 , and BC ratio koefisien is 1.07. From the results of these calculations can be concluded that the revitalization project Kranji Baru market of Bekasi municipality is feasible

Keywords: Feasibility Study , Traditional Market , Bekasi Mucipality

References

Campbell, R. McConnell and Stanley L. Brue. 1990. Economics: Principles, Problems and Policies. McGraw-Hill Publishing Company.

Damsar. 1997. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Ginanjar, Nugraha Jiwapraja. 1980. Masalah Ekonomi Mikro. Jakarta: Acro.

Husnan, S., dan Muhammad, S., Studi Kelayakan Proyek, Edisi Keempat, UPP AMP YKPN, Yogyakarta, 2000.

[Kemendagri] Kementrian Dalam Negeri. 2012. Peraturan Menteri Dalam Negeri No.20 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Dan Pemberdayaan Pasar Tradisional. Jakarta (ID): Sekretariat Negara

Kementererian Perdagangan RI. Pasar Tradisional Yang Modern (Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Pasar Tradisional)

Kottler, Philip and Gary Amstrong. 2002. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT Erlangga.

Kurniawan, 2012. Analisis Kelayakan Usaha Pengolahan Sampah Kota Menjadi Produk yang Berguna di TPA Bantargebang. Universitas Guna Darma Jakarta.

Kurniawan E, 2012. https://koeeko.wordpress.com/2012/03/27/pendapatan/

Mursid, M. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 08 Tahun 2005 Tentang Retribusi Pasar Di Kota Bekasi

Peraturan Daerah Kota Bekasi Nomor 09 Tahun 2012 Tentang Retribusi Daerah

Peraturan Daerah No. 06, Paragraf 14, Pasal 43 - 45 Tahun 2008 tentang Dinas Daerah Kota Bekasi

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Dan Pemberdayaan Pasar Tradisional.

Peraturan Menteri (Permen) Dalam Negeri RI No. 20 Tahun 2012

Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota

Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah

Peraturan Walikota Bekasi Nomor 58Tahun 2009 Tentang perubahan atas Peraturan Walikota Bekasi Nomor 74 Tahun 2008 tentang tugas, Fungsi dan Tata Kerja Serta Rincian Tugas Jabatan Pada Dinas Perekonomian Rakyat Kota Bekasi

Peraturan Walikota Bekasi Nomor 41 Tahun 2010 Tentang perubahan atas Peraturan Walikota No.53 tahun 2009 tentang Tugas pokok dan fungsi dari masing – masing unit kerja

Rencana Strategis (Renstra) Dinas Perekonomian Kota Bekasi 2013-201

Rencana Kerja (Renja) Dinas Perekonomian Kota Bekasi 2013-2018

William J, 2006, Prinsip Pemasaran, Jilid I (Edisi Ketujuh), Erlangga, Jakarta.

Sudrajat, H. R., Mengelola Sampah Kota, Jakarta, 2006

Suratman, Studi Kelayakan Proyek, Teknik dan Prosedur Penyusunan Laporan, J&J Learning, Yogyakarta, 2001.

Wiryomartono.A.Bagoes,1995, Seni Bangunan dan Seni Binakota di Indonesia, Jakarta,PT Gramedia Pustaka Utama

http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-pasar-dan-jenis-jenis-pasar.html)

Downloads

Published

2017-08-11

Issue

Section

JURNAL LENTERA BISNIS