ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI PEMBELIAN PRODUK MAKANAN PADA TOKO INDOMARET BANGKINANG

Authors

  • Samsurijal Hasan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nikous Soter Sihombing Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis
  • Muh. Rezky Naim Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Agam Sinaga Universitas Darma Agung

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i1.992

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Pembelian Produk Makanan pada Toko Indomaret Bangkinang, Bagaimana Pengaruh Harga terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Pembelian Produk Makanan pada Toko Indomaret Bankinang dan Variabel manakah yang lebih dominan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Pembelian Produk Makanan pada Toko Indomaret Bankinang. Sedangkan jumlah populasi dalam penelitian ini yang ditentukan 50 responden dan sekaligus sebagai sampel penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian yang telah dilaksanakan. Selanjutnya teknik Analisa data yang digunakan penulisa dalam penelitian ini menggunakan Analisa data kualitatif, konsep Analisa data kualitatif yaitu suatu aktifitas yang meliputi data uji validitasi, uji realibilitas, Uji Parsial (Uji t). Dan Analisa Regresi Linier Berganda. Serta adapun Hasil dari penelitian ini adalah Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Pembelian Produk Makanan pada Toko Indomaret Bankinang. Dan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggapada Toko Indomaret Bangkinang. Serta Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Pembelian Produk Makanan berpengaruh secara bersama-sama atau secara serempak pada Toko Indomaret Bangkinang . Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan melalui Pembelian Produk Makanan

References

Alma Buchari. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma Buchari. 2011. Manajemen Pema saran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Hamidah, Siti. 2013. "Analisa Persepsi Citra Merek, Desain, Fitur Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Pembelian Produk Makanan Produk Handphone Samsung Berbasis Android (Studi Kasus Stie Pelita Indonesia)", Jurnal Ekonomi, Volume 21 Nomor 4, Desember 2013

Habibah dan Sumiati. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Pembelian Produk Makanan Produk Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31-48. Volume 1 Nomor 1 Maret 2016.

Joshua dan Padmila. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Pembelian Produk Makanan Pelanggan. nternational Business Management, Fakultas Manajemen dan BisnisUniversitas Ciputra Surabaya.

Ismail, Ahmed Rageh & Spinelli, G. 2012. Effects of brand love, personality and image on word of mouth. Journal of Fashion Marketing and Management. Vol. 16 No. 4, 2012

Mulyadi Nitisusastro. 2012. Perilaku Pelanggan: dalam Persfektif kewirausahaan. Alfabeta.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta.

Kotler, P and G, Amstrong. 2012. Marketing : An Introduction. (2012, Paperback, Revised). Erlangga, Jakarta

Kotler, P and Kevin L Keller. 2012. Marketing Management. 14th Edition. Pearson, United States of America.

Laheba Yitzhak Armando, dkk. Pengaruh Citra Merek, Fitur Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Pembelian Produk Makanan Handphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Jurnal EMBA. Vol.3 No.3 Sept. 2015, Hal. 99-108.

Noorhayati. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Produk, Dan Keputusan Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel(Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Muara Teweh). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Vol.12 No.1 Januari 2018. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Ricky W Giffin. 2012. Management Cengage Learning.

Sinamora Henry. 2012. Akuntansi Manajemen. Edisi 2, Jakarta : UPP AMP YKPN.

Sumarni Murni dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta: Liberty

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management. Penerbit Andi, Yogyakarta

Downloads

Published

2024-01-22