PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MIE GACOAN KARAWANG

Authors

  • Rizky Maulana Universitas Telkom
  • Marheni Eka Saputri Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i1.997

Keywords:

Service Quality, Price Perception, Marketing Strategy, Customer Satisfaction

Abstract

Mie Gacoan is one of the trademarks of spicy noodles in Indonesia. Mie Gacoan itself is a subsidiary of PT Pesta Pora Abadi which is engaged in food and beverage. Its rapid development has made Gacoan Noodles now have branches almost throughout Indonesia, even now Gacoan Noodles is able to claim itself as the market leader in the ranks of spicy noodles in Indonesia. This study used quantitative methods with descriptive and causal research types. Respondents used consisted of customers who consumed Gacoan Noodles, with a total of 385 respondents using the sampling method. Data analysis was carried out by multiple linear regression analysis. The results of this study are marketing strategy variables, service quality and price perceptions have an effect on customer satisfaction of Mie Gacoan Karawang. The variables of service quality, price perception and marketing strategy partially and significantly affect the satisfaction of Gacoan Noodle Karawang customers with a coefficient of determination of 73.3%.

References

Adi, Juniantara dan Tjokorda, Sukawati. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Unud. Vol. 7, No. 1:5955-5982.

Aprilia, Yohanita U., Oky Ardiansyah. (2023). Pengaruh Faktor Demografi dan Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, 587-598. E-ISSN: 2776-5105

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856

Assauri, Sofjan (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Anggyta, Y., 2019. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Mie Gacoan Sidoarjo. Program Studi Manajemen, 1-13.

Asyraf Afthanorhan, Z. A. N. R., 2019. Assessing the Effects of Service Quality on Customer Satisfaction. Management Science Letters, Vol 9 : 13 - 24.

Augusty Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi. Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Dharmesta, B. S., dan Handoko, H. T. (2010). Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Pelanggan). Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Baron Himawan, dkk. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Warung Mie Ayam Bakso Ajeng Karanganyar. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 16 No.3, Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Bilson, Simamora. (2011). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Bandung: Alfabeth.

Christoper Lovelock & Lauren K Wright.(2007). Manajemen Pemasaran Jasa, Indonesia: PT. Indeks.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. (2016). Service, Quality & Satisfaction, Edisi 4, Yogyakarta: ANDI.

Hamdani dan Rambat Lupiyoadi. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Istiyono, W., Alimuddin R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Restoran Mie Gacoan Cabang Semarang). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2): 395-404. DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2174

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lesnussa, J. U. (2023). Pengaruh Sikap dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik, Vol 4(1): 32-48.

Marius, P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Metarini, R. R. A. (2020). Effect of Service Quality and Price on Customer Satisfaction at Kartika Candra in Jakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik Vol 10 (1): 113-122.

Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 411-427.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2008). Consumer behavior and marketing strategy (8th ed.). Singapore: McGraw-Hill

Rifqi Suprapto dan M. Zaky Wahyuddin Azizi. (2020). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Ponorogo: Myria Publisher.

Yiyadh, H. A., Prayoga H. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Melalui Pembuatan Website dan EMarketing. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. DOI: https://doi.org/10.18196/ppm.44.768

Sellang, Kamaruddin, dkk. (2019). Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dimensi, Konsep, Indikator Dan Implementasinya. Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media.

Setiawan, Deni., Zulfa Irawan. (2023). Pengaruh Strateggi Pemasaran Digital, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(3): 657-663.

Sihombing, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Balai Pustaka

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung

Sunardi, and Sri Handayani. (2012). Kualitas Pelayanan Dalam Islam Dan Kepercayaan Terhadap Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Rumah Yatim Arrohman Indonesia, Jurnal Ilmu Islam no. c: 1–43

Tombeng, R. B., Polii, B., & Sinolungan, S. (2019). Analisis Kualitatif Kandungan Escherichia coli dan Coliform Pada 3 Depot Air Minum Isi Ulang di Kota Manado. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi., 492, 5–9.

Wahidah, N. (2014). Komponen - Komponen yang Memengaruhi Cita Rasa Bahan Pangan. Bandung: Alfabeta.

Wibowo dan Priansa. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Cetakan ke- 1. Bandung: Alfabeta, cv

Zulfa Irawati, D. S. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis Vol 5 (3): 657 - 663.

Downloads

Published

2024-01-22